Menu

Menikmati Alam Indonesia di 4 Tempat Wisata Temanggung

Menikmati Alam Indonesia di Wisata Temanggung

Kabupaten Temanggung adalah sebuah kawasan yang didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, sehingga tak heran jika Anda akan disergap oleh udara sejuk selama berada di Temanggung. Kontur alamnya yang berada di dataran tinggi menjadikan kabupaten ini memiliki banyak obyek wisata Temanggung berbentuk alam.

4 Objek Wisata Temanggung Terfavorit

  1. Posong
Wisata Temanggung - Posong

Wisata Temanggung – Posong

Bagi Anda yang menginginkan liburan tenang dan nyaman, sekaligus dapat merelaksasi diri, sebaiknya Anda pergi ke Posong yang berada di lereng Gunung Sindoro, Temanggung. Posong dapat Anda capai dengan perjalanan sejauh 3,5 km saja dari jalan raya Temanggung-Wonosobo. Hal-hal menyenangkan dapat Anda peroleh di Posong, seperti udara segar yang dijamin tanpa polusi udara, ketenangan tanpa kebisingan khas perkotaan, pemandangan matahari terbit atau sunrise yang spektakuler, mengunjungi salah satu sungai purba yang berada di Temanggung yaitu Watu Mlongso, serta ajaibnya, melihat langsung panorama Milky Way atau gugusan Bima Sakti dengan mata telanjang! Posong juga menjadi salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Sindoro yang dapat ditempuh dengan 5 jam perjalanan dari sana. Posong berada di kecamatan Kledung, tepatnya di desa Tlahab.

Gallery Bukit Posong ,Wisata Temanggung

Bukit Posong

Bukit Posong

Bukit Posong,Wisata Temanggung

Bukit Posong,Wisata Temanggung

Bukit Posong Temanggung

Bukit Posong Temanggung

Posong

Posong

  1. Andromeda Cinema
Andromeda Cinema ,Wisata Temanggung

Andromeda Cinema ,Wisata Temanggung

Nah, jika Anda terbiasa menyaksikan berbagai film di bioskop berangka 21, Temanggung menawarkan Anda bioskop berbeda di mana Anda dapat menyaksikan film 4D alias 4 dimensi! Seru, kan? Nah, Andromeda Cinema ini adalah satu-satunya bioskop 4 dimensi yang berada di Temanggung, sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi bioskop ini. Di sini, Anda bisa menyaksikan berbagai film yang seru dan lucu, lengkap dengan berbagai sentuhan bagai sungguhan seperti adegan hujan di mana Anda akan terkena guyuran gerimis tipis, terpaan angin, bahkan kilat. Film yang Anda tonton akan semakin seru lagi dengan adegan roller coaster ride simulation movie sebagai penutupnya. Wih! Bioskop 4 dimensi ini dapat Anda temukan di dalam komplek Taman Kartini, sebuah obyek wisata taman rekreasi di Temanggung, tepatnya di Jl. Suwandi Suwardi, no. 5, Kowangan.

  1. Situs Liyangan
Situs Liyangan

Situs Liyangan

Nah, rekomendasi wisata Temanggung berikutnya adalah wisata sejarah, cocok untuk Anda yang ingin mengetahui sejarah Nusantara khususnya pada zaman purbakala. Temanggung memiliki sebuah situs purbakala yang ditemukan oleh para penambang pasir sekitar pada tahun 2008 lalu. Menurut para peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta, Situs Liyangan ini adalah bekas pemukiman dari masa pemerintahan Mataram Kuno yang berkuasa pada abad ke-9 Masehi. Pemukiman ini kemudian terkubur lava dari erupsi Gunung Sindoro. Situs purbakala yang berada di kecamatan Ngadirejo, tepatnya di desa Purbosari ini merupakan penemuan arkeologi yang sangat besar, di mana terdapat berbagai peninggalan bersejarah seperti bekas-bekas rumah, candi, talud, peralatan rumah tangga, hingga fosil padi. Ditemukan juga sebuah bangunan candi yang unik di sini, karena memiliki tiga Yoni, tidak seperti candi pada umumnya. Selain itu, tubuh candi juga hanya berbentuk seperti altar tanpa memiliki bagian tubuh dan atap.

  1. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing Wisata Temanggung

Gunung Sumbing Wisata Temanggung

Selamat datang di gunung tertinggi di Temanggung! Gunung Sumbing dengan ketinggiannya yang mencapai 3,340 mdpl pada bagian puncaknya menjadi gunung tertinggi di Temanggung yang disusul oleh Gunung Sindoro. Gunung ini digemari oleh banyak pendaki, terutama pada saat ritual pendakian yang juga dilakukan di Gunung Sumbing. Terdapat ritual Malem Selikuran, di mana para peserta beramai-ramai mendaki Gunung Sumbing pada tanggal 21 Ramadhan alias saat bulan puasa. Saat ritual pendakian ini dilakukan, pesertanya bisa mencapai ribuan pendaki, baik dari pendaki amatir hingga yang sudah profesional dari Sumbing Hiking Club (SHC), serta para petugas terpadu yang berjaga di posko-posko gunung. Pendakian bisa memakan waktu hingga 5 jam, jika cuacanya sudah bagus. Jalur pendakian dari base camp menuju puncak akan melewati tiga pos, yaitu Pos I pada ketinggian 1,750 mdpl, Pos II pada ketinggian 2,000 mdpl, Pos Bayangan pada ketinggian 2,500 mdpl, dan sampailah pada bagian puncak pada ketinggian 2,850 hingga 3,340 mdpl.

Bagaimana? Seru sekali kan wisata Temanggung? Terutama bagi Anda yang mengaku pecinta alam, Temanggung adalah salah satu destinasi wajib Wisata Indonesia yang harus Anda kunjungi. Taklukan Gunung Sumbing dan Sindoro, ya!


Pencarian terkait:

wisata temanggung,tempat wisata di temanggung,wisata di temanggung,posong temanggung,yempat wisata jumpritPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *