Menu

Wisata Kopeng, Menikmati Indahnya Wisata Alam di Lereng Merbabu

Wisata Kopeng, Menikmati Indahnya Wisata Alam di Lereng Merbabu

kawasan wisata kopeng

kawasan wisata kopeng

Indonesia adalah suatu negara yang memiliki kekayaan alam, sehingga sayang sekali jika Anda melewatkannya. Kini sudah banyak informasi tentang berbagai obyek wisata alam di Indonesia yang dapat Anda peroleh, baik yang sudah dikenal luas seperti Bromo dan Puncak, atau yang masih belum begitu terkenal. Indahnya alam Wisata Indonesia kemudian memunculkan berbagai obyek wisata alam yang ikut mengembangkan suatu kawasan tertentu seperti desa atau kampung, sehingga kini dikenal istilah kampung atau desa wisata. Anda mungkin teringat pada Kaliurang yang berada di gunung Merapi, namun kali ini yang akan diulas adalah desa wisata kepunyaan gunung Merbabu, Desa Wisata Kopeng.

wisata kopeng

wisata kopeng

Kopeng sebenarnya merupakan nama sebuah desa yang berada di lereng gunung Merbabu, namun kini sudah dikembangkan menjadi suatu kawasan wisata alam. Pada kawasan wisata Kopeng ini terdapat dua kawasan yang dikelola oleh dua pihak yang berbeda. Kawasan pertama adalah kawasan wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani, yaitu kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Kawasan ini meliputi berbagai atraksi wisata seperti air terjun Umbul Songo, kolam renang Umbul Songo, bumi perkemahan Umbul Songo, dua buah wisma Perhutani yaitu Griya Wana Lestari, serta Kopeng Treetop Adventure, di mana Anda dapat memperoleh pengalaman wisata alam baru di area berpetualang seperti outbound.

hotel kartika wisata kopeng

hotel kartika wisata kopeng

Sedangkan pada kawasan kedua yang ada di desa wisata Kopeng ini adalah kawasan yang dikelola oleh Koperasi TNI AD, yakni Wisata dan Pemandian Hotel Kopeng (yang kini dinamakan Hotel Kartika Wisata). Kawasan wisata ini meliputi berbagai atraksi dan fasilitas wisata, seperti hotel Kartika Wisata Kopeng, kolam renang, villa atau wisma yang berada di sekitar gedung loby, lapangan bermain tennis, pasar sayuran serta cinderamata, dan taman bermain anak. Kawasan wisata yang paling sering dikunjungi di sini adalah kawasan pertama di mana terdapat kawasan hutan dan berbagai wahana alam yang sekaligus menjadi jalur pendakian untuk gunung Merbabu.

Kawasan wisata Kopeng ini berawal dari sebuah villa yang sudah dibangun di sini sejak tahun 1960-an, yaitu Villa Umbul Songo yang kini sudah berganti nama menjadi Villa Griya Wana Lestari yang terdiri dari dua buah unit. Villa ini sendiri dibangun dengan gaya arsitektur khas Belanda. Jika Anda sering mendengar nama Umbul Songo disebut-sebut pada artikel ini, jangan salah, Umbul Songo memang sangat erat hubungannya dengan kawasan wisata ini. Umbul Songo memiliki cerita sejarahnya sendiri di Kopeng.

umbul songo wisata kopeng

umbul songo wisata kopeng

Umbul Songo merupakan nama sebuah sumber mata air yang berada di kawasan Kopeng. Umbul Songo sendiri dinamakan dari arti sembilan (songo) mata air yang bermunculan. Walaupun dinamakan sembilan mata air, pada kenyataannya hanya satu buah mata air yang hingga kini masih bisa Anda lihat. Konon katanya, saat pertama kali ditemukan, sumber mata air ini memang yang paling besar, kemudian muncullah delapan mata air kecil lainnya. Namun kini kedelapan mata air kecil tersebut sudah tidak nampak wujudnya, hingga yang tersisa hanyalah Mata Air Umbul Songo sebagai sumber mata air terbesar. Selain itu, nama Umbul Songo juga kerap dikaitkan dengan Wali Songo, kesembilan wali penyebar agama Islam terkenal di Jawa. Konon katanya, Wali Songo sering mengadakan pertemuan di lereng-lereng maupun di gunung Merbabu sendiri. Maka dari itu, nama-nama Wali Songo pun diabadikan dengan puncak Kenteng Songo yang dapat Anda temui di gunung Merbabu.

Hal yang paling menarik untuk dinikmati di wisata Kopeng adalah hamparan hutan pinus yang seperti tak ada batasnya. Selain itu, udara yang sangat sejuk dan bersih akan sangat menyegarkan tubuh Anda untuk recharge kembali dari rutinitas membosankan di kota. Selain itu, ada juga sungai-sungai kecil yang mengaliri hutan pinus ini sehingga sangat kental nuansa alamnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak membawa kakek atau nenek Anda saat bepergian ke Kopeng, karena medan yang harus ditempuh di sini cukup melelahkan dan menguras tenaga. Jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda di tengah hamparan hutan pinus di sini, ya!


Pencarian terkait:

wisata kopeng,obyek wisata kopeng magelang,Indahnya kopeng,kopeng hotel tniPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *