Menu

Kuliner Sedap Tujuan Wisata Nusantara

WISATA KULINER INDONESIA YANG SEDAAP

Indonesia merupakan negara yang banyak memiliki propinsi sehingga sangat banyak kuliner yang dapat Anda cicipi. Tidak hanya terkenal sebagai negara yang memiliki banyak pulau, namun juga terkenal dengan kuliner yang khas. Jika Anda ingin mengenal setiap masakan Indonesia maka lakukanlah wisata kuliner dengan orang-orang yang juga memiliki hobi kuliner. Dijamin Anda akan puas setelah melakukan wisata mengenal aneka macam masakan nusantara yang ada.

Aneka Ragam Wisata Kuliner Indonesia

aneka wisata kuliner indonesia

aneka wisata kuliner indonesia

Jika Anda Pecinta Kuliner, Berkunjung di Beberapa Pulau di Indonesia adalah pilihan tepat.Negara Kepulauan dengan budaya dan etnis yang bervariasi.Salah satu masakan yang paling populer adalah rendang. Daging yang terkenal dengan rasanya yang sangat lezat yang berasal dari kota padang,Sumatera barat yang pernah dinobatkan sebagai salah satu daftar dari 50 makanan paling lezat di seluruh dunia versi CNNGo. Selain rendang,masih banyak wisata kuliner indonesia yang lain bisa menggugah selera makan anda,yang diantaranya :

GUDEG

Gudeg adalah makanan tradisional khas jawa,khususnya populer di yogyakarta.Sejarah panjang masakan ini dari Desa Plengkung Tarunasura. Pertama kali diperkenalkan di desa ini.Masakan jawa yang menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya dan telah dikenal di berbagai negara. Dikombinasikan dengan rasa manis dan guruh menjadikan makanan ini sungguh spesial.Secara prinsip gudeg dibagi menjadi 2 versi yaitu versi basah dan versi kering.(baca juga wisata kuliner yogyakarta)

Gudeg basah biasanya disajikan dengan santan kental. Lalu versi kering, nangka muda direbus selama berjam-jam untuk mengurangi ampas. Setelah itu, nangka dan gula aren ditambahkan ke dalam piring. hidangan ini biasanya dihidangkan dengan telur rebus di dalam saus santan, telur kecokelatan (dimasak dalam ekstrak daun jambu biji), kulit sapi direbus dalam air kelapa. Bumbu kacang kedelai goreng, dan kerupuk kulit sapi. Selain gudeg nangka muda, Penikmat masakan jugja juga suka gudeg Manggar yang terbuat dari bunga kelapa yang lezat dan sensasional

SATE

Penjual sate dapat dengan mudah ditemukan di mana pun Anda pergi di Indonesia. Hidangan ini bisa dikatakan hidangan favorit di seluruh negara. Makanan ini terbuat dari potongan daging yang diasinkan. kambing, ayam, atau ikan (seafood) yang dimasukkan ke dalam tusuk sate bambu halus dan dipanggang di atas api kayu atau batok kelapa. Sate adalah wisata kuliner indonesia yang sangat populer dan dapat dibeli dari pedagang kaki lima, dijual dengan gerobak samping, atau bahkan ditawarkan di restoran kelas atas. Hidangan ini disajikan biasanya dengan dua macam saus, saus kacang dan saus kedelai. Resep dan metode pembuatan sate yang sangat sangat sesuai dengan masing-masing daerah. Berbagai sate meliputi antara lain: Sate Padang, Sate Madura, Sate lilit, Sate Maranggi, dan Sate Matang. Sate akan lezat dihidangkan dengan baik dengan sepiring yang ditaburi (irisan bawang merah, mentimun dan cabai), kadang-kadang dengan irisan kubis, mungkin disajikan dengan lontong  atau ketupat (kue beras dimasak dalam kantong daun kelapa). kelezatan dari sate telah menobatkan hidangan wisata kuliner Indonesia ini dalam daftar CNNGo tentang 50 paling lezat hidangan dunia.

KOPI LUWAK (KOPI CIFET)

Jika Anda datang ke Indonesia, jangan lupa untuk mencicipi kopi lokal. Indonesia terkenal dengan kpi arabika berkualitas tinggi serta kopi Robusta. Beberapa daerah yang terkenal untuk masing-kopi berkualitas tinggi meliputi: gayo, Aceh, Sidikalang, dan Mandailing di Sumatera Utara: Lampung; Toraja; Jampit di Jawa Timur, dan bahkan Wamena di Papua. Dari semua jenis, Kopi Luwak adalah yang terbaik.kopi ini adalah kopi termahal di dunia. Rasa khusus kopi ini berasal dari biji kopi yang diseduh diambil dari kotoran luwak atau musang dari (Paradoxurus hermaphroditus). Musang memilih jenis terbaik dari buah matang, termasuk biji kopi untuk pakan mereka.Menggunakan Rangsangan Mereka yang sangat sensitif, Civet akan memilih kopi dengan rasa terbaik sebagai makanan mereka dan disamping itu kopi masih terlindungi sel keras ,karena itu dibiarkan tidak tercerna dan akan dikeluarkan melalui saluran pembuangan hewan.Kopi Civet selalu diburu oleh para petani kopi dan mereka percaya pilihan terbaik menjalani proses fermentasi natural melalui pencernaan hewan. Kepada pencinta kopi di seluruh dunia, aroma dan rasa kopi luak adalah sensasi yang luar biasa

NASI GORENG

Nasi goreng bisa dikatakan wisata kuliner indonesia untuk semua kalangan yang tidak terbatas karena kondisi sosial.Makanan ini selalu ada di setiap kota di seluruh indonesia.ditawarkan oleh pedangan asongan menggunakan gerobak atau dihidangkan di restoran mewah ataupun di acara pesta.

Bahan utama dari hidangan ini adalah nasi, minyak goreng, kecap, bawang putih, dan garam. Bahan-bahan umum biasanya terdiri sayuran, daging, saus sambal, kerupuk, dan telur

Beberapa variasi nasi goreng dapat dicicipi, termasuk versi Jawa, Nasi Goreng jawa,Nasi Goreng Ikan Asin,Nasi Goreng, Nasi Goreng Parkia Bean, Nasi Goreng Babat, Nasi goreng daging kambing, dan Nasi Goreng Seafood.

aneka wisata kuliner indonesia

aneka wisata kuliner indonesia

SOTO

Selanjutnya Wisata kuliner Indonesia tertentu yang harus Anda coba adalah Soto atau di beberapa daerah disebut Sroto, atau Colo. Masakan ini pada dasarnya sup bening dengan menggunakan daging sapi atau kaldu ayam dengan sayuran. Setiap bagian dari wisata kuliner indonesia memiliki versi sendiri dari Soto menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Berbagai Soto meliputi antara lain: Soto Kediri, Soto Madura, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Sroto Sokaraja, Soto Banjar, Soto Medan, Soto Mie Bogor, dan Coto Makassar. Masakan ini biasanya disajikan dengan nasi. Namun, beberapa versi yang disajikan dengan kue beras. Yang menyertai sangat bervariasi, dan umumnya terdiri dari: kerupuk, goreng,  dan kacang kedelai kue, sate tusuk telur puyuh, dll Ini enak dan bagus untuk perut Anda !

Wisata Kuliner Indonesia yang Wajib anda Nikmati

Mulai dari ujung pulau yaitu, di Aceh, Anda dapat menikmati kuliner seperti mie Aceh dan teh tarik. Walaupun mie menjadi makanan umum di Indonesia, namun mie Aceh memiliki ciri khas sebagai kuliner mantap. Dalam mie Aceh Anda tidak hanya akan menemukan beberapa helaian mie saja. Ada pula irisan daging sapi, daging ayam, atau daging kambing. Tidak ketinggalan dengan irisan seafood dan lalapan seperti mentimun dan juga tomat. Untuk teh tarik sendiri terbilang menjadi minuman kuliner karena secara umum, Anda cukup minum teh. Untuk teh tarik maka ada campuran berupa susu dalam minuman kuliner tersebut.

wisata kuliner indonesia

wisata kuliner indonesia

Dilanjutkan wisata kuliner menuju Jakarta. Tentu Anda pernah mengunjungi Jakarta namun apakah Anda pernah mencicipi kuliner khas ibukota. Jika belum maka Anda harus ke Jakarta lagi. Pilihlah ketoprak Jakarta yang disajikan dengan bumbu kacang seperti gado-gado. Dan tidak ketinggalan dengan camilan kerak telur yang memiliki bentuk bulat besar terbuat dari bahan dasar telur bebek atau telur ayam. Di kota pelajar, Yogyakarta, Anda harus mencicipi kuliner khas gudeg yang terbuat dari tanaman gori lengkap dengan sambal kerecek yang dapat menggugah selera. Di kota Pahlawan, Anda harus mencicipi rujak cingur lengkap dengan petis. Nikmat dilidah dan dijamin Anda akan ketagihan karena selain ada sayuran juga ada buah-buahan segar seperti belimbing, kedondong, bengkoang, timun, nanas, apel, pisang yang dicampur menjadi satu. Ciri khas dari rujak cingur Surabaya adalah terdapat cingur yaitu, tulang muda dari hidung sapi.(Baca Juga Wisata kuliner surabaya)

Tempat wisata kuliner indonesia harus Anda lanjutkan menuju ke Maluku. Cicipilah makanan khas dari Maluku berupa bubur dari tepung sagu yang dikenal dengan nama papeda. Papeda akan semakin lezat ketika Anda santap bersama kuah kuning ikan Mubara. Olahan kuliner ikan memang khas di Maluku. Anda juga dapat mencicipi ikan asap khas kuliner Maluku dari ikan tuna, ikan tongkol, ataupun jenis ikan yang lain. lengkapilah wisata kuliner Anda di Maluku dengan mencicipi ikan kuah pala banda yang memiliki rasa pedas dan gurih. Masih banyak lagi kuliner nusantara yang patut Anda coba selain beberapa macam kuliner yang telah disebutkan di atas. Sehingga ketika Anda berwisata ke suatu daerah di nusantara jangan lupa untuk mencicipi makanan dan minuman khas wisata kuliner indonesia di daerah tersebut.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *