Menu

Wisata Seru Ke Danau Singkarak yang Indah

Wisata Seru Ke Danau Singkarak yang Indah

Danau Singkarak merupakan satu dari jajaran daun tercantik yang terletak di wilayah Sumatera Barat. Bukan hanya keindahan danaunya saja yang bisa dinikmati, kita bisa mendapatkan hiburan lain, seperti mencicipi ikan bilih atau memancing ikan secara langsung. Danau yang cantik ini termasuk dalam dua wilayah dari Kabupaten di Sumatera Barat, yakni Tanah Datar serta Solok. Danau cantik ini memiliki luar 107,8 kmĀ², salah satu ciri khas dari danau cantik ini adalah ikan bilih, merupakan salah satu biota asli yang hidup di danau. Anda yang tertarik untuk melakukan travelling ke Sumatera Barat, bisa mencoba untuk mengunjungi danau cantik ini. Berikut ini informasi ringan seputar danau yang cantik di Sumatera Barat:

wisata danau singkarak

wisata danau singkarak

Awal mula terkenalnya danau

Keindahan objek wisata di indonesia ini untuk yang pertama kali dikenal luas oleh masyarakat Indonesia pda tahun 1905, dikenal luas melalui jurnal biologi milik dari Ernst Haeckel yang merupakan seorang peneliti yang berasal dari Jerman. Disaat kita duduk di pinggir danau menikmati indahnya danau, kita akan melihat panorama indah dengan perbukita hijau yang ada di sekitar danau. Air danau terlihat bening dan bersih.

Termasuk danau tektonik

Danau yang cantik ini memiliki kedalaman 268 meter dan juga berada tepat di atas ketinggian 363,5 mdpl. Danau yang cantik ini masih termasuk ke dalam danau tektonik yang diperkirakan tercipta karena terjadinya pergeseran lempeng bumi.

Ikan bilih

Selain keindahannya, ciri khas lain dari danau Singkarak adalah ikan bilih. Ikan bilih merupakan ikan khas yang berasal dari danau yang indah ini yang biasa dipancing oleh masyarakat sekitar untuk dimasak dan dikonsumsi sendiri atau dijual di pinggir jalan, ikan bilih seringkali dijuluki dengan nama ikan teri darat. Banyak sekali, jenis olahan ikan bilih yang dijajakan di warung, ada yang masih basah dan ada pula yang sudah matang. Ikan bilih terasa gurih dan lezat, bisa disimpan di dalam lemari es selama satu minggu atau lebih, untuk harganya, ikan bilih dijual dengan harga Rp. 50.000-70.000 Kg. Untuk menangkap ikan bilih, Anda tidak memerlukan teknik yang sulit, karena ikan ini hampir selalu bergerombol sehingga kita mudah untuk menangkapnya dalam jumlah yang cukup besar. Ikan bilih goreng adalah makanan khas dari danau ini yang seringkali dijual di Pasar Ombilin yang terletak cukup dekat dari lokasi danau.

Hanya 19 jenis ikan

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ikan air tawar yang hidup di danau yang luas dan cantik ini tidaklah banyak, tidak lebih dari 19 jenis ikan. Dan salah satu yang paling banyak adalah ikan bilih, ikan nilem serta rinuak. Kegiatan memancing akan lebih menyenangkan karena indahnya latar Bukit Barisan yang hijau yang bisa kita abadikan dengan kamera.

Aktivitas menyenangkan di danau

panorama danau singkarak

panorama danau singkarak

Danau yang indah yang luasnya terus bertambah ini bisa kita nikmati dengan berbagai cara unik dan menarik, mulai dari berenang, menaiki sampan dan keliling danau sampai memancing di tepi danau atau bahkan ikut menangkap ikan dengan nelayan setempat baru kemudian memasak ikan hasil tangkapan.

Berlibur di Sumatera Barat akan semakin menyenangkan dan tidak terlupakan disaat Anda mengunjungi danau Singkarak yang indah dengan latar Belakang Bukit Barisan yang cantik yang mana akan memanjakan mata dan membuat kita merasa lebih rileks. Danau ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata ketika Anda hendak berlibur ke Sumatera Barat.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *