Menu

Giliyang, Pulau dengan Kadar Oksigen Tertinggi di Dunia

Gugusan Pulau Madura menawarkan wisata alam yang berbeda dari tempat mana pun di Indonesia. Salah satunya adalah Pulau Giliyang yang dikenal memiliki kadar oksigen tinggi.

Dipercaya Bikin Awet Muda

PULAU yang berjarak satu jam perjalanan dengan kapal dari Pelabuhan Dungkek, Kabupaten Sumenep, itu memang tak terlalu luas. Hanya butuh satu jam untuk mengelilingi pulau dengan sepeda motor. Meski begitu, keindahan pulau tersebut sangat sayang kalau hanya dinikmati dalam waktu singkat.

Wisata Pulau Giliyang

Wisata Pulau Giliyang TEMPAT RELAKSASI: Di lokasi ini pengunjung bisa duduk sambil merasakan kadar oksigen terbaik.sumber gambar : google.co.id

Luangkan waktu berlama-lama menikmati sejuknya udara di Bukit Oksigen di Desa Bancamara. Bukit setinggi 32 meter di atas permukaan laut itu memiliki kadar oksigen 21,5 persen. Rata-rata kadar oksigen di udara hanya mencapai 20,9 persen. Itu hasil penelitian yang dilakukan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya pada Mei 2013.
Saat Jawa Pos ke bukit itu pertengahan November lalu, kondisinya tak terlalu bagus. Tanah merah yang menyelimuti bukit tersebut tidak ditumbuhi rerumputan hijau. Bebatuan cadas yang tersembul di antara tanah makin menegaskan bahwa musim kemarau panjang sedang melanda. “Tapi, kalau sudah hujan, langsung tumbuh rumputnya,”
Meski terkesan tandus, semilir udara siang hari tak terasa menyengat. Bahkan, ada semilir angin yang terasa dingin di kulit. Pengunjung bisa duduk santai di atas ranjang dengan ukiran khas Madura sambil memandangi lautan biru. Ada enam ranjang yang dibeli perangkat desa dan diletakkan di bukit seluas setengah hektare tersebut.
Keberadaan spot dengan kadar oksigen tinggi itu jadi semakin terbukti dengan para, penduduk yang berusia sepuh. Data di Desa/ Banraas, ada 20 orang yang diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun. Yang berusia 90 tahun ada 55 orang, sedangkan yang berusia lebih dari 80 tahun 265 orang.
Destinasi wisata yang tersedia di Giliyang bukan hanya bukit oksigen itu. Ada pula Gua Mahakarya yang bam ditemukan sekitar empat bulan lalu. Gua yang terletak di sebelah utara pulau tersebut memang masih perawan. Akses menuju gua memang masih hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 20 menit dari jalan utama pulau.
Mutawaji menjelaskan, penemuan gua itu bagian dari kesadaran warga setempat untuk mengelola pariwisata. Mereka telah mendirikan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang dibentuk kepala desa.
Gua-gua lain juga masih tersebar di pulau tersebut. Di antaranya Gua Lampu dan Gua Air. Tapi, gua-gua itu tak memiliki luas seperti Gua Mahakarya.
Lokasi lain yang tak kalah menarik adalah tulang ikan paus. Penduduk setempat menemukan bangkai ikan yang terdampar itu pada 2010. Lantas, setelah ikan mati, tulang¬nya dikumpulkan dan ditumpuk di pinggir pantai.

Kunjungi Juga tempat wisata di banyuwangi yang tak kalah mengesankan.


Pencarian terkait:

pulau dengan kadar oksigen tertinggi di indonesia,pulau oksigen tertinggi,wisata giliyangPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *