Menu

Wisata di Kalimantan

Kalimantan Menghadirkan berbagai wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, berikut kami sampaikan beberapa ulasan menarik wisata di kalimantan , diantaranya :

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung di timur selatan Kalimantan, meliputi wilayah sekitar 300-400 hektar. Taman dilapisi dengan saluran besar lahan basah, dataran rendah, hutan hujan tropis yang menyediakan tempat berkembang biak bagi makhluk hidup macam unggas air. Flora dan Fauna

Jenis pohon yang biasa ditemukan seperti; ramin, meranti, jelutung, kerwing, ulin (kayu besi). Taman juga dihuni oleh orangutan liar, bekantan, kera ekor panjang, burung termasuk; rangkong, , beo, dan lebih dari 220 spesies burung lainnya. Selain itu, jenis fauna yang terlihat sesekali; ungko, siamang abu-abu, monyet daun merah, beruang madu Malaya, biawak, dan buaya. Sungai terpasang dengan rawa dan danau untuk mendukung kehidupan banyak spesies ikan.salah satu wisata indonesia terbaik

taman nasional tanjung puting copy

taman nasional tanjung puting copy

Rekreasi di taman
Kegiatan rekreasi di taman dilakukan untuk menikmati alam panorama dan hewan unik. Para rute ini adalah rute sepanjang jalan melalui Teluk Kumai dan Sungai Sekonyer;

Kumai-Tanjung Harapan
Hutan mangrove, hutan sawit, hutan sekunder, bayi orangutan, dan lumba-lumba muncul sesekali di Teluk.

Tanjung Harapan adalah zona yang dikembangkan untuk eco wisata dengan pusat informasi di dalamnya. Rehabilitasi Orangutan dengan klinik hewan juga ditemukan di sini. Guesthouse dan camping ground juga tersedia di salah satu wisata di kalimantan ini.

Pondok Tanggui-Camp Leakey-Tanjung Harapan
Vegetasi hutan rawa, pinus, orangutan liar, bekantan, burung, babi hutan, rusa, biawak, dan buaya ditemukan sesekali.

Pondok Tanggui adalah zona yang dibuka untuk rehabilitasi orang utan. Daerah dihuni oleh rusa, babi hutan, dan jenis burung. Pondok Tanggui terhubung ke Tanjung Harapan melalui jalur dengan 25 km sekitar, baik untuk trekking atau hiking.

Camp Leakey adalah zona penelitian untuk pusat rehabilitasi orang utan dan sebagai tujuan wisatawan untuk menonton orang utan liar yang direhabilitasi, monyet ekor panjang,berbagai jenis burung, hutan dataran rendah, dan vegetasi rumput rawa dan pinus. Terletak di sekitar 30 menit dari cabang sungai Sekonyer. Selama bertahun-tahun, kamp telah melayani upaya penelitian beberapa ilmuwan dan mahasiswa. Wisatawan dapat berjalan jalan sesuai jalur dari sistem tanpa mengganggu kegiatan penelitian.

Pondok Tanggui-Natai Lengkuas
Vegetasi rawa dan hutan dataran rendah yang dihuni oleh bekantan, kera ekor panjang dan jenis burung.

Natai Lengkuas adalah zona bekantan, monyet abu-abu, dan jenis burung. Tempat kunjungan bagi wisatawan dengan pemandangan sungai Sekonyer dan menembus hutan melalui jalan setapak.

akomodasi
Akomodasi di taman diperbolehkan di Pondok Rimba atau di Houseboat. Pondok Rimba terletak di sisi sungai Sekonyer, pondok memiliki 30 kamar (15 kamar zamrud, safir 6, dan 14 ruby) termasuk single, tempat tidur ganda dan tambahan. Pondok dapat ditempuh sekitar 2 jam dengan perahu dari pelabuhan Kumai.

Akomodasi lainnya adalah rumah kapal. Perahu adalah 6m x 2m dengan atap yang membentuk dek atas di mana wisatawan dapat melihat pemandangan. Tim panduan termasuk tukang perahu, masak, dan panduan ahli. Makanan yang disediakan di papan. kasur, bantal, makanan enak, air botol mineral, kelambu, dapur dan toilet yang tersedia di rumah perahu. Beberapa wisatawan lebih memilih untuk tidur di perahu karena mereka dapat meneliti hewan disekitar perahu.

Akses ke Pangkalan Bun

Taman Nasional Tanjung Puting adalah wisata di kalimantan wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, modal adalah Pangkalan Bun. Perjalanan menuju taman nasional dimulai dari bandara kemudian menuju ke pelabuhan Kumai dengan menggunakan mobil, memakan waktu sekitar 20 menit. Penerbangan ke Pangkalan Bun tersedia setiap hari yang disediakan oleh Trigana udara.

Pangkalan Bun bisa dicapai dengan transportasi darat, membutuhkan waktu sekitar 14 jam dari Banjarmasin. Kapal dari Jawa juga tersedia.

berikutnya -> Wisata di Kalimantan Selatan


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *