Menu

Wisata Sumatera Utara

Mengintip Indahnya Wisata Sumatera Utara

Berbicara tentang Sumatera Utara, tentu tidak bisa lepas dari pembahasan kota Medan. Selain dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Ibukota Sumatera Utara ini juga ternyata memiliki beragam tempat wisata yang memanjakan para pengunjungnya.

Salah satu tempat Wisata sumatera Utara yang paling menarik adalah, Danau Toba. Ya, bahkan nama Danau Toba sudah populer di mancanegara. Nah, tetapi jangan salah. Selain Danau Toba, masih banyak loh tempat wisata di Sumatera Utara. Penasaran? Simak daftar tempat wisata indonesia terbaik yang ada di Sumatera Utara yang mungkin bisa Anda kunjungi berikut ini.

Wisata Sumatera Utara

1. Istana Maimun

Istana Maimun, Tempat wisata sumatera utara

Istana Maimun, Tempat wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Selain wisata alamnya seperti Danau Toba, ada juga wisata bangunan yang bisa Anda nikmati di Sumatera Utara. Salah satunya adalah Istana Maimun yang sangat populer karena merupakan peninggalan dari Kerajaan Deli. Istana berwarna kuning ini berdiri dengan gagahnya di tengah kota Medan. Di dalam Istana Maimun, para pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi istana yang berasal dari masa lampau. Termasuk sebuah singgasana Sultan yang sangat mewah. Harga tiket masuknya pun sangat murah, cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,- saja Anda bisa menikmati Istana Maimun.

Jika Anda berkunjung ke Medan, jangan lupa kunjungi Istana Maimun. Istana yang merupakan peninggalan Kesultanan Deli ini adalah ikon kota Medan, Sumatera Utara. Letaknya ada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Bukan hanya karena usia bangunannya yang sudah tua, namun hal lain yang menarik para pengunjung untuk mengunjungi Istama Maimun ini adalah desain interiornya yang unik.

2.Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan,Wisata Sumatera Utara

Masjid Raya Medan,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Selain wisata bangunan di Istana Maimun, ada juga Masjid Raya Medan. Selain menjadi ikon kota Medan dan menjadi tempat ibadah, masjid nan besar dan megah ini membuat semua orang kagum dan ingin mengunjunginya. Masjid yang berdiri sejak 21 Agustus 1906 ini pun letaknya tidak jauh dari Istana Maimun, Anda hanya perlu berjalan sejauh kurang lebih 200 meter dari Istana Maimun untuk sampai ke Masjid Raya Medan.

Jika Anda mampir ke kota Medan, Sumatera Utara. Jangan lupa sempatkan diri Anda untuk mengunjungi Masjid Raya Medan untuk beribadah ataupun sekadar beristirahat dan menikmati megahnya desain bangunan ini. Masjid yang bernama asli Masjid Raya Al Mashun ini dibangun selama tiga tahun mulai tahun 1903 sampai 1906. Gaya arsitektur bangunan ini sangat khas, ala Timur Tengah, India, dan Spanyol.

3. Wisata Danau Toba

Danau Toba, tempat wisata di medan dan sekitarnya

Danau Toba, tempat wisata di medan dan sekitarnya, sumber gambar : tipsjalan.com

Di kota Medan juga ada wisata alam yang tak kalah menakjubkannya, Danau Toba. Danau toba ini adalah danau vulkanik yang diketahui memiliki panjang 100 kilometer. Panjang sekali, ya? Nah, yang lebih luar biasa lagi, Danau Toba juga dinobatkan menjadi danau terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Di tengah Danau Toba juga terdapat tempat wisata yang tak kalah menarik, yaitu Pulau Samosir.(Baca Juga Wisata Danau Toba)

4. Pulau Samosir

Pulau Samosir, wisata danau toba

Pulau Samosir, wisata danau toba.sumber gambar : google.co.id

Pulau Samosir ini juga merupakan pulau vulkanik. Dengan ketinggian 1000 meter di aras permukaan laut, Pulau Samosir ini menjadi tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan. Baik wisatawan domestik ataupun wisatawan asing. Nah, sebenarnya Pulau Samosir ini tidak benar-benar terpisah dari pulau Sumatera. Anda bisa menuju ke Pulau Samosir melalui akses darat. Anda bisa melalui Pangururan yang menjadi titik penghubung antara Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera. Di Pulau Samosir ini terletak di wilayah Kabupaten Samosir yang berdiri sejak tahun 2003 lalu.

5.Danau Linting

Danau Linting,Wisata Sumatera Utara

Danau Linting,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Wisata Sumatera Utara juga memiliki Danau Linting. Danau ini berwarna hijau dan biru dan di sekeliling danau tersebut dikelilingi oleh batu cadas. Lokasi danau Linting berada di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu, Deli Serdang. Danau yang tidak terlalu besar ini berselimut cerita mistis namun sangat mempesona.Danau yang berlokasi di Deli Serdang, Sumatera Utara ini menjadi salah satu danau paling indah yang dimiliki Propinsi Sumatera Utara. Warna airnya yang hijau toska dan danau yang dikelilingi oleh pepohonan yang teduh menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Danau Linting.

6. Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Air Terjun Sipiso-piso Tongging,Wisata Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso Tongging,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Selain danau, wisata Sumatera Utara lainnya adalah air terjun Sipiso-piso Tongging. Air terjun yang juga diselimuti dengan cerita mistis dari masyarakat sekitar ini berjarak 135 kilometer dari Brastagi. Jauh juga, ya? Namun tidak perlu khawatir, karena rasa lelah di perjalanan Anda akan segera terobati dengan pemandangan air terjun setinggi 120 meter dan pemandangan Gunung Sipiso-piso. Pancaran sinar matahari ke arah air dan pemandangan Danau Toba membuat Air Terjun Sipiso-piso Tongging ini semakin indah dan memanjakan mata para pengunjungnya.

7.Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie,wisata sumatera utara

Rumah Tjong A Fie,wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Selanjutnya ada wisata Rumah Tjong A Fie yang terletak di Kesawan, Medan old town. Tjong A Fie sendiri adalah seorang pengusaha asal Tiongkok yang telah sukses membangun bisnis perkebunan di Sumatera Utara. Di belakang bangunan ini pun masih dihuni oleh keluarga dari cucu Tjong A Fie. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Rumah Tjong A Fie, tempat ini dibuka mulai pukul 9 pagi sampai jam 5 sore. Harga tiketnya pun murah, hanya Rp 35.000,- per orang Anda bisa menikmati keindahan desain bangunan Rumah Tjong A Fie.

8.Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang,Wisata sumatera utara

Penangkaran Buaya Asam Kumbang,Wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Ingin melihat Buaya? Bukan, bukan buaya darat. Tapi Anda bisa melihat sekitar dua ribu lima ratus ekor buaya sekaligus. Tempatnya ada di Penangkaran Buaya Asam Kumbang di kota Medan, Sumatera Utara. Penangkaran seluas dua hektar ini telah menjadi penangkaran buaya yang terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Yang unik adalah, di dalam penangkaran ini Anda akan melihat sekor buaya “tua” yang sudah berusia 40 tahun.

9. Danau Siombak

Danau Siombak,Wisata Sumatera Utara

Danau Siombak,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Sumatera Utara juga punya Danau Siombak. Berbeda dengan Danau Linting, Danau Siombak ini adalah danau buatan yang luasnya mencapai 40 hektar. Yang unik dari Danau Siombak adalah, danau ini terletak diantara dua sungai. Layaknya Indonesia yang terletak di antara dua samudra. Danau Siombak terletak diantara Sungai Deli dan Sungai Terjun. Warna air di Danau Siombak ini agak kehijauan karena di dasar danau ditumbuhi sejenis lumut dan ganggang. Namun jangan khawatir, karena airnya masih tetap jernih dan sama sekali tidak berbau.

10.Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja,Wisata Sumatera Utara

Salju Panas Dolok Tinggi Raja,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

 Jika biasanya salju itu dingin, di Sumatera Utara ada “Salju Panas.” Sebuah tempat wisata yang terletak di Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Bukit Kapur Tinggi Raja. Warna kapur di bukit kapur ini sangat eksotis dan memanjakan mata para wisatawan yang melihatnya. Di kawasan Salju Panas ini terdapat dua bukit kapur yang letaknya tidak berjauhan.

11.Pulau Lagundri dan Pantai Sorake, Wisata Sumatera Utara yang sangat Populer

pulau legundi,wisata sumatera utara

pulau legundi,wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Sumatera Utara juga punya wisata pantai. Yaitu di Pantai Lagundri dan Pantai Sorake. Dua pantai indah ini terletak di Pulau Nias yang jaraknya 125 kilometer dari Pulau Sumatera. Namun jauhnya perjalanan tidak akan membuat Anda kecewa karena meskipun pantainya sedikit terpencil, tetapi pantai ini menjadi salah satu tujuan utama para peselancar karena ombaknya yang besar. Bahkan kabarnya ombak di Pantai Lagundri dan Pantai Sorake ini terbaik kedua setelah ombak di Hawaii, loh. Luar biasa, kan? Ombak yang bisa mencapai ketinggian 3 hingga 5 meter ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peselancar.

12.Aek Sijornih

Aek Sijornih,Wisata Sumatera Utara

Aek Sijornih,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Selain Salju Panas, di Sumatera Utara tepatnya di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan terdapat sebuah obyek wisata air terjun yang bernama Aek Sijornih. Nama ini diambil dari bahasa batak, Aek berarti air dan Sijornih berarti jernih. Untuk masuk ke obyek wisata ini, Anda akan dikenakan tiket masuk Rp 5.000,- per orang.

13.Hillpark Sibolangit atau Green Hill City

Hillpark Sibolangit,Wisata Sumatera Utara

Hillpark Sibolangit,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Hillpark Sibolangit ini menjadi salah satu obyek yang tidak boleh terlewatkan jika Anda mampir ke kota Medan. Hillpark Sibolangit ini terletak di Sibolangit dan menjadi taman bermain yang terbesar di Pulau Suamtera. Tempat ini dibagi menjadi 3 tema besar, mulai dari Lost City, Toon Town dan Heritage. Banyak sekali wahana-wahana yang ada di obyek wisata modern ini. Diantaranya ada Roller Coaster, Ferries Wheel, Teater 4D, dan ada juga amphiteathre yang kapasitasnya mencapai 1.200 orang yang biasanya digunakan untuk konser atau pertunjukan. Jika dilihat sepintas, Hillpark Sibolangit ini memang mirip dengan Dufan atau Trans Studio. Namun yang membedakan Hillpark dengan Dufan atau Trans Studio ini adalah, Hillpark berukuran lebih kecil.

14.Tangkahan 

Tangkahan,Wisata Sumatera Utara

Tangkahan,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Selain wisata modern di Hillpark Sibolangit, Anda juga bisa berkunjung ke Tangkahan.Tangkahan merupakan merupakan kawasan eco-tourism yang sudah dikelola dengan baik. Di tempat ini banyak sekali lokasi yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa melihat orang utan dan gajah. Bahkan Anda bisa naik gajah dan memandikan gajah juga, loh. Bagi Anda yang suka berpetualang, Anda juga bisa menyusuri hutan dan melihat bunga bangkai yang mekar selama satu minggu dan hanya mekar satu tahun sekali. Untuk mencapai Tangkahan Anda akan melewati jalan berkelak kelok menyusuri jalan raya Medan-Banda Aceh hingga sampai di ibokota Kab. Langkat.

15.Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar,Wisata Sumatera Utara

Danau Lau Kawar,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Selain itu ada juga wisata alam menarik lainnya di Sumatera Utara, Danau Lau Kawar. Danau Lau Kawar begitu eksotis dengan air danaunya yang berwarna kebiruan. Letaknya di kaki Gunung Sinabung. Jika Anda ingin menuju ke Danau Lau Kawar ini, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer dari Brastagi. Luas Danau Lau Kawar ini luasnya memang hanya 1/6 Danau Toba. Namun jangan salah, pesona Danau Lau Kawar ini tak kalah menariknya, loh. Untuk masuk ke obyek wisata Danau Lau Kawar ini Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 6.000,- per orangnya. Sangat menarik untuk menjadi salah satu opsi wisata Anda.

16.Taman Nasional Gunung Leuser  

Taman Nasional Gunung Leuser,wisata sumatera utara

Taman Nasional Gunung Leuser,wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Pulau Sumatera memang dikenal memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional Gunung Leuser ini meliputi beberapa wilayah  meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang (Aceh), Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat (Sumatera Utara).

Taman Nasional Gunung Leuser ini terletak di ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut. Banyak sekali lokasi-lokasi menarik yang bisa Anda kunjungi karena di Taman Nasional ini Anda bisa melihat ekosistem yang masih asli, mulai dari pantai hingga pegunungan tinggi yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis. Taman Nasional Gunung Leuser ini dikelola sebagai tempat wisata dan untuk penelitian.

17.Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit,wisata sumatera utara

Cagar Alam Sibolangit,wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Sumatera Utara memang dikenal memiliki banyak sekali obyek wisata alam yang indah. Salah satunya adalah cagar alam Sibolangit yang lokasinya masuk dalamkawasan Taman Wisata Sibolangit. Obyek wisata ini terletak di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jika Anda berangkat dari kota Medan, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 40 kilometer. Banyak sekali ragam flora dan fauna yang ada di cagar alam Sibolangit. Potensi vegetasi yang ada di cagar alamini pun tidak kalah loh dengan yang ada di kawasan Taman Wisata Sibolangit. Wilayahnya didominasi banyak pepohonan besar.

18.Gunung Sibayak 

Gunung Sibayak,Wisata Sumatera Utara

Gunung Sibayak,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Wisata Alam Sumatera Utara lainnya adalah Gunung Sibayak. Gunung berapi yang masih aktif ini memiliki uap panas. Kondisi puncaknya yang penuh dengan batuan-batuan yang tak beraturan ini menjadi keunikan tersendiri bagi para wisatawannya. Para wisatawan justru senang menguji adrenalin untuk menaklukan gunung ini sampai ke puncaknya. Pemandangannya sangat eksotis, apalagi pemandangan matahari terbit dari puncak gunungnya.

19.Bukit Gundaling 

Bukit Gundaling,wisata sumatera utara

Bukit Gundaling,wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Ada juga wisata alam Bukit Gundaling. Bukit ini terletak di Berastagi, Karo, Sumatera Utara. Letaknya hanya sekitar 3 kilometer dari pusat kota Berastagi. Gundaling ini memiliki tinggi 1.575 meter di atas permukaan laut. Keindahan pemandangan bukit Gundaling ini bisa Anda saksikan dari Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Menariknya lokasi wisata bukit Gundaling ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan dulu, loh.

20.Rahmat International Wildlife Museum

Rahmat International Wildlife Museum,Wisata Sumatera Utara

Rahmat International Wildlife Museum,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Kota Medan memiliki banyak sekali obyek wisata, yang mungkin tidak akan habis dikunjungi dalam waktu satu hari. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang menawan, kota Medan juga memiliki beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi. Salah satuny adalah Rahmat International Wildlife Museum yang di dalamnya terdapat sekitar 1000 sepesies satwa dari berbagai negara. Gedung seluas 2970 m2 dirintis oleh Dr. H. Rahmatsyah. Rahmat International Wildlife Museum yang pernah mengalami pengembangan pada 2007 lalu ini juga telah menerima penghargaan bertaraf internasional dalam bidang upaya pencegahan kepunahan satwa liar yang ada di dunia. Di dalam museum satwa ini Anda akan melihat berbagai koleksi satwa-satwa liar mulai dari yang ukurannya kecil hingga yang berukuran besar sesuai dengan habitatnya masing-masing.

21.Kampung Madras Medan

Kampung Madras Medan,Wisata sumatera utara

Kampung Madras Medan,Wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Di Medan juga ada sebuah tempat wisata bernama kampung Keling atau yang juga disebut Kampung Madras Medan. Kawasan ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Di Kampung Madras ini Anda akan menemukan kuil Hindu tertua di Medan, yaitu Kuil Stri Mariamman dan juga kelenteng terbesar di kota Medan, yaitu Vihara Gunung Timur. Salah satu tempat unik bersejarah di Kampung Madras Medan ini adalah Sekolah Khalsa (Khalsa English School) yang dulu menjadi satu-satunya sekolah yang mengajarkan Bahasa Inggris di Medan.

 22.Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit,wisata sumatera utara

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit,wisata sumatera utara.sumber gambar : google.co.id

Jika biasanya perairan yang memiliki warna-warna menarik adalah danau atau kawah, di Deli Serdang, Sumatera Utara terdapat sebuah air terjun yang memiliki dua warna. Air terjun ini bernama Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Letaknya di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Wilayah air terjun ini dihiasi dengan pemandangan alam dengan bukit-bukit yang indah. Hawanya sejuk dan menenangkan. Pemandangan hutan di sekitarnya pun bisa membuat pikiran fresh karena udaranya yang juga sangat segara. Keadaannya pun masih alami dan menyenangkan. Tetapi jika Anda datang ke lokasi pada akhir pekan, obyek wisata ini akan penuh sesak oleh wisatawan lokal karena Air Terjun Dwi Warna Sibolangit ini menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Medan.

23.Bukit Lawang 

Bukit Lawang, Tempat wisata di medan dan sekitarnya

Bukit Lawang, Tempat wisata di medan dan sekitarnya sumber gambar : medan.panduwisata.com

Bergeser ke Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Bohorok ada sebuah obyek wisata alam menarik lainnya bernama Bukit Lawang. Jika Anda memulai perjalanan dari kota Medan, Anda akan menempuh perjalanan sejauh 80 kilometer ke arah barat laut. Bukit Lawang ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, di mana TNGL ini merupakan daerah konservasi spesies orang utan. Bukit Lawang memiliki cerita yang cukup mencengangkan, ketika pada 2 November 2003 tempat ini dilanda banjir bandang yang membuat ratusan rumah serta penginapan di sekitar Sungai Bahorok hancur lebur. Namun setelah 11 tahun berlalu, semuanya telah dibenahi.

24.Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi,Wisata Sumatera Utara

Menara Air Tirtanadi,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Medan juga terkenal dengan obyek wisata yang memiliki bangunan-bangunan dengan desain yang klasik. Salah satunya adalah Menara Air Tirtanadi yang juga menjadi saah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara. Bangunan yang dibuat tahun 1908 oleh pemerintah Belanda ini berperan sangat penting bagi masyarakat Medan, karena bangunan ini dibuat untuk tempat penampungan air bagi masyarakat Medan. Namun dahulu, bangunan ini hanya menjadi sumber air bagi masyarakat kelas menengah ke atas saja. Dahulu tempat ini menjadi perusahaan air pemerintahan kolonial Belanda yang dinamakan NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Bersih. Wah, ternyata kata Ledeng dan air bersih berasal dari bahasa Belanda, ya. Namun saat ini Menara Air Tirtanadi resmi menjadi milik PDAM Tirtanadi.

25.Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura Gura,Wisata Sumatera Utara

Air Terjun Sigura Gura,Wisata Sumatera Utara.sumber gambar : google.co.id

Selain bangunan bersejarah Menara Air Tirtanadi, ada juga tempat wisata yang berhubungan dengan air lainnya. Kali ini berupa air terjun, namanya adalah Air Terjun Sigura Gura. Sumatera Utara juga memang dikenal memiliki banyak air terjun tinggi. Air terjun Sigura Gura ini terletak di Kabupaten Samosir, wilayah dataran tinggi di kawasan Danau Toba. Ketika berada di Air Terjun Sigura Gura ini Anda akan merasakan hawa dingin dan sejuk yang membuat Anda merasa fresh. Selain itu, oleh pihak pengelola obyek wisata, aliran sungai dari Air Terjun Sigura Gura ini juga sering digunakan untuk perlombaan Arum Jeram tingkat Nasional dan tingkat Internasional.

Luar biasa, kan Wisata Sumatera Utara? Nah, jika Anda sedang berada di Sumatera Utara khususnya di kota Medan, jangan sampai Anda melewatkan Tempat Wisata Sumatera Utara yang keren tersebut .Untuk melengkapi info wisata sumatera utara Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya yaitu tempat wisata di medan .


Pencarian terkait:

wisata sumatera utara,tempat wisata di sumatera utara,wisata sumatra utaraPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *