10 tempat wisata terbaik Semarang

Tempat Wisata Terbaik Semarang – Semarang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah dan menjadi kota terbesar yang ke 5 di Indonesia. Meskipun Semarang tidak seterkenal kota wisata yang lainnya, akan tetapi Semarang juga mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Nah, kira-kira apa saja sih tempat liburan di Semarang tersebut? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Tempat liburan di Semarang

1. Lawang Sewu Semarang

tempat wisata terbaik semarang
tempat wisata terbaik semarang

Lawang Sewu merupakan nama dari sebuah gedung kuno yang ada di Semarang, di bangun sejak tahun 1904 lalu oleh Belanda, lawang sewu ini dahulunya difungsikan sebagai kantor sebuah perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu ini sendiri artinya seribu pintu yang berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak jendela dan pintu. Dan hal yang paling menarik dari Lawang Sewu ini adalah suasana mistisnya yang juga dilengkapi dengan adanya arsitektur megah khas jaman Belanda dulu.

2. Kampoeng Wisata Taman Lele

Kampoeng Wsata Taman Lele
Kampoeng Wsata Taman Lele

Ini adalah salah satu objek wisata menarik di Semarang yang cocok untuk mengisi waktu liburan keluarga. Memiliki luasan lebih dari 2 hektar, Kampoeng Wisata Taman Lele ini memiliki berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kolam renang, kebung binatang yang kecil, danau buatan, gazebo, taman bermain untuk anak, penginapan, dan juga tempat pertunjukan.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Solo Yang Enak Bisa Untuk Oleh Oleh : Timlo, Cabuk Rambak DLL

Pantai di Semarang

3. Pantai Maron

hutan mangrove di pantai Maron Semarang
hutan mangrove di pantai Maron Semarang

Lokasi pantai Maron sangat dekat dari bandara Ahmad Yani Semarang, hanya 3 kilometer dengan waktu tempuh 10 menit. Selain itu Anda bisa mengakses pantai Maron melalui perumahan Graha Krapyak. Jarak tempuh dari kedua lokasi tersebut hanya sejauh 3 km saja.

Objek wisata pantai Maron yang satu ini merupakan tempat liburan di Semarang yang ada di sebelah barat kota Semarang. Pantai tersebut mampu menyuguhkan sebuah pemandangan pantai yang sangat indah dan eksotis, sehingga ramai mendapat kunjungan dari para wisatawan, khususnya pada saat akhir pekan atau pun hari libur nasional.

Jika Anda memang ingin berkunjung ke objek wisata pantai Maron ini, harus diingat bahwasannya jalan untuk menuju ketempat tersebut masih terbuat dari tanah yang telah dipadatkan, sehingga jika hujan turun, maka jalanannya akan jadi sangat licin.

Hutan Mangrove

Di pantai Maron terdapat sebuah hutan mangrove yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sejarahnya dulu, hutan mangrove ini adalah yang akan melindungi pantai dari kerusakan dan abrasi. Lalu lama kelamaan, hutan mangrove tersebut juga menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat bagus. Wisata hutan mangrove dan pantai Maron sendiri terbilang masih baru, namun sudah sangat ramai dikunjungi oleh warga Semarang dan sekitarnya.

Hutan mangrove juga diupayakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak, tentang pentingnya menjaga pantai dari abrasi. Udara yang sangat sejuk akan membuat pengunjung Pantai Maron menjadi betah berlama lama di kawasan tersebut. Panasnya kota Semarang tidak akan terasa lagi bila berada di tempat yang sejuk seperti Pantai Maron.

4. Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Semarang
Pantai Marina Semarang

Pantai marina ini adalah sebuah tempat liburan di Semarang yang paling unik. Dikatakan unik sebab pantai tersebut sangat kecil sekali. Pantai Marina merupakan tempat wisata di Semarang yang paling difavoritkan untuk kegiatan lari atau pun jogging. Pantai yang berada di sebuah perumahan tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan menarik, seperti kolam renang, ski air, speed boat, dan juga taman bermain anak-anak.

Map : pantai marina semarang

5. Pantai Tirang

pantai Tirang Semarang
pantai Tirang Semarang

Pantai Tirang merupakan sebuah pantai biru dan sangat bersih yang bertempat di dekat bandara Ahmad Yani Semarang. Hanya berjarak sekitar 5 km dari objek wisata pantai Marina, pantai Tirang tersebut merupakan pantai favorit bagi para pemancing ikan kakap putih dan juga ikan kerapu. Selain hal itu, di pantai Tirang ini juga memiliki sebuah hutan bakau yang sangat menarik untuk dilihat.

Sejarah Pantai Tirang memiliki cerita yang unik, dahulunya terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Tirang. Pulau tersebut menjadi ikon Kota Semarang karena keindahan alamnya serta flora dan fauna yang ada didalamnya. Kemudian disebabkan oleh abrasi air laut yang sangat hebat, pulau tersebut menghilang/tenggelam dan kini hanya menyisakan garis pantai, yang sekarang disebut dengan Pantai Tirang.

6. Air Terjun Kali Pancur

Trekking Menuju Air Terjun Kali Pancur
Trekking Menuju Air Terjun Kali Pancur, Sumber: sengpaku.blogspot.com

Destinasi wisata air terjun satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang populer, khususnya untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur ini berlokasi dekat desa Nogosaren Semarang, dengan ketinggian sekitar 150 meter dan berhiaskan bebatuan alam yang juga ditumbuhi oleh pepohonan hijau, serta mempunyai beberapa goa wallet.

Wisata Air Terjun Kali Pancur ini belum cocok sebagai wisata bagi bagi anak-anak. Karena jalan kaki/trekking menuju lokasi utama lumayan jauh, dan di beberapa titik yang rawan belum terdapat pagar pembatas.

Mungkin saja anak-anak akan merasa senang saat menuju ke lokasi utama Air Terjun Kali Pancur. Namun yang akan menjadi kesulitan adalah saat mereka pulang.

 

Tempat Wisata Religi di Semarang

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di kota Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menambah lagi khasanah arsitektural masjid masjid di Indonesia dengan arsitekturalnya yang unik dengan memadukan arsitektural Jawa dengan arsitektural Eropa serta arsitektural masjid secara universal ke dalam satu bangunan masjid dan dilengkapi fitur masjid modern abad ke 21.

Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare.

8. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong
Pagoda Buddhagaya Watugong

Tempat liburan di Semarang yang selanjutnya adalah Pagoda Buddhagaya Watugong yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter lebih dan menjadi pagoda yang paling tinggi di Indonesia. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya ini dibangun tujuh tingkat dengan hampir semua konstruksi bangunannya terbuat dari beton, serta banyak menggunakan latar warna merah dan beberapa arca ada di tiap tingkat pagodanya.

Lokasi : Pagoda Buddhagaya Watugong

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di jalan Perintis Kemerdekaan, yang merupakan tempat ibadah pemeluk agama Budha juga sekaligus jadi tempat wisata menarik dan paling populer di kota Semarang untuk dikunjungi, karena keunikan dan juga keindahan bentuk dari bangunannya tersebut.

 

9. Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia
Taman Rekreasi Wonderia

Taman rekreasi Wonderia merupakan tempat wisata yang berada di jalan Sriwijaya, yang merupakan lokasi tujuan wisata di Semarang yang telah dibuka untuk umum semenjak tahun 2007 lalu. Taman rekreasi Wonderia tersebut mempunyai banyak sekali permainan menarik dan juga menyenangkan seperti halnya dengan boom boom car, super rally, kiddy boat, ghost house, merry go round, space gyro, dan juga typhoon coaster sehingga cocok banget buat Anda yang memiliki anak kecil.

Baca Juga : 6 Makanan Khas Purwokerto : Mendoan Tempe, Lumpia Bom, Soto Sokaraja, Bakmi Nyemek DLL

10. Air Terjun Curug Benowo

Air Terjun Curug Benowo
Air Terjun Curug Benowo, Foto : Google Maps/Atha Indra Rifansha

Air terjun Curug Benowo berlokasi di gunung Ungaran, di jalur Salatiga-Semarang, serta merupakan salah satu objek wisata air terjun paling diminati dan favorit para pecinta alam. Tapi, tempat liburan satu ini kurang cocok untuk wisata keluarga, sebab perjalanan menuju ke lokasi wisata cukup sulit dan sangat melelahkan. Letaknya yang berada di dalam hutan dan dikelilingi tebing memang membutuhkan usaha lebih untuk dapat dicapai. Namun, pengalaman dan pemandangan yang ditawarkan wisata alam Air terjun Curug Benowo ini adalah salah satu yang sayang untuk dilewatkan.

Begitulah lokasi tempat wisata di semarang yang dapat kami infokan kepada Anda para traveler tentang Objek Wisata Semarang Jawa Tengah. Selamat berlibur ya.