Menu

Menguji Adrenalin di Wisata Sungai TungTung Purbalingga

Menguji Adrenalin di Sungai Tungtung Gunung, Purbalingga

Tujuan Wisata Kayak Kelas Dunia

Lereng Gunung Slarnet, salah satu gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, memiliki berbagai macam wisata air yang memesona. Salah satunya adalah objek wisata Sungai Tungtung Gunung, yang berada di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari.

HULU Sungai Tungtung Gunung berada di salah satu lereng Gunung Slamet. Ia pun menjanjikan salah satu wisata olahraga air yang cukup ekstrem, yakni kayak, perahu mini berpenumpang tunggal dengan kayuhan dayung. Bahkan, Sungai Tungtung yang masuk dalam kategori sungai gunung atau creek itu diklaim sebagai tempat tujuan wisata kayaking dengan kualitas kelas dunia.

wisata sungai tungtung purbalingga

wisata sungai tungtung purbalingga.sumber gambar : google.co.id

Koordinator Instruktur Sekolah Kayak Tirtaseta Kabupaten Purbalingga Puji Jaya mengatakan, pada 2011 salah seorang kayaker top Eropa dari Slovenia Andraz Krpic sempat menjajal Sungai Tungtung. Presiden Freestyle Kayaking Slovenia itu mengaku terkesan dengan sungai tersebut.

“Menurutnya, Sungai Tungtung Gunung Purbalingga memiliki daya tarik untuk kegiatan creek boa- ting (kayaking di sungai curam, Red). Andraz mengatakan, Sungai Tungtung Gunung memiliki level kelas dunia,” jelas Puji.

Sungai Tungtung punya tiga kriteria yang bisa jadi penilaian utama kayaking dunia. Yakni,bebatuan sungai yang membentuk terjunan, kualitas air yang mumpuni, serta view atau pemandangan yang elok. “Dari tiga kriteria itu, Sungai Tungtung terbukti punya daya tarik sangat khas,” ungkap Puji.

Bahkan, Andraz menilai tidak mungkin kayaker kelas dunia tidak menyukai Sungai Tungtung. Sebab, sungainya curam dan airnya bening tanpa polusi serta hangat untuk ukuran orang Eropa. Selain itu, pemandangannya menakjubkan.

Puji menjelaskan, kondisi Sungai Tungtung mirip dengan sungai-sungai di Corsica, Italia, yang merupakan sungai klasik dan ramai dikunjungi wisatawan kayaking dunia. “Bedanya, suhu air sungai di sini 22 derajat Celsius. Di Corsica bisa di bawah nol,” jelasnya.

Jalur tengah Sungai Tungtung yang dijadikan wisata kayaking kelas dunia itu selebar 3 hingga 4 meter. Arusnya deras dengan turunan curam berbatu yang hanya bisa dilalui dengan kayak. “Di sisi kiri dan kanan sungai, hutan pinus menjadi pemandangan sekitar yang dominan. Sungai ini cocok bagi kayaker yang sudah memiliki keterampilan tingkat lanjut (advance, Red)” bebernya.

Puji menambahkan, jalur bawah Sungai Tungtung sepanjang 5 kilometer kali pertama diarungi tim Tirtaseta pada 2009. Sedangkan jalur atas (upper section) sungai itu, sepanjang 3 Jingga 4 kilometer, hingga kini belum pernah diarungi. “Jalur atas sungai ini, yang tidakkalah menantang dan indahnya, kami simpan untuk program first descent (pengarungan kali pertama) berikutnya,” tambah Puji

Kayak di Jantung Gunung

wisata sungai tungtung purbalingga

wisata sungai tungtung purbalingga.sumber gambar : google.co.id

Kabupaten Purbalingga bisa dicapai via kereta api’dari Jakarta atau Surabaya. Stasiun tujuannya adalah Stasiun Besar Purwokerto. Setelah itu, lanjutkan dengan taksi atau kendaraan umum sekitar 40 kilometer menuju Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga.

Kalau ingin kayak, Anda bisa menghubungi Sekolah Kayak Tirtaseta Purbalingga, la adalah pengelola wisata kayak di Sungai Tungtung Gunung.

sumber artikel : jawa pos


Pencarian terkait:

kali tung tung gunung,sungai tung tung purbalinggaPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *