Menu

Budaya Unik dan Alam yang Indah di Wisata Tana Toraja

Budaya Unik dan Alam yang Indah di Wisata Tana Toraja

Tana Toraja merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan. Dengan kekayaan budayanya, Wisata Tana Toraja menjadi salah satu pilihan wisatawan yang ingin menyaksikan keunikan budaya Nusantara.

5 Budaya Wisata Tana Toraja

  1. Tongkongan
rumah tongkongan,wisata tana toraja

rumah tongkongan,wisata tana toraja

Tongkongan adalah rumah adat bagi masyarakat Tana Toraja. Keunikan dari rumah adat Toraja ini adalah bentuk atapnya yang berbentuk melengkung di kedua sisinya seperti perahu serta tanduk kerbau yang ditancapkan pada bagian depan rumah. Jika dulu atap rumah terbuat dari susunan bambu, kini warga sudah beralih ke seng. Tongkongan berfungsi sebagai ruang penyimpanan mayat, namun digunakan juga sebagai dapur dan tempat tidur. Tongkongan berasal dari kata tongkon, yang memiliki arti duduk bersama. Tongkongan ini dibagi sesuai dengan strata sosial yang ada pada masyarakat Tana Toraja. Penasaran? Anda bisa mengunjungi Tongkongan Pallawa yang berada di antara pepohonan bambu pada puncak sebuah bukit yang berjarak sekitar 12 km dari Rantepao.

  1. Londa
londa,wisata tana toraja

londa,wisata tana toraja

Selain Tongkongan, masyarakat Toraja juga memiliki tempat penyimpanan mayat lain yang disebut dengan Londa. Londa adalah kawasan bebatuan curam yang berada di atas sebuah bukit, di mana terdapat beberapa gua sebagai tempat penyimpanan peti mayat. Penempatan peti mayat tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan diatur sesuai dengan garis keluarga atau garis keturunan. Pada satu sisinya, Londa menghadap langsung ke alam terbuka karena pintu gua tidak ditutup. Jadi, pada satu sisi bukit Londa menghadap pada hamparan alam hijau yang indah. Anda bisa menjumpai Londa yang terletak di sekitar 5 km dari Rantepau sebelah selatan.

  1. Ke’te Kesu
Ke'te Kesu,wisata tana toraja

Ke’te Kesu,wisata tana toraja

Ke’te Kesu merupakan sebuah desa yang memiliki pesonanya sendiri. Salah satu pilihan wisata Tana Toraja ini bernama Ke’te Kesu dan memiliki arti pusat kegiatan. Maksudnya, Ke’te Kesu menjadi sebuah pusat di mana terdapat perkampungan warga, tempat kerajinan, dan komplek kuburan. Di sini, selain menjumpai Tongkongan, Anda juga dapat melihat beberapa bangunan serta lumbung padi yang menjadi peninggalan bersejarah dari masa Megalitikum. Ke’te Kesu terkenal dengan kesenian ukirannya dan merupakan pusat cinderamata asli dari Tana Toraja, jadi jangan lupa untuk menyempatkan waktu hunting cinderamata di sini. Oh iya, untuk mencapai Ke’te Kesu, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 4 km dari Rentapao ke arah tenggara.

  1. Batu Tomonga
Batu Tomonga,wisata tana toraja

Batu Tomonga,wisata tana toraja

Anda ingin melihat keindahan hamparan alam Tana Toraja dengan leluasa? Datang saja ke Batu Tomonga. Sebuah kawasan alam ini menjadi rumah bagi 56 buah batu menhir yang berada di dalam satu lingkaran, lengkap dengan 4 buah pohon yang berdiri di tengah-tengah batu tersebut. Batu-batu menhir ini rata-rata memiliki ketinggian dari 2 hingga 3 meter. Karena memiliki ketinggian mencapai 1,300 mdpl, Batu Tomonga menjadi salah satu tempat yang sangat strategis untuk menikmati panorama Rantepao dengan lembah-lembahnya yang menarik dan alam hijaunya yang indah.

  1. Lemo
Lemo,Wisata Tana Toraja

Lemo,Wisata Tana Toraja

Lemo lagi-lagi adalah sebuah kuburan adat yang letaknya berada di bukit batu. Lemo dibuat khusus di sebuah bukit batu sebagai tempat penyimpanan mayat. Lemo berasal dari buah jeruk limau, karena bentuk dari bukit batu yang bulat sehingga mirip dengan buah tersebut. Pada Lemo, terdapat sekitar 75 lubang kuburan, di mana per lubangnya adalah kuburan untuk satu keluarga yang memiliki ukuran 3 m x 5 m. Jangan salah, untuk satu lubang saja, diperlukan waktu sekitar 6 bulan hingga 1 tahun serta biaya mencapai 30 juta rupiah untuk membuatnya. Selain sebagai kuburan, Lemo juga disebut sebagai tempat arwah karena mayat disimpan di tempat terbuka dan akan digantikan bajunya lewat sebuah upacara adat, Ma Nene. Jika Anda ingin melihat Lemo, kunjungi saja Lemo yang terletak di sebelah utara Makale.

Beberapa daftar wisata Tana Toraja di atas tentunya dapat menambah wawasan Anda terutama dalam bidang sejarah dan budaya wisata Indonesia. Jadi, jangan ragu untuk mengeksplor wisata tana toraja lebih dalam, ya! (baca juga wisata makassar).


Pencarian terkait:

peninggalan bersejarah bangunan tana torajaPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *