Menu

Menikmati Pesona Wisata Wonogori

Jalan-Jalan di Jawa Tengah: Pesona Wisata Wonogiri

Kota Gaplek ini memiliki luas wilayah yang paling besar di antaranya kabupaten lainnya yang berada di Solo Raya. Hal ini memungkinkan Wonogiri sebagai kota dengan beragam pilihan obyek wisata. Apa saja wisata Wonogiri yang dapat dinikmati? Ini dia daftarnya.

5 Tempat Wisata Wonogiri yang Patut Anda Kunjungi

  1. Kahyangan
kahyangan - wisata wonogiri

kahyangan – wisata wonogiri

Terdengar seperti tempat para dewa dan dewi, ya? Kahyangan memang sebuah obyek wisata spiritual yang berada di Wonogiri. Konon katanya, Kahyangan ini adalah tempat semedi dari Danang Suto Wijoyo atau yang juga dikenal dengan Panembahan Senopati, seorang raja pertama dari Kerajaan Mataram Islam. Selain mitos tempat bersemedi, Kahyangan juga memiliki obyek wisata air terjun serta puncak Kahyangan yang juga diselimuti mitos. Konon di puncak Kahyangan inilah Sutowijoyo bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul, sehingga diberlakukan peraturan tentang dilarang menggunakan pakaian bewarna hijau. Untuk mencapai Kahyangan, Anda dapat menaiki bus dari Terminal Bus Giriwono dengan jurusan Tirtomoyo. Dari sana, Anda harus menyambung dengan berjalan kaki karena belum ada angkutan umum menuju ke sana hingga kini.

  1. Pantai Sembukan
Pantai Sembukan - wisata wonogiri

Pantai Sembukan – wisata wonogiri

Di wilayah Surakarta, kabupaten Wonogiri inilah yang memiliki satu-satunya obyek wisata pantai, sehingga tak heran jika pantai ini biasanya dipadati oleh pengunjung. Pantai Sembukan yang menjadi salah satu pilihan wisata Wonogiri ini berada di kecamatan Paranggupito yang terletak sekitar 40 kilometer sebelah selatan dari pusat kota Wonogiri atau menempuh perjalanan sekitar 2 jam berkendara. Selain keindahan alamnya, Pantai Sembukan juga terkenal sebagai obyek wisata spiritual karena pantai ini merupakan pantai ritual di mana banyak pengunjung yang bermeditas atau ngalab berkah di Pantai Sembukan. Selain itu, Anda dapat menyaksikan acara larung yang dilanjutkan dengan acara wayang.

 

  1. Pantai Nampu
Pantai Nampu - Wisata Wonogiri

Pantai Nampu – Wisata Wonogiri

Kabupaten Wonogiri juga memiliki obyek wisata pantai lainnya selain Pantai Sembukan, yaitu Pantai Nampu. Pantai ini terkenal dengan keindahannya yang memiliki hamparan pasir putih luas serta hiasan batu karang yang indah. Selain itu, deburan ombak yang menerjang batu karang alami ini juga menjadi daya tarik utama dari Pantai Nampu. Pantai ini memiliki tiga titik pantai yang terpisah oleh gundukan dataran hijau. Selain Pantai Nampunya sendiri, Anda akan disuguhkan terlebih dulu pemandangan panorama bukit batu karst serta perbukitan yang hijau oleh pepohonan rindang. Anda juga akan disuguhi udara segar dan bersih sehingga dapat menjadi pilihan untuk refreshing di Wonogiri.

  1. Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur - wisata wonogiri

Waduk Gajah Mungkur – wisata wonogiri

Selain pantai, Wonogiri juga memiliki obyek wisata perairan lain berbentuk waduk. Waduh Gajah Mungkur berada di jarak 3 km saja dari sebelah selatan pusat kota Wonogiri. Obyek wisata ini adalah danau buatan dan dirancang untuk membendung sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang yang ada di tanah Jawa. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1970-an dan baru beroperasi pada tahun 1978. Waduk ini memiliki luas wilayah mencapai 8,800 hektar dan mencakup tujuh kecamatan serta mengairi persawahan di daerah Klaten, Sukoharjo, Karanganyar dan Sragen yang mencapai luas 23,600 hektar.

  1. Alas Kethu
Alas Kethu - wisata wonogiri

Alas Kethu – wisata wonogiri

Berada di tengah-tengah kota Wonogiri, Alas Kethu merupakan sebuah wilayah hutan jati yang menyegarkan di tengah kegiatan kota yang sibuk. Alas Kethu memiliki pemandangan panorama hamparan hutan jati, kayu putih dan mahoni yang memiliki luas lahan mencapai 40 hektar. Selain sebagai obyek wisata di Wonogiri, Alas Kethu juga berfungsi sebagai paru-paru kota Wonogiri dengan berbagai pepohonannya yang besar dan rindang. Selain sebagai obyek wisata alam, Alas Kethu juga kerap dijadikan latar pengambilan gambar khususnya film dan sinetron laga. Salah satunya dikarenakan dekat dengan keraton Surakarta serta Mangkunegaran, dan akses yang mudah menuju lokasi Alas Kethu.

Bagaimana? Seru kan berwisata Wonogiri tadi? Nah, selain wisata tadi, Anda juga harus mencicipi Gaplek sebagai pilihan wisata kuliner di Wonogiri, ya! Baca juga info menarik seputar tempat wisata di solo.


Pencarian terkait:

waduk gajah mungkur,wisata waduk gajah mungkurPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *