Menu

Wisata Pacet, dari Kecamatan Menjadi Kawasan Wisata

Wisata Pacet, dari Kecamatan Menjadi Kawasan Wisata di Mojokerto

tempat wisata di pacet

tempat wisata di pacet

Berbagai obyek wisata yang ada di Indonesia memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. Indonesia adalah sebuah negara yang dikaruniai oleh kekayaan alam dengan berbagai potensinya. Berbagai potensi alam ini banyak yang sukses dikembangkan menjadi obyek wisata alam, yang kini banyak digemari oleh keluarga karena dapat dinikmati oleh semua kalangan umur. Ada banyak pilihan wisata alam yang dapat memberikan pengalaman berbeda di Indonesia. Salah satu wilayah yang paling memukau wisatawan dengan keindahan kekayaan alamnya adalah Jawa Timur. Rumah bagi Malang, gunung Bromo, dan atraksi wisata alam lainnya ini adalah kawasan yang memiliki potensi alam yang baik, baik di dataran rendahnya maupun di dataran tinggi. Seringkali dataran tinggi menjadi pilihan banyak wisatawan, karena udaranya yang sudah pasti sejuk dan pemandangan alam di bawahnya. Salah satunya di Jawa Timur, tepatnya di Mojokerto adalah Wisata Pacet.

Bukan, maksudnya bukan lintah yang suka menempel pada kulit saat pendakian gunung. Pacet di sini adalah sebuah kecamatan yang terdaftar di kabupaten Mojokerto. Kecamatan Pacet sendiri berada di sebelah timur dari pusat kota Mojokerto. Kecamatan Pacet berbatasan dengan kecamatan Gondang di sebelah barat, kecamatan Trawas di sebelah timur, kecamatan Kutorejo di sebelah utara dan kota Batu, Malang, di sebelah selatan. Anda bisa mencapai kawasan wisata Pacet dengan berkendara sejauh 32 km dari pusat kota Mojokerto atau sekitar 1 jam berkendara. Medan untuk dapat sampai ke kecamatan ini pun sudah baik, sehingga dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan. Pacet ini sendiri berada di ketinggian mencapai kurang lebih 600 meter di atas permukaan laut. Hal ini menjadikan Pacet sebagai kawasan yang berudara sejuk serta kawasan wisata yang diperhitungkan di Jawa Timur.

Tempat Wisata di Pacet Menghadirkan Suasana yang sejuk

wisata pacet

Panorama wisata pacet

Daerah yang pernah menjadi salah satu penghasil bawang putih terbesar di Jawa Timur ini memiliki banyak potensi wisata alam, selain keberadaannya sendiri yang berada di dataran tinggi. Pacet didominasi oleh daerah pertanian, karena kesuburan tanahnya yang berasal dari letak kecamatan di tengah-tengah tiga gunung berapi. Maka dari itu, Anda akan menyaksikan hamparan sawah khas pedesaan yang indah saat berkunjung ke sini. Selain daerah pertanian, Pacet juga memiliki obyek wisata alam lain seperti pemandian air panas, arung jeram, air terjun, serta kolam renang. Dari sejumlah obyek wisata alam tersebut, pemandian air panaslah yang paling terkenal di Pacet.

Pemandian Air Panas Wisata di Pacet

Pemandian Air Panas Wisata di Pacet

Pemandian air panas sebagai bagian dari wisata Pacet ini berada di ketinggian mencapai 925 mdpl, sehingga udaranya sangat sejuk atau dingin (jangan lupa membawa pakaian tebal!). Berada di lahan seluas 99,7 hektar, pemandian air panas ini dikelilingi oleh kawasan hutan pinus, sehingga di perjalanan Anda akan disambut oleh sederetan pohon pinus. Pemandian air panas Pacet ini memiliki air panas yang bersumber dari gunung Welirang. Walaupun dinamakan pemandian air panas, wisata pemandian ini juga memiliki kolam renang air dingin atau biasa, yang ditujukan untuk anak-anak atau pengunjung yang tidak biasa dengan hangatnya air yang ada di sini. Selain itu, tersedia juga dua kolam yang berdampingan dengan suhu yang berbeda. Pemandian air panas ini menyediakan air dengan suhu paling panas 40 derajat C, hingga yang paling dingin adalah 30 derajat C. Masing-masing kolam pemandiannya dapat menampung hingga ratusan pengunjung.

coban cangu,wisata pacet

coban cangu,wisata pacet

Selain pemandian air panas tersebut, Pacet masih memiliki atraksi wisata lain seperti air terjun Coban Canggu yang sangat indah dengan ketinggian air terjunnya. Ada juga Makam Krapyak, Taman Hutan Rakyat yang dijadikan wisata arung jeram, serta Pacet Mini Park. Oh iya, Pacet juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang lengkap, mulai dari pusat layanan seperti keamanan pengunjung, penginapan berupa hotel berbintang atau villa, infrastruktur jalan yang mulus, serta akses angkutan umum yang sudah tersedia. Semua fasilitas ini menjadikan wisata Pacet benar-benar dapat diperhitungkan sebagai destinasi wisata alam baru yang menyenangkan dan menarik di Jawa Timur!


Pencarian terkait:

pantai pacet,pantai di pacet,apa dipacet terkenal kuku mrotoliPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *