Menu

Wisata Kuliner Solo

Wisata Kuliner Solo Nggak Kalah Menarik dengan Kuliner Lainnya

Wisata Kuliner Solo.Wah , kalau sudah ngomongin masalah kuliner, dengarnya saja sudah bikin perut kruyuk-kruyuk minta diisi. Di Indonesia sendiri, jenis-jenis makanan bisa sangat beragam bahkan meski terletak pada satu kota. Kalau mau wisata kuliner rasanya nggak cukup deh kalau cuma satu – dua hari. Karena hidangan tiap kota berbeda, jangan coba-coba bandingkan kuliner kota satu dengan lainnya. Dijamin nggak bakal bisa soalnya. 

Kota Solo sangat dikenal sebagai kota yang harmonis, rapi dan juga penduduknya memiliki tutur kata yang ramah. Selain itu, Wisata di Solo ini juga memiliki berbagai macam peninggalan bersejarah berupa prastasti dan lainnya. Bukan itu saja, kota Solo juga memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik dan sangat indah, sehingga dapat memancing minat para wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Struktur tata kotanya juga sangat teratur..

Bukan itu saja, kota Solo juga memiliki aneka ragam kuliner yang sangat menarik dan nikmat. Ada banyak sekali menu tradisional yang masih bertahan di kota ini. Banyak juga wisatawan asing yang sengaja datang ke Solo untuk menikmati kulinernya. Sekarang kita mau coba ulas sedikit saja dari Wisata Kuliner Solo.Tempat wisata indonesia yang satu ini memiliki hidangan yang tak kalah banyak dengan Jakarta. Mulai dari tempat-tempat makanan terkenalnya, hingga oleh-oleh yang sering dibawa pulang oleh turis lokal hingga mancanegara.

Wisata Kuliner Solo

Tengkleng

Tengkleng,Wisata Kuliner Solo

Tengkleng,Wisata Kuliner Solo.sumber gambar : google.co.id

Masuk ke tengkleng. Makanan satu ini merupakan Wisata Kuliner solo yang terkenal. Tengkleng ini mirip dengan gulai kambing, hanya saja tidak menggunakan santan. Kuahnya yang mantap lengkap dengan daging yang masih menempel di tulang membuat lidah tak bosan melahapnya. Tengkleng ini bisa ditemukan di samping gapura Pasar Klewer atau warung tengkleng.

Gudeg Ceker

Gudeg Ceker,Wisata Kuliner di Solo

Gudeg Ceker,Wisata Kuliner di Solo sumber gambar : google.co.id

Tidak seperti gudeg biasanya yang hanya tersaji manis dengan telur dan nangka, biasanya di Solo ini gudeg justru banyak ditambah campurannya dengan ceker. Menu satu ini pasti sudah tak asing lagi di lidah orang Solo. Katanya sih makanan ini makin lezat ketika dituangi dengan sambal goreng krecek.

Makanan ini terbilang sangat unik, gudeg disini tidak bukanlah gudeg yang seperti anda bayangkan. Gudeg ceker merupakan perpaduan kulit sapi, telut, daging ayam, dan juga ceker ayam. Rasa yang ditawarkan makanan ini sangatlah nikmat. Anda bisa mengkonsumsi kuliner ini dicampur dengan nasi, sehingga bisa membuat perut anda terasa kenyang. Sebagai pelengkapnya, anda bisa memesan minuman dingin seperti es teh manis. Jika anda ingin mencoba gudeg ceker, maka anda bisa mengunjungi Gudeg Ceker Bu Kasno yang berada di kawasan Marguyodan.

Sate Buntel

Sate Buntel,Wisata Kuliner di Solo

Sate Buntel,Wisata Kuliner di Solo sumber gambar : google.co.id

Berbeda dengan kebanyakan sate lainnya, kuliner ini merupakan daging kambing yang telah dicincang kemudian dibalut dengan lemak kambing yang masih baru dengan bentuk melonjong. Setelah itu, sate dibakar seperti pada umumnya. Sate ini memiliki tekstur daging yang sangat nikmat dan lezat, apalagi jika ditambah dengan sambal. Anda bisa mengkonsumsi sate ini dengan nasi ataupun lontong. Salah satu tempat makan yang menyediakan sate buntel ada di Sate Haji Bejo yang berada di jalan Sebakung 10 Lojiwetan.

Nasi Liwet

Nasi Liwet ,Wisata Kuliner Solo

Nasi Liwet ,Wisata Kuliner Solo sumber gambar : google.co.id

Untuk Wisata kuliner Solo yang satu ini sudah jadi makanan nasional rasanya. Nasi liwet sekarang ini pun bisa dengan mudah kita temukan di kota-kota besar dan jadi sajian ketika ada resepsi pernikahan. Akan tetapi, tentu saja rasa dan sajiannya jadi berbeda ketika kita membeli dan menyantapnya di kota asal nasi liwet ini. beras yang dimasak dengan kaldu ayam ini jadi pokok nasi liwet yang baru dilengkapi dengan telur pindang rebus, sayur labu siam, daging ayam suwir, dan kuah santan. Lalu dihidangkan di atas daun pisang yang jadi alas piringnya. Semua makanan tersebut diletakan di sebuah piring yang beralaskan daun pisang. Rasa dari nasi liwet ini memang sangat enak, bahkan banyak orang yang ketagihan.Penjual nasi liwet ini biasa ditemui di daerah Keprabon pada sore hari.

Timlo Solo

Timlo Solo,Wisata Kuliner di Solo

Timlo Solo,Wisata Kuliner di Solo sumber gambar : google.co.id

Seperti kebanyakan timlo, kuahnya yang bening menggugah selera karena isinya jadi terlihat. Namun, berbeda dengan timlo biasanya, timlo Solo ini tidak menggunakan isi soun dan jamur. Isinya cukup sederhana yaitu potongan sosis goreng, telur rebus pindang, dan ampela hati ayam.Setelah itu, ditaburi bawang goreng diatasnya. Biasanya makanan ini dihindangkan bersama sepiring nasi dengan taburan bawang gorengAnda bisa mengkonsumsi timlo dengan nasi putih sehingga dapat mengenyangkan perut anda. Simpel, sederhana, tetapi tetap menggoyang lidah.Tempat makan yang terkenal dengan menu timlonya yaitu Timlo Sastro yang berada di belakan Pasar Gedhe Solo. Tempat makan ini selalu ramai pengunjung, sehingga anda harus rela antri untuk mendapatkan timlo.

Oleh-Oleh Wisata Kuliner Solo

oleh oleh Wisata Kuliner di Solo

oleh oleh Wisata Kuliner di Solo sumber gambar : google.co.id

Sebenarnya masih banyak lagi wisata kuliner solo yang bisa kita ulas seperti sambel tumpang, bakmi toprak Solo, sate kere, sate buntel, sampai wedangan, tetapi dalam berwisata kuliner, tentunya oleh-oleh untuk dibawa pulang jadi prioritas ketika akan pulang, bukan? Nah, untuk oleh-oleh, wisata kuliner solo yang pasti menyediakan serabi Solo yang sudah terkenal kekhasannya. Selain itu, ada pula intip, yaitu sejenis kerak nasi yang dijemur sampai kering jadi mirip kerupuk. Bentuknya besar dan biasanya murah. Lalu ada pula rambak petis, yaitu kerupuk kulit sapi yang sedap. Cocok jadi oleh-oleh sekampung.

Keren bukan Menikmati Nuansa Kota , Sembari menikmati Wisata Kuliner Solo yang Lezat dan menggugah selera.


Pencarian terkait:

bisnis manisan buahPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *