Menu

Wisata Kuliner di Surabaya

Apakah anda sedang berkunjung ke Surabaya?  Jika anda sedang berada di kota surabaya maka jangan lupa anda menikmati kuliner yang ada di sana. Tak lengkap rasanya jika datang berkunjung ke suatu tempat namun tak menikmati tempat kulinernya. Tapi jangan khawatir bagi anda yang baru pertama kali datang ke kota surabaya. Anda bisa membaca artikel ini sebagai acuan ketika berkunjung ke sana. Berikut ini ada beberapa referensi buat anda mengenai Wisata Kuliner di Surabaya.

Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur, yang merupakan sebuah kota dengan kepadatan duduk yang cukup tinggi. Kota ini sepertinya tidak mau kalah dengan Jakarta, sebab di Surabaya sendiri terdapat berbagai macam industri dari yang kecil sampai yang besar, dan juga sebagai pusat bisnis yang tidak dapat diremehkan. Tempat Wisata Indonesia ini juga dikenal dengan suhu yang cukup tinggi. Oleh sebab itu jika Anda berkunjung ke sini, Anda harus menemukan tempat wisata kuliner Surabaya yang dapat menyejukkan hari Anda. Seperti halnya setiap daerah yang kita kunjungi, pasti ada satu dua hidangan yang menjadi sebuah ciri khas kota tersebut untuk selalu diingat dan dicari ketika berkunjung. Artikel ini akan membahas sejumlah makanan khas yang sudah seharusnya Anda coba ketika Anda sedang berada di Surabaya.

Nikmatnya Wisata Kuliner di Surabaya

1. Sate Klopo

wisata-kuliner-surabaya-sate-klopo

Sate Klopo,Wisata Kuliner di Surabaya.sumber gambar : google.co.id

Nama ini memang tidak begitu dikenal seperti sate lilit khas Bali. Namun hal tersebut tidak mengurangi rasa lezat yang bisa Anda rasakan di setiap gigitannya. ‘Klopo’ dalam Bahasa Jawa berarti kelapa. Ya, sate ini merupakan sebuah hidangan sate biasa yang dilimuri dengan parutan kelapa. Anda bisa menikmatinya dengan lontong dan juga saus yang terbuat dari bumbu kacang, ditambah dengan srundeng. Terdapat banyak pilihan daging yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari ayam, sapi, dan juga kambing.

2. Soto madura

soto madura, wisata kuliner di surabaya

soto madura, wisata kuliner di surabaya.sumber gambar : google.co.id

Walapun anda berada di kota Surabaya namun kuliner yang sangat terkenal yang lain adalah Soto Madura. Ada beberapa tempat yang sangat mak nyus soto maduranya antara lain yaitu di jalan Manyar 81, Undaan kulon Surabaya dan di jalan Pucang. Anda bisa pergi ke sana menggunakan becak dan minta untuk di antarkan ke tempat-tempat yang telah di sebutkan maka di jamin anda tak kan kecewa.

3. Semanggi ,Makanan Khas Wisata Kuliner di Surabaya

semanggi, wisata kuliner di surabaya

semanggi, wisata kuliner di surabaya.sumber gambar : google.co.id

Hidangan yang satu ini bentuknya menyerupai pecel. Ya, berbagai macam sayuran yang dicampur dengan saus kacang dengan sedikit rasa pedas. Yang membedakan adalah sayur yang dalam hidangan ini didominasi oleh daun semanggi. Hidangan ini merupakan salah satu khas Surabaya, karena jarang sekali ditemukan di kota lain. Hidangan ini juga dilengkapi dengan sebuah krupuk berukuran jumbo, yang ternyata digunakan sebagai pengganti sendok. Biasanya semanggi ditempatkan di lembaran daun pisang (pincuk) agar menciptakan kesan pedesaan yang kental. Satu porsinya berkisar antara Rp 5.000,00 sampai Rp 7.000,00 saja.

4. Lontong Balap

kuliner surabaya lontong balap

wisata kuliner di surabaya lontong balap.sumber gambar : google.co.id

Apakah anda sering dengar mengenai lontong balap? Lontong balap merupakan salah satu makanan khas kota Surabaya. Tak lengkap rasanya jika datang ke Surabaya namun tak menyicipi makanan ini. Makanan ini merupakan campuran dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal namun jika di jogja mirip seperti tahu guling. Anda tak perlu khawatir makanan ini bisa anda jumpai di sekitar wilayah jalan raya gubeng, jalan raya kranggan dan di jalan rajawali teatnya di depan SPBU.

Wisata Kuliner di Surabaya yang satu ini juga selalu dicari para turis ketika sedang berada di sini. Hidangan yang satu ini sangat segar sehingga cocok dinikmati di panasnya Surabaya. Terdapat lontong, tauge, lentho, dan juga tahu di dalamnya. Kuah beningnya akan tambah gurih dan nikmat jika Anda nikmati hangat. Satu porsi lontong balap seharga Rp 7.500,00 saja.

5. Nasi Pecel

kuliner surabaya nasi pecel

Wisata Kuliner di Surabaya ,nasi pecel.sumber gambar : google.co.id

Walaupun di daerah lain seperti nasi pecel ada namun jika ke Surabaya anda patut mencobanya. Nasi pecel dari Surabaya memiliki rasa yang berbeda dengan rasa nasi pecel di kota lain. Bedanya apa? Silahkan anda coba dan raskan sendiri. Tempat favorid yang biasa di kunjungi jika anda berada di kota Surabaya yaitu Jalan Jemursari, Jalan Taruna no 32 Wage dan Jalan Ketabang Kali.

6. Kupang Lontong

kuliner surabaya lontong kupang

wisata kuliner di surabaya lontong kupang.sumber gambar : google.co.id

Makanan kupang lontong sangat terkenal di Jawa timur terutama di daerah Surabaya, Sidoarjo. Bahan utama pembuatan kupang lontong yaitu kupang putih atau merupakan jenis hewan yang kecilnya se biji beras dan hidup di laut serta mempunyai bentuk seperti kerang. Adapun cara membuatnya yaitu kupang tadi di kupas dan juga di cuci bersih kemudian di masak. Setelah matang cara penyajiannya yaitu di tambahkan lentho, lontong, kuah petis dan air perasan jeruk nipis. Tambahkan dengan sate kerang dan es degan atau air kelapa muda pasti sungguh nikmat rasanya.

7. Rujak Cingur, Wisata Kuliner di Surabaya yang Nikmat

kuliner surabaya rujak cingur

wisata kuliner di surabaya rujak cingur.sumber gambar : google.co.id

Sebagai makanan penutup anda bila menikmati segarnya rujak cingur. Bagi anda yang belum mengetahui rujak cingur adalah jenis makanan seperti rujak pada umumnya seperti aneka buah dan berbagai macam sayuran, seperti kedondong, nanas, mangga, ketupat, tempe, dan kangkung. Semua bahan ini dicampur dengan saus yang terbuat dari kacang merah, peti, dan cabai namun di tambahakan dengan lontong, tahu, tempe dll. Warnanya yang pekat sehingga bagi yang belum pernah tahu mirip dengan lotek. Rasanya unik namun sangat segar karena ada campuran buah di dalamnya dan sangat enak.Jangan lupa untuk memasukkan hidung kerbau ke dalamnya, agar namanya resmi menjadi rujak cingur. Satu porsi hidangan bergizi kuliner Surabaya ini mencapai Rp 6.500,00 sampai Rp 14.000,00 Silahkan anda mencoba Wisata Kuliner di Surabaya ini.


Pencarian terkait:

nasi pecel,wisata kuliner surabaya,kuliner surabaya,gambar makanan tradisional jawa timur rujak cingurPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *