Menu

Wisata Sumedang Bukan Hanya Sekedar Tahu

Wisata Sumedang: Bukan Sekedar Tahu

Menjadi sebuah kota kecil yang diapit dua kota besar, yaitu Bandung dan Cirebon, Sumedang kemudian menjadi terkenal juga terutama dengan kuliner tahunya, Tahu Sumedang. Selain tahu, Sumedang juga memiliki potensi wisata Sumedang lainnya yang tak kalah menarik dan menyenangkan dari kelezatan Tahu Sumedang. Ini dia daftarnya.

5 Objek Wisata Sumedang 

  1. Kampung Toga
Wisata Sumedang,Kampung Toga

Wisata Sumedang,Kampung Toga

Toga dalam nama ini merupakan singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Nama dari kampung ini berasal dari kondisi asli pada kawasan ini yang banyak ditumbuhi tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Kampung wisata yang berada di Sumedang berada pada ketinggian 650 mdpl, sehingga udara yang ditawarkan di sini relatif sejuk. Anda bisa mencapai obyek wisata ini dengan menempuh perjalanan sejauh 2 km saja dari pusat kota Sumedang. Obyek wisata ini mengusung konsep one stop adventure, di mana Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas untuk bertualang. Beberapa fasilitasnya di antaranya kolam renang, outbond dengan permainan yang lengkap, sepeda gunung, gantole atau paralayang, paint ball, trekking atau hiking, memancing di danau buatan yang tersedia, dan masih banyak fasilitas menarik lainnya. Sambil melakukan berbagai aktivitas seru, Anda juga akan ditemani oleh pemandangan alam yang indah.

  1. Gunung Tampomas
Wisata Sumedang,Gunung Tampomas

Wisata Sumedang,Gunung Tampomas

Salah satu obyek wisata gunung yang berada di Sumedang adalah Gunung Tampomas. Gunung ini terletak di sebelah utara dari kabupaten Sumedang. Gunung Tampomas menyimpan kekayaan flora dan fauna yang indah serta panorama alamnya yang masih sangat asri dan hijau. Gunung ini memiliki ketinggian pada puncak ingga 1,684 mdpl, sehingga Anda wajib untuk membawa jaket atau pakaian hangat saat mendaki ke sini. Selain gunungnya sendiri, Anda juga dapat menjumpai sejumlah lubang kawah serta beberapa bebatuan besar yang bewarna hitam. Jika Anda berencana untuk menaklukan gunung ini, sudah tersedia beberapa jalur untuk pendakian di Gunung Tampomas.

  1. Gunung Kunci
Wisata Sumedang,Gunung Kunci

Wisata Sumedang,Gunung Kunci

Selain obyek wisata Gunung Tampomas, wisata Sumedang masih menyimpan gunung lain yakni Gunung Kunci. Walaupun tidak memiliki ketinggian setinggi Gunung Tampomas, gunung ini juga banyak dikunjungi karena daya tarik keindahan alamnya yang memikat. Untuk dapat mencapai wisata Gunung Kunci ini, Anda cukup menempuh perjalanan sejauh 200 meter saja dari Alun-Alun Sumedang. Selain hamparan pemandangan alam gunung yang indah, Anda dapat menjumpai daya tarik lainnya seperti sebuah gua bersejarah peninggalan Belanda. Gua ini dulunya dipergunakan sebagai benteng perlindungan atau benteng pertahanan bagi Belanda untuk mengepung penduduk Sumedang.

  1. Curug Sindulang
Wisata Sumedang,Curug Sindulang

Wisata Sumedang,Curug Sindulang

Curug atau yang dalam bahasa Sunda berarti air terjun ini terletak di kecamatan Cimanggu, tepatnya di desa Sindulang. Curug Sindulang ini berada di wilayah perbatasan antara kabupaten Sumedang dan kabupaten Bandung. Curug Sindulang juga biasa disebut sebagai Curug Kembar karena memiliki dua buah air terjun yang mengalirkan air dari ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini memiliki sebuah kolam air terjun yang bisa dipakai untuk bermain air sambil menikmati hamparan alam yang hijau di sekitarnya. Sebelum mencapai lokasi air terjun ini, Anda sebelumnya akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah juga saat di perjalanan.

  1. Pemandian Air Panas Cileungsing
Wisata Sumedang,Pemandian Air Panas Cileungsing

Wisata Sumedang,Pemandian Air Panas Cileungsing

Berada di dataran tinggi, Sumedang kemudian memiliki sebuah obyek wisata pemandian air alami yang dapat Anda temui di kecamatan Buahdua, tepatnya di deas Cilangkap. Untuk mencapai lokasi pemandian air panas ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer dari kota Sumedang. Pemandian Air Panas Cileungsing menggunakan sumber air alami yang mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga airnya dapat menyembuhkan beberapa penyakit lain selain penyakit kulit.

Selain beberapa obyek wisata Sumedang di atas Anda juga dapat mengunjung tempat wisata sejarah di sana yaitu Makam Cut Nyak Dien yang dulunya dimakamkan di Sumedang (baca juga tempat wisata di bandung)


Pencarian terkait:

wisata sumedang,tempat wisata di sumedang,kota sumedang,obyek wisata di sumedang,wisata di sumedang tampomasPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *