Menu

Kerajinan Tangan Jawa Timur

Indonesia memiliki keanekaragaman yang unik, terutama soal kerajian tangan yang dimiliki oleh masing masing wilayah, tidak terkecuali di jawa timur berbagai kerajinan tangan khas seperti batik, tas buatan tangan,fiberglass dan lain lain .

Berikut Kami sajian kerajinan tangan jawa timur yang menjadi unggulan khas jawa timur.

Batik Madura merupakan peninggalan dari Nenek moyang megara Indonesia sejak dahulu kala.Budaya dan warisan ini tersebar di beberapa wilayah dan membuat tiap wilayah mempunyai ciri khas tersendiri untuk karya batik masing masing wilayah.Pada kesempatan berikut ini,kita akan mengenal kerajinan khas jawa timur yang menjadikannya kerajinan khas indonesia

sama halnya dengan batik pesisir,batik Madura  mempunyai warna khas biru,dan warna-warna mencolok meliputi,hijau,merah dan ungu.Motif batiknya tergambar dari laut,seperti biru laut.

kerajinan khas jawa timur 3

batik kerajinan khas jawa timur

kerajinan khas jawa timur

kerajinan khas jawa timur

Kerjinan tangan Tas kulit produk  Tanggulangin Sidoarjo, jawa timur sudah terkenal luas di seluruh wisatawan pecinta produk yang terbuat dari bahan kulit, bahkan sampai  terkenal ke mancanegara.

Produknya meliputi tas kulit,sepatu kulit dompet kulit, sandal kulit dan lain lain yang merupakan ciri khas tanggulangin ini bisa bersaing dengan produk kelas mancanegara dikarenakan kualitas bahan dan rapinya pengerjaan.

Kerajinan Tangan khas jawa timur Dari Limbah Kayu Jati Kota Bojonegoro. kota Bojonegoro sangat dikenal tentang kwalitas kayu jati yang sangat kuat, dan ini sangat digunakan bagi masyarakat untuk beragam jenis kerjainan tangan misalnya untuk membuat , meja,mebel dan lemari tidak hanya sampai disitu saja limbah dari pembuatan meja, lemari tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan lainya yaitu berupa cindera mata atau souvenir yang bisa menjadi oleh oleh ketika berkunjung ke kota Ledre atu kota minyak tersebut contohnya bisa berupa tempat tisu, tempat air minum berupa gelas, cangikir, guci,relief hewan

Kota atau kabupaten mojokerto, yang sangat terkenal dengan Kerajaan Majapahit. Di kecamatan ini banyak terserak benda-benda arkeologi peninggalan Kerajaan Majapahit. Museum Trowolan, Pendopo Agung, Candi Tikus, kolam Segaran, dan masih banyak lagi peninggalan Majapahit berada di kecamatan ini.

Di luar kekayaan situs Majapahit, Kecamatan Trowulan juga banyak menyimpan potensi industri kerajian tangan. misalnya cor kuningan fiberglass, ukiran batu . Dari ketiga jenis industri kecil tersebut, mungkin kerajinan  fiberglass kurang kondang di masyarakat. Padahal kerajinan  fiberglass yang diproduksi perajin Trowulan dari hari ke hari pasarnya semakin luas dan hasilnya tak kalah bagusnya dengan buatan pabrikan.

Sentra kerajinan tangan  fiberglass di Kecamatan Trowulan berada di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan. Untuk memasuki desa ini orang terlebih dahulu harus lewat jalan depan Museum Trowulan atau kolam segaran, ke arah selatan. Di desa yang subur dengan pertanian padinya ini kerajinan fiberglass sudah lama tumbuh dan menjadi mata pencaharian bagi sebagian besar ibu-ibu rumah tangga.

kerajinan khas jawa timur 7

kerajinan khas jawa timur sumber : kompas.com

Berbagai jenis kerajinan tangan jawa timur dari fiberglass yang diproduksi perajin Desa Pakis, di antaranya  gift kaligrafi, pialasouvenir, food model dan mainan anak-anak. Dulu perajin di Desa Pakis juga membuat perlengkapan sepeda motor seperti slebor, tetapi kemudian lebih fokus ke souvenir dan food model.jadi kerajinan jawa timur patut untuk dikoleksi sebagai salah satu wisata indonesia dalam bentuk seni.


Pencarian terkait:

kerajinan dari jawa timur,kerajinan tangan khas surabaya,kerajinan tangan jawa timur,kerajinan khas surabaya,Kerajinan tangan dari jawa timur,souvenir khas jawa timur,kerajinan dari daerah jawa timur,kerajinan tangan daerah jawa timur,produk khas daerah jawa timur,barang khas jawa timur,kerajinan tangan tradisional jawa timur,kerajinan daerah surabaya,kerajinan di Jawa Timur,kerajinan khas jawa timur dan cara membuatnya,kerajinan daerah jawa timur dan cara membuatnyaPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *