Menu

Menjelajahi Wisata Kuliner Banyuwangi

Tergoda Wisata Kuliner Banyuwangi

Banyuwangi merupakan wilayah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Meskipun terletak di ujung, Banyuwangi tak lantas menjadi kota mati. Lokasinya yang strategis menjadi urat nadi penyeberangan dari pulau Jawa menuju Bali jika Anda hendak melakukan perjalanan via darat Banyuwangi memiliki Pelabuhan Ketapang sebagai penyeberangan menuju Gilimanuk di Pulau Bali.

Nah, jika Anda berkesempatan ke kota ini, pastikan mencicipi sejenak hidangan khas Wisata Kuliner Banyuwangi yang menggoda. Ada precetyang menawarkan manisnya olahan pisang ambon, rawon pecel yang unik, hingga nasi tempongnya yang sangat pedas! Yuk, kita ke Banyuwangi.

WISATA KULINER BANYUWANGI

1. SEGO TEMPONG WARUNG MBAK SUM

JL A YANI NO 25

ULASAN
Nasi tempong memiliki ciri khas saus -racang super pedas sehingga rasanya seperti tempong. yang maknanya tempeleng saking pedasnya
SEGO TEMPONG WARUNG MBAK SUM

SEGO TEMPONG WARUNG MBAK SUM.Wisata kuliner banyuwangi

Banyuwangi tak hanya punya rujak solo yang khas. Tapi ada juga menu yang bernama nasi tempong. Menu ini cukup banyak penjualnya. Arda bisa menemukannya di beberapa ruas Kota Banyuwang Salah satunya keca Sego Tempong Mbak Sum. Kedai milik Mbak Sum (57) ini sudah berusia 18 tahun, Kedai yang terletak di Jalan A. Yani ini tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat siang dan sore menjelang malam. Menu andalannya tentu saja nasi tempong, plus ikan laut rica.

nasi tempong menyajikan nasi yang diberi sayuran kenikir dan bayam yang ciretus, ditambah daun kemangi segar setelah itu disiram de­ngan sejenis saus kacang yang bercita rasa sangat  pedas. aroma kencur menyembur dari saus kental ini. Rasa pedasnya seperti ditempeleng alias ditempong daiam bahasa kami. jelasnya soal nama menu ni.

Sebagai pelengkapnya,seporsi nasi tempong diberi satu potong ikan jambal berukuran kecil yarg dgereng tepung, tahu goreng, dan bakwan jagung Salu porsi cukup mengenyangkan lo. Seporsi nasi temporg dpalok dengan harga berkisar Rp 10 ribu. Cukup murah, bukan?

Jka lauknya terasa kurang. Pesan saja ikan laut rica. Salah satu ikannya ikan kembung goreng yang berbalut bumbu rica nan membara. Panduan bumbu bawang merah,serai cabai rawit merah, cabai merah keriting dan daun salaum yang ditiris membuat ikan kembung bergitu aromatik. Sajian bercita rasa pedas dan asam ini bisa dinikmati dengan harga 13 ribu, mbak sun juga menyajikan aneka lauk lainnya seperti kikil goreng, awam goreng hingga cumi masak cabai hijau.

Warung mbak sum ini menyediakan bangku dan meja panjang untuk bersantap dengan kapasitas mencapai 80 orang, kedai ini buka pukul 11.00 – 01.00.

2. WARUNG PRECET BU ZAENAP

JL. Lusi no. 66

Ulasan
Pecel adalah kudapan khas Banyuwangi. Menyajikan pisang ambon yang diolah secara khusus, lalu dipadukan dengan santan dan nangka

Namanya memang agak terdergar kurang komersial. Tapi nyatanya inilah salah satu makanan khas yang ada di ujung timur pulau jawa ini. Ya. precet. Umumnya Hidangan yang tergotong kudapan ini dijajakan di kedai-kedai sederhana.Salah satunya di kedai precet Bu Zaenab. Lekasinya memang agak menyempil namun hampir semua warga di Jl. Lusi pasti tahu soal keberadaan kedai yang sudah ada sejak tahun 1960an Ini. Kini pengelolaan kedai ada di tanyan Ny Kusnul (42). pulri Bu Zaenab .”Selain precet biasa, tersedia juga precet komplit,” ujarnya ramah.

nasi precet bu zaenb, wisata kuliner banyuwangi

nasi precet bu zaenb, wisata kuliner banyuwangi

Precet merupakan kudapan berbahan baku pisang, jenis pisang yang digunakan hanya pisang ambon yang sudah matang sem­purna.Pisang in dikukus terlebih dulu, lalu dicetak menggunakan cetakan berbahan tempurung kelapa yarg berlubang-lubang di tengahnya Bentuknya menyerupai saringan namun memiliki lubang lebih besar

Cara membuatnya, pisang cukus ditekan-tekan di atas cetakan sehingga hasilnya menyerupai mi berdiameter besar. “Irilah yang disebut precet.’”imbuhnya.Setelah terkumpul precet kemudian diberi kuah santan, plus irisan rangka. Rasanya enak, khas manis pisarg berpadu nik­mat dengan kuah santan dan aroma nangka. Seporsi menu ini juga sangat terjangkau. Jika ingin precet komplet, harganya melambung jadi 4 kali lipat Tapi tambahannya juga cukup baanyak Di antaranya sagu ambon manis, bubur sumsum, mutiara sagu berwarna merah, dan potongan roti tawar. Rasanya lebih mantap! Kedai mungil ini buka mulai pukul 09.0016 00.

3. Rawon Pecel Ayu. Wisata Kuliner Banyuwangi yang Istimewa

Jalan Adi Sucipto no 60

Ulasan
rawon dan pecel tentu dua menu yang berbeda . tapi di banyuwani kedua menu ini bertemu dengan satu hidangan. dan tentu saja enak

Pecel memang populer sekali di kawasan Jawa Timur. Tak terkecuali di Banyuwangi. Kalau biasanya pecel disajikan hanya dengan saus kacang, di Banyuwangi beca lagi. Pecel justru disajikan dengan rawon. Ini menang dua masakan yarg berbeda Namun di banyuwangi justru banyak sekali penggemar menu campuran ini. Cukup banyak kedai yang menyaikan rawon pecel. Salah satunya kedai Pecel Ayu, Kedai mulik Ny Sulistiowati (53) ini mulai beroperasi sejak 1982 “Awal­nya saya berjualan di kawasan Singomatan. Baru tahun 1997 menetap di kedai yarg sekarang,” cetusnya.

Rawon Pecel Ayu

Rawon Pecel Ayu.Wisata Kuliner banyuwangi.sumber gambar : google.co.id

Seporsi menu ini isinya cukup ramai. Penyajiannya dmulai dengan nasi, lalu diberi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, kacang panjang, dan kangkung. Setelah itu barulah diguyur dengan saus kacang layaknya pecel pada urunnya Yang membedakan adalah kuah rawon berwarna hitam yang diatambahkan sebagai pamungkasnya. Paduannya unk. dan ternyata enak di lidah, legitnya saos kacang dan aroma khas keluar dari rawon jadi paduan yang bikin ketagitan .

Sebagai lauk tambahan, Sulistiawati menyediakan tempe goreng, paru gorerg kering. rempeyek udang, dan rempeyek kacangSelain pecel rawon, menu soto ayam juga kerap dipesan. Gayanya sudah pasti ala jawa timuran yang mengadalkan gurihnya ayam kampung yang beraroma bawang putih. Kedai pecel Ayu buka mulai pukul 07.00-21.00. Di kedai ini tersedia 50 kursi yarg bisa Anda tempati.Wisata Kuliner Banyuwangi yang patut anda coba.

4. Ayam Goreng Blambangan
JL BASUKI RAHMAT NO 62

Ulasan
rumah makan ini menyajikan ayam goreng kampung spesial. rasanya gurih dengan tekstur renya di luar namun lembut dan berbumbu di bagian dalamnya

Ayam goreng mungkin menjadi  menu populer Begitu juga di Banyuwangi Ada satu rumah makan khusus bagi pecinta ayam gorerg Namanya Rumah Makan Ayam goreng Blambangan Wina Mac Djoe

Rurnah makan ini sudah didirikan Sejak tahun 1972 oleh johana saat ini pengelola ada di tangan ny Hj Diah iksanti (54)  letaknya cukup Strategis, yaitu di terminal lama Blambangan lokasinya membuat kedai ini tak pernah sepi pengunjung.

tentu jika seramai itu, ayamnya pasti spesial. Diah hanya menggunakan ayam kampung pilihan. Ayam kemudan dibumbui lalu diungkep lebih dahulu hingga bumbunya meresap. Bumbunya bercita rasa gurih dan sedikit manis. Aroma serai dan ketumbar tercium cukup kuat

Setelah diungkep hingga bumbu meresap dan daging ayam empuk, kemudian ayam siap digoreng.Rumah makan ini menyajikan ayam yang digoreng hingga

Kering. Ayam goreng renyah ini lalu disajikan dengan lalapan kacang panjang, timun, dan daun kemangi. Cocolan sambal terasi dan irisan jeruk purut ikut menemani sebagai kondimen. Harga satu potong ayam goreng dengan pelengkapnya dipatok Rp 19 ribu.

Soal rasa, tak perlu diragukan. Daging ayam kampung yang gurih berpadi sempurna dengan bumbu rempahnya. Jika ingin sayuran lebh banyak. Sebagai pendampingnya, pesan saja urap urap. Menu ini menyajikan daun singkong dan taoge rebus yang dibalut bumbu urap berbahan kelapa parut kasar. Rasanya manis bercampur peoas, plus aroma kencur yarg cukup nendang..

Selain ayam goreng dan urap-urap, rumah makan ini juga menyediakan pepes ikan, bebek goreng dan cumi saus inggris. kedai berkapasitas 50 orang ini buka mulai pukul 06.00 – 21 00 Nah.

Sumber di atas di ambil dari tabloid saji

Selamat pelisiran di Wisata Kuliner Banyuwangi (Baca Juga Tempat Wisata di Banyuwangi).


Pencarian terkait:

kuliner banyuwangi,wisata kuliner banyuwangi,kuliner di banyuwangi,bubur sumsum banyuwangi,tempat bukber di banyuwangi,rumah makan ketapang banyuwangi,makan siang enak di banyuwangi,kuliner yang ada di banyuwangi dekat pelabuhan ketapang,kuliner malam banyuwangi,wisata kuliner di banyuwangiPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *