Menu

Menyingkap Keindahan Alam Nusantara di Wisata Kalimantan Selatan

Menyingkap Keindahan Alam Nusantara di Wisata Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah sebuah provinsi yang memiliki ibu kota Banjarmasin. Selain Banjarmasin yang sudah berkembang menjadi perkotaan, masih banyak daerah lain untuk wisata Kalimantan Selatan yang dapat dieksplor. Berikut ulasannya.

5 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Terpopuler

5. Cagar Alam Pulau Kaget (Barito Kuala)

Cagar Alam Pulau Kaget - Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Cagar Alam Pulau Kaget – Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Anda tentunya mengetahui salah satu maskot dari provinsi Kalimantan Selatan, bukan? Ya, Bekantan! Hewan kera dengan hidung panjang ini dapat Anda jumpai salah satunya di kawasan Cagar Alam Pulau Kaget. Pulau Kaget merupakan sebuah delta yang berada di tengah-tengah Sungai Barito. Secara administratif, Pulau Kaget berada di kawasan Tabunganen, Barito Kuala. Di kawasan cagar alam seluas 85 hektar ini, Anda bisa menemukan banyak pohon rambai padi, di mana tanaman tersebut adalah sumber makanan bagi bekantan. Selain bekantan, Anda juga dapat bertemu dengan beberapa jenis burung yang menarik.

4. Air Terjun Bajuin (Tanah Laut)

Air Terjun Bajuin - Tempat Wisata di Kalimantan selatan

Air Terjun Bajuin – Tempat Wisata di Kalimantan selatan

Jika Anda ingin melihat keindahan air terjun yang dimiliki Kalimantan Selatan, datanglah ke kabupaten Tanah Laut, tepatnya di kota Pelaihari. Di sini, Anda bisa menjumpai air terjun indah yang sangat megah dengan tiga bagian yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Anda bisa menempuh perjalanan untuk sampai ke air terjun yang paling tinggi, namun medannya yang cukup sulit akan mengharuskan Anda memiliki pengalaman serta skill trekking yang baik. Air yang mengalir dari air terjun ini sangat sejuk dan jernih, sehingga sayang jika Anda tidak menjamah air terjun ini. Selain itu, hiasan bebatuan besar semakin menambah cantik pemandangan Air Terjun Bajuin.

3. Pantai Pagatan (Tanah Bumbu)

Pantai Pagatan - Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Pantai Pagatan – Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Dari air terjun, kini kita beralih ke obyek wisata Kalimantan Selatan berbentuk pantai. Pantai Pagatan ini memiliki keindahan serta keunikan tersendiri, sehingga menjadi nilai tambah di mata wisatawan. Pantai Pagatan memiliki hamparan pasir kecoklatan halus yang sangat luas, air laut bewarna biru serta ombak laut yang relatif tenang. Hal unik dari Pantai Pagatan adalah upacara adat yang rutin dilakukan di sini, yaitu Maccera Tasi atau Pesta Laut. Upacara adat ini biasanya dilakukan pada pertengahan bulan April. Pesta Laut adalah bentuk rasa syukur warga atas hasil laut yang melimpah serta bentuk doa untuk perlindungan selama melaut. Puncak acara dari upacara ini adalah menghanyutkan saji-sajian yang sudah dibacakan mantra khusus sebelumnya ke tengah laut. Selain itu, Pesta Laut juga biasanya dimeriahkan oleh pertunjukkan seni tradisional seperti musik dan tarian.

2. Desa Haratai (Hulu Sungai Selatan)

Air Terjun Haratai - Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Air Terjun Haratai – Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Jika Anda ingin mendalami tentang budaya yang ada di Kalimantan Selatan, akan sangat cocok untuk Anda mengunjungi desa wisata ini. Desa Haratai merupakan sebuah desa yang dihuni oleh warga suku Dayak Meratus dan dapat dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan budaya suku Dayak. Selain itu, ada juga penduduk berdarah suku Banjar yang mendiami tempat ini. Desa Haratai adalah salah satu gambaran tentang kerukunan bermasyarakat antar agama dan suku di pedalaman Kalimantan, terlihat dari beberapa rumah ibadah masing-masing agama yang masih berdiri kokoh di sana hingga sekarang. Selain mendalami budaya, Anda juga dapat menantang adrenalin Anda di sini dengan bamboo rafting (mengarungi sungai dengan perahu bambu), berkemah, hiking serta trekking.

1. Pulau Sebuku (Kotabaru)

Pulau Sebuku - Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Pulau Sebuku – Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Tertarik untuk menjamah keindahan wisata bahari Kalimantan Selatan yang masih asri dan alami? Pulau Sebukulah jawabannya. Pulau ini merupakan sebuah pulau di kabupaten Kotabaru yang memiliki keindahan pantai super indah dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Uniknya, pantai di sini memiliki hamparan pasir yang warnanya agak kekuningan, sehingga semakin unik saat dipadukan dengan hamparan laut bewarna biru jernih. Untuk dapat mencapai pulau ini, Anda bisa menempuh perjalanan laut dari Kotabaru dengan speed boat untuk menyusuri Sungai Bali.

Nah, bagaimana dengan ulasan wisata Kalimantan Selatan di atas? Sangat seru dan menantang, bukan?


Pencarian terkait:

KEINDAHAN KALIMANTAN SELATAN,WISATA DI KALSELPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *