Menu

Wisata Kaliurang,Menghirup Udara Segar di Yogyakarta

Wisata Kaliurang: Menghirup Udara Segar di Yogyakarta

Selamat datang di Yogyakarta! Ya, Kaliurang merupakan salah satu kawasan wisata terkenal yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Kaliurang menjadi terkenal salah satunya karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Merapi. Jika Anda menginginkan wisata alam yang menarik dan indah di Yogyakarta, Anda wajib melakukan berkunjung ke objek wisata Kaliurang. Selain keindahan dan keunikannya, Kaliurang juga menjadi tempat yang nyaman untuk berwisata karena udaranya yang sejuk dibandingkan pusat kota Yogyakarta yang cukup panas.

wisata kaliurang

wisata kaliurang

Kaliurang yang terkenal dengan pemandangan alam yang indah ternyata juga menjadi tempat berdirinya beberapa bangunan bersejarah di Yogyakarta. Salah satu dari bangunan bersejarah tersebut adalah Wisma Kaliurang. Konon katanya, di wisma ini pernah berlangsung Komisi Tiga Negara. Selain Wisma Kaliurang, Anda juga bisa berkunjung ke Museum Ulen, sebuah museum yang letaknya berada di bawah tanah. Menarik, ya? Selain lokasinya yang menarik, museum ini juga menyimpan banyak misteri kebudayaan serta nilai sejarah suku Jawa, terutama tentang hal-hal yang berhubungan dengan Keraton.

Kaliurang yang sudah berkembang menjadi kawasan wisata ini kini memiliki Taman Rekreasi Kaliurang, sebuah taman rekreasi yang dirancang untuk keluarga. Wisata Kaliurang pun jadi sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga Anda. Di sini Anda masih bisa menyaksikan keindahan alam khas Kaliurang, beserta udaranya yang sejuk dan menyegarkan. Terletak sekitar 28 km jauhnya dari pusat kota Yogyakarta, Taman Rekreasi Kaliurang memiliki sebuah kawasan air terjun yang dapat Anda nikmati sebagai wahana wisata bersama keluarga. Selain itu, tersedia juga berbagai wahana wisata lain di sebuah kawasan seluas 10,000 m2 ini, seperti perosotan, ayunan dan kolam renang mini. Oh iya, di taman ini, Anda dapat menemukan hal unik lain yaitu hiasan patung-patung jin yang ada di dongeng melegenda, 1001 Malam. Selain patung jin, Anda juga dapat menjumpai hiasan patung hewan.

Setelah puas berwisata di Taman Wisata Kaliurang, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 300 m saja dari sana untuk mengunjungi Taman Wisata Plawangan. Di sini, Anda bisa mengunjungi wahana wisata yaitu sebuah kolam renang besar yang memiliki air langsung dari mata air Bukit Lerang Plawangan. Menarik, bukan? Kolam renang alami ini dapat Anda jadikan alternatif setelah lelah bermain di Taman Wisata Kaliurang untuk bersantai. Kawasan yang masih alami memungkinkan Anda untuk berenang di alam bebas, di mana Anda masih bisa melihat beberapa monyet yang bergelantungan di pepohonan sekitar kolam renang. Pengalaman yang sangat seru, bukan? Kapan lagi berenang asyik di alam bebas?

Salah satu cara lain untuk menghabiskan waktu di Kaliurang adalah mengelilingi kawasan Kaliurang. Walaupun belum begitu paham dengan peta kawasan Kaliurang, Anda bisa dengan aman berkeliling di sini karena jalan-jalan di Kaliurang saling berhubungan. Di Kaliurang, Anda bisa menyaksikan keindahan puncak Gunung Merapi dan Kali Boyong yang pernah diterjang oleh awan panas atau wedhus gembel pada tahun 1994.

berkeliling di objek wisata kaliurang

berkeliling di objek wisata kaliurang

Jika Anda masih betah menghirup udara segar di Kaliurang, Anda bisa bermalam selama beberapa hari di sana. Kaliurang sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan seperti beberapa villa yang bisa disewa. Tarif penginapannya berbeda-beda, sesuai dengan ukuran dan fasilitas yang dimiliki villa. Tenang saja, di Kaliurang juga Anda bisa menjumpai beberapa warung makan yang bisa mengisi perut setelah menghabiskan waktu dengan wisata Kaliurang, kunjungi tempat rekreasi lain di tempat wisata di yogyakarta.


Pencarian terkait:

objek wisata kaliurangPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *