Menu

Wisata Bukit Tinggi Padang

Wisata Bukit Tinggi Padang

Great Wall of Kota Gadang, Magnet Anyar Ngarai Sianok

Warna Beijing Rasa Bukit Tinggi

Ngarai Sianok adalah keajaiban alam yang seolah tiada habisnya dijelajahi. Bukit Tinggi Padang, kota di sisi ngarai elok itu, kini memiliki jujukan wisata anyar. Great Wall of Koto Gadang, tembok sepanjang 1,5 kilometer, yang berada di sekitar ngarai, mulai menggeliat sebagai destinasi wisata alternatif.

Bukit Tinggi Padang

great wall of koto gadang,wisata bukit tinggi padang

Aliran pengunjung mendaki Great Wall of Koto Gadang, Wisata Bukit tinggi Padang. Tempat wisata anyar itu sudah memikat perhatian khalayak. .sumber gambar : google.co.id

SUMATERA Barat dan Ngarai Sianok memang tidak bisa dipisahkan. Ngarai dengan kedalaman sekitar 100 meter, bentangan sejauh 15 kilometer, dan jurang pemisah tebing selebar 200 meter itu sudah lama menjadi ikon alami provinsi tersebut.

Ngarai tersebut membatasi Kota bukit tinggi dan Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Keelokan batang (Sungai) Sianok di dasar ngarai membentuk landscape yang menakjubkan pada ukiran alam maharaksasa itu.

Tak heran, Ngarai Sianok begitu menonjol sebagai ikon wisata di indonesia. Ia bukan milik bukit tinggi, bukan pula kepunyaan Kabupaten Agam. Ngarai besar itu menjadi milik bersama serta kebanggaan orang-orang Minang. Tentu orang Indonesia pada umumnya. Hingga saat ini aliran turis seakan tidak pernah mandek menikmati ngarai besar tersebut. Mereka berhenti di anjungan pandang untuk melihat tebing yang nyaris tegak lurus berhadap-hadapan. Bukan sekadar turis, banyak juga fotografer atau pelukis yang berhenti untuk menyecap inspirasi dari Ngarai Sianok.

Kota-kota yang tumbuh di sekitar ngarai pun tidak ketinggalan ikut memanen tuah turisme itu. Contohnya wisata bukit tinggi. Kota yang dibangun di ujung Ngarai Sianok tersebut mewarisi kontur naik-turun ngarai. Tidak heran, bukit tinggi dijuluki sebagai Kota Seribu Janjang (anak tangga). Ada Lobang Jepang, gua peninggalan Nipon yang terletak di sekitar ngarai. Begitu pula Jam Gadang, ikon bukit tinggi, yang hanya berjarak sepelemparan batu dari lembah dahsyat itu.

Nah, sejak 27 Januari 2013, bukit tinggi punya Great Wall of Koto Gadang. Panjang tembok itu 1,5 kilometer, menghubungkan Kabupaten Agam dengan Kota bukit tinggi. Memang, jika dibandingkan dengan Wanli Changceng (Tembok Raksasa) di Tiongkok, punya bukit tinggi itu enggak ada apa-apanya. Di negeri aslinya, tembokraksasa membentang sejauh lebih dari 21 ribu kilometer atau hampir 20 kali jarak Aceh-Lampung.

Great Wall of Koto Gadang dilengkapi seribu janjang. Lokasi ivisata itu hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Lobang Jepang dan 3 kilometer dari Jam Gadang. Wisatawan yang melancong ke objek wisata tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Saat memasuki lokasi, para turis akan disuguhi jalan yang menurun dan berkelok-kelok. Sepanjang perjalanan, bersiap- siaplah terpana menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan. Mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan alam Ngarai Sianok serta aliran sungai nan berliku-liku di bawahnya. Selain itu, ada hiasan hijau per­sawahan dan tebing-tebing besar nan memesona.

great wall of koto gadang,wisata bukit tinggi padang

Ada sekitar seribu anak tangga di sepanjang Great Wall of Koto Gadang. Untu mendakinya, memang perlu persiapan fisik. Jangan takut, ada sudut-sudut istirahat yang bisa dipaka Setelah itu, kelelahan pun terbayar lunas dengan keindahan alamnya.,wisata bukit tinggi padang.sumber gambar : google.co.id

Di tengah-tengah Great Wall of Koto Gadang, juga terdapat jembatan gantung dengan ketinggian sekitar 100 meter. Jembatan itu hanya bisa dilalui maksimal 10 orang. Disarankan, sebelum menjelajahi Great Wall of Koto Gadang tersebut, persiapkan fisik sebaik-baiknya. Sebab, medan yang dilalui cukup menan­tang. Yakni, mendaki, menurun, dan berkelok dengan anak tangga yang sedikit curam.

Namun, jika Anda lelah, di beberapa titik disiapkan pos-pos sebagai tempat beristirahat sejenak untuk melepas lelah. Tapi, jangan lupa, Anda harus menyediakan air minum supaya tenggorokan tidak kering selama berada di sini.

Selama di kawasan itu, wisatawan bisa mengabadikan momen penting melalui jepretan kamera layaknya berpose di tembok besar Tiongkok.

Anda ingin ke sini? Jembatan itu terletak sekitar 90 kilometer dari ibu kota provinsi, Padang. Tentu sarana transportasinya adalah jalur darat dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Selama dalam perjalanan tersebut, pemandangan alam menakjubkan akan membuat Anda terkagum-kagum. Anda berminat ?

 Akses Menuju Wisata Bukit Tinggi Padang

  • Dari kota-kota di kawasan utara dan barat Sumatera, Bukit tinggi Padang relatif mudah dijangkau. Hampir seluruh bus lintas Sumatera melewati Terminal Buki ttinggi. Misalnya, dari Medan, Pekanbaru, Jambi, Padang, atau kota-kota lain.
  • Lewat Udara Padang adalah persinggahan yang paling pas. Mendarat saja di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Bukittinggi akan mudah dijangkau
  • Dari bandara, ada taksi dengan banderol sekitar Rp 200 ribu menuju ke Bukittinggi yang lioilumk sokitar 90 kilometer (waktu tempuh tiga jam).

  • Ada angkutan umum dan travel dengan kisaran harga Rp 16 ribu hingga Rp 50 ribu dari bandara di Padang.
  • Aneka hotel murah di bukit tinggi dapat ditemui di pusat Kota Bukittinggi.Kisaran harganya mulai Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribu. Baik yang berkamar mandi luar maupun dalam.

Aktifitas Rekreasi Wisata Bukit Tinggi Padang

Sejumlah tempat rekreasi di Wisata Bukit tinggi bisa dijangkau dalam waktu singkat. Jaraknya tidak jauh dari pusat kota. Di antaranya:

Jam Gadang    (Baca Juga Tempat wisata di padang)

Ngarai Sianok. Bisa memandang anjungan pandang di Taman Panorama. Kalau mau, wisatawan bisa berjalan kaki dari Jam Gadang. Sekitar lima menit sudah sampai.

Berjalan-jalan di Benteng Fort de Kock atau Kebun Binatang Bukittinggi.

Menikmati sensasi misteri Lobang Jepang. Berjalan-jalan di Great Wall of Koto Gadang yang baru diresmikan setahun silam.

Selamat Berjalan jalan di wisata bukit tinggi padang ! (baca juga wisata sumatera utara)


Pencarian terkait:

wisata bukittinggi,wisata bukit tinggiPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *