Menu

Wisata Pulau Komodo, Pulau Eksotis dari Kepulauan Nusa Tenggara

Pulau Komodo, Pulau Eksotis dari Kepulauan Nusa Tenggara

Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo? Pulau Komodo adalah salah satu ikon kebanggaan pariwisata di Indonesia. Bagaimana tidak, Wisata Pulau Komodo adalah salah satu dari New Seven Wonders of Nature yang diadakan acara peresmiannya pada tahun 2013 silam di Pulau Komodo. Keren, kan? Selain itu, Pulau Komodo juga telah diakui oleh dunia lewat UNESCO yang menetapkan Pulau Komodo sebagai World Heritage atau Warisan Dunia. Bahkan sebelum ditetapkan menjadi keajaiban dunia, Pulau Komodo sudah menjadi destinasi favorit banyak wisatawan.

wisata pulau komodo

wisata pulau komodo

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Lebih tepatnya, Pulau Komodo terletak di kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo ini posisinya di paling ujung provinsi Nusa Tenggara Timur sebelah barat, sehingga berbatasan dengan provinsi Nusa Tenggara Barat. Anda juga bisa menemukan Pulau Komodo di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh Selat Sape.

Pulau ini pertama kali ditemukan oleh pasukan tentara Belanda yang melaporkan keberadaan hewan besar yang menyerupai naga di Pulau Komodo. Letnan Steyn van Hens Broek kemudian menyelidikinya dan membunuh seekor komodo kemudian membawanya ke Museum and Botanical Garden (yang saat ini adalah Kebun Raya Bogor) untuk diteliti. Komodo yang termasuk sebagai hewan purba ini kemudian diteliti oleh Peter Ouwens pada tahun 1910.

Pulau Komodo adalah habitat asli dari hewan komodo. Tercatat hingga bulan Agustus tahun 2009, ada sekitar 1300 ekor komodo yang mendiami pulau ini. Tahukah Anda bahwa kini, komodo hanya dapat ditemukan di Indonesia, salah satunya adalah di Pulau Komodo ini. Wih! Selain Pulau Komodo, ada juga beberapa pulau lain yang menjadi habitat dari hewan besar ini, yaitu Gili Motang dan Pulau Rinca, sehingga jumlah totalnya bertambah menjadi 2500 ekor komodo. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai sekitar 100 ekor komodo yang berada di Cagar Alam Wae Wuul yang terdapat di Pulau Flores. Pulau Komodo juga kemudian dilindungi oleh pemerintah dengan menetapkannya sebagai Taman Nasional Komodo.

wisata pulau komodo

wisata pulau komodo

Selain komodo, di pulau ini Anda dapat menjumpai flora endemik yang menarik, yaitu kayu sepang yang digunakan warga setempat untuk obat dan bahan pewarna pakaian. Selain itu, pohon nitak atau sterculia obongata ini memiliki biji yang enak dan gurih seperti kacang polong.

Nah, Pulau Komodo ternyata tidak hanya menyimpan obyek wisata komodo dan floranya yang menarik. Pulau Komodo ternyata banyak dikunjungi karena dua keajaiban lainnya, yaitu Pink Beach dan Taman Nasional Komodo.

Pink Beach yang berada di Pulau Komodo ini adalah salah satu dari tujuh pantai pasir pink yang ada di dunia, lho! Pasir bewarna merah muda ini sebenarnya adalah campuran dari pasir putih dan serpihan koral laut bewarna merah, sehingga terlihatlah warna pink tersebut. Pantai pink ini sangat indah dan masih bersih, sehingga obyek wisata di Pulau Komodo ini wajib Anda kunjungi saat berada di sini!

Selain Pink Beach, ada juga Taman Nasional Komodo, di mana Anda akan disuguhi keanekaragaman hayati yang ada di Pulau Komodo. Di sini, Anda bisa menjumpai 277 spesies hewan yang merupakan hewan peralihan antara Asia dan Australia. Selain di daratan, Anda juga dapat menyaksikan kekayaan alam di bawah laut, dengan 70 spesies sponge, 253 spesies terumbu karang, serta 1,000 spesies ikan. Wah! Pasti indah sekali, ya! Oh iya, Anda juga bisa menjumpai hiu, dugong, lumba-lumba, kura-kura dan 14 jenis paus.(baca juga tempat wisata di flores)


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *