Menu

Serunya Wisata Tawangmangu, Kecamatan yang Memiliki Segalanya

Serunya Wisata Tawangmangu, Kecamatan yang Memiliki Segalanya

Karanganyar, sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini memiliki potensi wisata yang baik. Salah satunya terlihat dari berkembangnya sebuah kecamatan di Karanganyar, yaitu Tawangmangu, yang sudah menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Jawa Tengah. Mari simak berbagai atraksi wisata Tawangmangu.

Inilah 4 Destinasi Kebanggan Wisata Tawangmangu

  1. Gunung Lawu
Gunung Lawu - wisata tawangmangu

Gunung Lawu – wisata tawangmangu

Selamat datang di salah satu gunung kebanggaan Jawa Tengah! Gunung Lawu merupakan salah satu dari sejumlah gunung yang ada di Jawa Tengah, dan sebagian kawasannya termasuk dalam kecamatan Tawangmangu. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian mencapai 3,265 mdpl pada bagian puncaknya. Bagian puncak Gunung Lawu meliputi tiga buah puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, serta Hargo Dumilah yang sekaligus merupakan puncak tertinggi di Gunung Lawu. Gunung Lawu sebenarnya termasuk gunung berapi, namun sedang dalam fase istirahatnya karena sudah lama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda aktivitas. Selain sebagai obyek wisata alam untuk pendakian dan lintas alam, Gunung Lawu juga menjadi rumah bagi beberapa atraksi wisata seperti kawasan wisata Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Selain itu, Gunung Lawu juga menjadi rumah bagi Candi Sukuh dan Candi Cetho.

  1. Desa Nglurah
Desa Nglurah - wisata tawangmangu

Desa Nglurah – wisata tawangmangu

Salah satu desa yang berada di kecamatan Tawangmangu ini rupanya menjadi sebuah pusat tanaman hias yang sedang berkembang. Desa Nglurah berada di kaki gunung Lawu, sehingga memiliki pemandangan alam yang indah. Uniknya, di desa ini Anda akan menjumpai hampir seluruh rumah penduduknya memiliki berbagai tanaman hias baik yang masih tertanam di tanah, maupun yang sudah dikemas dengan polybag atau pot. Selain sebagai pemanis pekarangan rumah, ternyata tanaman hias sudah menjadi sumber penghasilan bagi sebagian besar penduduk desa Nglurah. Hasil produksi tanaman hias dari desa ini telah dijual di berbagai daerah di Indonesia, bahkan sudah mencapai pasar internasional yaitu Malaysia dan Singapura. Akan sangat menyenangkan melakukan perjalanan ke sini, karena Anda akan dimanjakan dengan pemandangan menyegarkan dari berbagai tanaman hias yang cantik yang memadati desa ini. Selain itu, ada juga sebuah ritual unik yang bisa Anda saksikan yaitu Ritual Dukutan atau Bersih Desa. Ritual ini merupakan wujud syukur penduduk kepada Tuhan YME atas kenikmatan yang diberikan oleh-Nya. Ritual ini juga ditujukan untuk membersihkan diri dari pengaruh negatif nafsu duniawi.

  1. Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu - wisata tawangmangu

Air Terjun Grojogan Sewu – wisata tawangmangu

Nah, ini dia obyek wisata Tawangmangu yang paling terkenal, Grojogan Sewu! Bagi Anda yang familiar dengan bahasa Jawa, Anda akan mengenali kata sewu yang berarti ‘seribu’. Namanya memang seribu, namun bukan berarti Anda dapat menjumpai 1,000 titik air terjun di lokasi Grojogan Sewu. Anda akan menyaksikan pemandangan air terjun yang mengalir dari beberapa titik, dengan beberapa titik yang melebar sehingga menciptakan cabang-cabang air terjun yang baru. Air terjun Grojogan Sewu memiliki titik air terjun dengan ketinggian yang paling tinggi mencapai 80 m. Selain pemandangan air terjunnya sendiri, lokasi Grojogan Sewu yang berada di lereng Gunung Sewu semakin menambah cantik pemandangan yang dapat Anda peroleh di sini. Hamparan hutan yang masih asri dan hijau, berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sana, lengkap dengan udara yang bersih dan tentunya menyegarkan, dapat Anda peroleh semuanya di Grojogan Sewu.

  1. Air Terjun Pringgodani
Air Terjun Pringgodani - wisata tawangmangu

Air Terjun Pringgodani – wisata tawangmangu

Selain Grojogan Sewu, Tawangmangu masih memiliki lokasi air terjun lainnya, lho, yaitu Air Terjun Pringgodani. Walaupun Grojogan Sewu masih lebih terkenal dibanding air terjun yang satu ini, kecantikan serta kemampuannya untuk memukau Anda tak kalah saing! Air Terjun Pringgodani menarik dan cantik dengan caranya sendiri, salah satunya karena ketinggian air terjunnya bahkan mengalahkan Grojogan Sewu yang hanya memiliki ketinggian 80 m. Ketinggian air terjun yang dimiliki Pringgodani mencapai lebih dari 100 m, lho! Selain itu, Pringgodani juga memiliki dua tingkat air terjun sehingga semakin menarik untuk dilihat. Air Terjun Pringgodani yang berada di desa Blumbang ini dapat Anda capai dengan menempuh perjalanan sejauh 5 km dari Terminal Tawangmangu. Dari pintu masuk, Anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 2 km untuk sampai ke lokasi.

Sebagai sebuah kecamatan, sudah temasuk banyak ya, atraksi wisata yang dimiliki wisata Tawangmangu? Tunggu apa lagi? Yuk, ke Tawangmangu di Karanganyar!


Pencarian terkait:

air terjun pringgodani tawangmangu,desa nglurahPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *