Menu

Inilah Alasan Wisata Mojokerto Kental Dengan Nuansa Sejarah

Situs peninggalan kerajaan Majapahit di Trowulan adalah hasil sejarah yang menandakan bahwa Mojokerto adalah pusat pemerintahan Kerajaan besar yang sukses menyatukan wilayah Indonesia.

Mojokerto merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang dekat dengan kota besar, Surabaya. Seperti beberapa kota lain di tanah Jawa, Mojokerto juga menyimpan cukup banyak benda bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Ini dia daftar tempat wisata Mojokerto yang menarik.

7 Wisata Mojokerto yang Wajib anda kunjungi :

  1. Reco Lanang
Reco Lanang

Reco Lanang

Obyek wisata yang satu ini bisa menjadi opsi destinasi wisata sejarah di Mojokerto. Reco Lanang ini merupakan sebuah arca yang dibuat dari batu andesti. Arca ini merupakan sebuah gambaran dari wujud salah satu Dhyani Budha yang dinamakan Akshobhya. Akshobhya ini merupakan penguasa arah mata angin sebelah timur menurut agama Budha. Arca Akshobhya ini sendiri memiliki ukuran dengan tinggi 5,7 meter sehingga terlihat lumayan besar. Kini, sudah terdapat banyak pemahat lokal di Trowulan yang mahir membuat arca menyerupai peninggalan kerajaan Majapahit ini, sehingga tak heran jika banyak pembeli yang memesan patung yang menyerupai arca Akshobhya. Anda bisa melihat sendiri bukti peninggalan sejarah ini di desa Kemloko yang berada di kecamatan Trawas atau sekitar 40 kilometer jaraknya dari pusat kota Mojokerto.

  1. Candi Jalatunda
wisata mojokerto : candi jalatunda

wisata mojokerto : candi jalatunda

Candi ini terletak di sebuah lereng gunung Bekal, salah satu puncak yang ada di pegunungan Penanggungan. Karena posisinya yang berada di ketinggian, udara yang ditawarkan kompleks Candi Jalatunda ini sangat sejuk sehingga enak untuk berwisata sambil menikmati udara segar. Candi Jalatunda dapat Anda temukan di kecamatan Trawas, tepatnya di desa Seloliman. Bangunan candi ini terbuat dari batu kali dan memiliki ukuran dengan tinggi 5,2 meter, panjang 16,8 meter, dan lebar 13,5 meter. Candi Jalatunda yang dibangun pada tahun 977 Masehi ini memiliki daya tarik unik, yaitu terdapat tulisan “GEMPENG” pada bagian kiri dan sudut tenggara dinding candi. Menurut ahli sejarah, candi ini merupakan petirtaan untuk Raja Udayana, seorang raja Bali yang hendak memperistri putri Gunapriyadharmapatni dari Jawa.

  1. Candi Bajang ratu
Wisata Mojokerto : Candi Bajangratu

Wisata Mojokerto : Candi Bajangratu

Jika Anda tertarik dengan wisata sejarah di Mojokerto, Anda wajib memasukkan Candi Bajangratu sebagai salah satu destinasi wisata Mojokerto. Candi ini adalah candi yang terbuat dari batu bata bewarna merah dan memiliki ketinggian hingga 16 meter dan lebar bangunan hingga 6 meter serta panjang bangunan 6,7 meter. Bangunan candi ini menyerupai bangunan gapura paduraksa karena memiliki sayap kanan dan sayap kiri. Pada bangunan candi terdapat hiasan relief matahari yang diapit naga, kepala garuda, binatang bertelinga panjang dan kepala kala yang diapit oleh singa. Terpahat juga relief cerita Rama pada bagian sayap dan cerita Sritanjung pada bagian kaki candi. Candi Bajangratu dulunya dipergunakan sebagai gapura pintu masuk ke bangunan suci. Anda bisa menemukannya di kecamatan Trowulan tepatnya di desa Temon.

  1. Air Terjun Dlundung
Wisata Mojokerto : Air Terjun Dlundung

Wisata Mojokerto : Air Terjun Dlundung

Obyek wisata yang satu ini adalah obyek wisata alam di Mojokerto. Air terjun Dlundung terletak di kecamatan Trawas, tepatnya di desa Kemloko, desa yang sama dengan obyek wisata Reco Lanang. Anda dapat mencapai Air Terjun Dlundung ini sejauh 40 km dari pusat kota Mojokerto baik dengan sepeda motor maupun mobil, karena medan menuju ke obyek wisata ini sudah baik. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi, sehingga sangat cantik pemandangan aliran air terjun di sini. Selain itu, pemandangan di sekelilingnya yang hijau dan asri semakin menambah keindahan alam yang ditawarkan. Wisata air terjun ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran, selain menghirup udara segar, menikmati pemandangan, Anda juga bisa berkemah di arena perkemahan yang luas di sini.

  1. Kolam Segaran
Wisata Mojokerto : Kolam Segaran

Wisata Mojokerto : Kolam Segaran

Masih obyek wisata sejarah, Kolam Segaran merupakan sebuah kolam raksasa yang terbentang luas sepanjang 375 meter, memiliki tinggi 3,1 meter, dan lebarnya yaitu 1,6 meter. Selain itu, ada juga undakan untuk jalan masuk ke kolam yang terletak di sebelah barat, lengkap dengan terasnya yang memiliki panjang 10,4 meter serta lebar 8,4 meter. Menurut sejarah, Kolam Segaran ini dulunya digunakan sebagai tempat menjamu untuk tamu-tamu khususnya bangsawan di kerajaan Majapahit. Bahkan, untuk memamerkan kekayaan kerajaan pada tamu, peralatan makan seperti piring, cangkir, sendok dan sebagainya dibuang ke dasar kolam setelah dipamerkan. Kolam bersejarah ini mulai dipugar pada tahun 1976 dan selesai dipugar pada tahun 1983. Anda dapat menjumpai kolam ini di kecamatan Trowulan, tepatnya di desa Segaran.

6.  Candi Tikus

Wisata Mojokerto : cand tikus

Wisata Mojokerto : cand tikus

Bangunan ini tersusun dari batubata merah setinggi 520 cm, sepancang 2540 cm dan selebar 2360 meter ini dikabarkan adalah tempat bersuci putri kerajaan Majapahit dan taman air. Candi ini dinamakan Candi Tikus disebabkan pada waktu diketemukan adalah tempat bersarang nya para tikus yang merusak padi petani.Arsitek Bangunan menggambarkan kesucian Gunung Mahameru yang mana tempat semayam bagi para dewa.

7.  Candi Wringin Lawang

wisata mojokerto : wringin lawang

wisata mojokerto : wringin lawang

Candi ini diduga sebagai pintu masuk utama untuk masuk ke komplek kerajaan Majapahit. Berbentuk mirip gapura belah. Bangunan ini terdiri dari batubata setinggi 13,70 METER sepanjang 13 METER dan lebar 11 METER. Menurut sejarah gapura Wringin Lawang adalah salah satu gapura yang menuju ke alun-alun Mojopahit

Itu tadi adalah daftar tempat wisata Mojokerto untuk Anda Semoga daftar di atas bermanfaat ya! (baca juga wisata menarik jawa timur lainnya di wisata gunung bromo)


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *