Menu

Berbagai Pilihan Wisata Tarakan, Pulau Kecil Menyenangkan di Kalimantan

Berbagai Pilihan Wisata Tarakan, Pulau Kecil Menyenangkan di Kalimantan

Tarakan, sebuah pulau kecil di Kalimantan Utara ini sering disebut-sebut sebagai Singapura-nya Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Tarakan yang kecil namun memiliki berbagai potensi wisata yang seru. Nah, penasaran dengan pilihan wisata Tarakan? Ini dia ulasannya.

7.Wisata Tarakan Terpopuler

7. Konservasi Mangrove dan Bekantan

Konservasi Mangrove dan Bekantan - Wisata Tarakan

Konservasi Mangrove dan Bekantan – Wisata Tarakan

Lokasi ini pantas dijadikan destinasi wisata favorit. Berlokasi di daerah pusat perbelanjaan Gusher,Jalan Gajah mada kawasan hutan mangrove ini layaknya oasis di tengah kota yang sangat sejuk bagi setiap pengunjung yang datang.Begitu datang di kawasan ini,paparan mangrove nan hijau menjadikan suasana teduh dan nyaman.Menjelajahi hutan ini tidak begitu rumit karena sudah dibuat jalur jembatan terbuat dari kayu yang terhubung antar kawasan mangrove yang berada di area yang luasnya 21 hektar.Dalam hutan ini anda dapat menyaksikan monyet hidung panjang atau bekantan yang terlindungi.

6. Pantai Amal

Pantai Amal - Wisata Tarakan

Pantai Amal – Wisata Tarakan

Berada di sebuah pulau kecil, Tarakan kemudian memiliki banyak atraksi wisata pantai yang indah untuk Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Amal. Pantai Amal dapat Anda temukan di kecamatan Tarakan Timur, tepatnya di desa Pantai Amal. Pantai Amal sendiri terdiri dari dua area atau dua anakan pantai, yakni Pantai Amal Lama dan Pantai Amal Baru. Nah, Pantai Amal ini baik pada Amal Lama maupun Amal Baru dapat memanjakan Anda dengan suasana pantai yang tenang, syahdu dan tentu saja indah. Pantai ini akan menyuguhkan Anda pemandangan hamparan laut yang bewarna sangat biru, pemandangan alam yang berada di sekelilingnya, serta pepohonan kelapa yang tumbuh di pinggir pantai. Akan menjadi liburan yang sangat relaxing jika Anda dapat berkunjung ke Pantai Amal.

5. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah Bundar - Wisata Tarakan

Museum Rumah Bundar – Wisata Tarakan

Dari namanya saja sudah menarik, ya? Benar saja, Museum Rumah Bundar adalah sebuah museum yang menarik karena bentuk bangunannya berbentuk setengah lingkaran, di mana atap bangunan museum ini berbentuk setengah lingkaran. Di sini, Anda dapat menjumpai berbagai barang peninggalan bersejarah dari zaman Belanda hingga zaman penjajahan Jepang. Saat memasuki museum ini, Anda akan disuguhi nuansa tempo dulu yang akan membawa Anda jauh ke puluhan tahun yang lalu di Indonesia. Museum ini kemudian menjadi bukti fisik bahwa Jepang dan Belanda pernah menduduki Kalimantan, termasuk daerah Tarakan. Anda bisa mengunjungi museum bersejarah ini di Jl. Danau Jempang, tepatnya berada persis di samping gedung DPRD.

4. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya Juwata - Wisata Tarakan

Penangkaran Buaya Juwata – Wisata Tarakan

Anda mengingkan wisata Tarakan yang lebih menarik dan lebih berbeda? Selamat datang di Penangkaran Buaya Juwata! Penangkaran Buaya Juwata ini merupakan salah satu obyek wisata yang sudah terkenal dan menjadi favorit di kalangan penduduk lokal maupun luar Tarakan. Berada di atas lahan seluas 5 hektar, Penangkaran Buaya Juwata pertama kali dibangun pada tahun 1991. Penangkaran Buaya Juwata yang menjadi obyek wisata kebanggaan Tarakan ini memiliki koleksi buaya dari beberapa jenis buaya asli dari sejumlah daerah yang ada di Kalimantan. Penangkaran buaya ini sendiri memelihara tiga jenis buaya, yaitu buaya air tawar, buaya supit, serta buaya muara. Tak sabar ingin segera bertemu dengan mereka? Kunjungi saja Penangkaran Buaya Juwata ini yang ada di kecamatan Tarakan Barat, tepatnya di desa Karang Harapan.

3. Rumah Adat Dayak Tidung

Rumah Adat Dayak Tidung - wisata tarakan

Rumah Adat Dayak Tidung – wisata tarakan

Dayak Tidung merupakan suku atau penduduk asli dari pulau Tarakan, sehingga sayang rasanya jika Anda melewatkan liburan di Tarakan tanpa mendapatkan pengalaman budaya dan bertemu dengan suku Dayak Tidung di sini. Anda bisa mengunjungi sebuah rumah adat dari suku Dayak Tidung untuk memperkaya wawasan dan pengalaman. Rumah adat suku Dayak Tidung ini sendiri berdiri bukan dari penggalakan pemerintah, melainkan swadaya dari hasil gotong royong warga setempat. Rumah adat suku Dayak Tidung ini didirikan dengan tujuan untuk memperkenalkan serta melestarikan budaya suku Dayak Tidung sebagai suku asli dari pulau Tarakan di Kalimantan. Selain rumah adatnya sendiri, di sini juga tersedia toko cinderamata untuk Anda membeli berbagai buah tangan khas Tarakan untuk sanak saudara di rumah.

2. Grand Tarakan Mall

Grand Tarakan Mall

Grand Tarakan Mall

Jika sudah lelah berkeliling pulau ke tempat-tempat yang menjunjung nilai sejarah dan budaya, kini saatnya Anda berkunjung ke tempat yang menjunjung tinggi nilai mata uang, shopping time! Nah, di Tarakan sendiri, Anda bisa menghabiskan uang Anda untuk berbelanja di Grand Tarakan Mall. Mall ini merupakan satu-satunya mall yang paling besar yang dapat Anda temui di Kalimantan Utara. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai toko serta department store yang menjajakan beragam jenis barang. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai berbagai pilihan restoran serta hotel untuk menginap. Oh iya, jika Anda masih ingin berbelanja, bisa lanjutkan wisata belanja Anda di THM Plaza yang berdiri bersebrangan dengan Grand Tarakan Mall.

1. Tugu Perabuhan Jepang

Tugu Perabuhan Jepang

Tugu Perabuhan Jepang

Berlokasi di jalan imam bonjol, salah satu tempat yang istimewa ,disamping bisa melihat meriam dan bunker ,anda bisa melihat sunset yang indah.ini bisa anda lihat di kawasan situs peningki lama.Deretan meriam tersebut berjajar di bukit yang mengahadap ke laut lepas.

Itulah ulasan mengenai wisata Tarakan yang dapat Anda coba kunjungi selama berada di ‘Little Singapore’ ini Selamat liburan di Tarakan!


Pencarian terkait:

suku dayak museum amal sendiri,Wisata tarakanPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *