Menu

Serunya Wisata Bandungan, Wisata di Atas Bukit

Serunya Wisata Bandungan, Wisata di Atas Bukit

Selamat datang di Semarang! Kota yang berada di Jawa Tengah ini termasuk kota yang cukup terkenal di Wisata Indonesia. Berbagai destinasi wisata yang ada di Semarang mampu menarik perhatian wisatawan sehingga ingin bertualang di sini. Asal usul nama Semarang sendiri datang dari Raden Kaji Kasepuhan, yaitu seorang tokoh yang mendirikan Semarang. Konon katanya, di Semarang ini beliau menjumpai deretan pepohonan asam, sehingga munculah kata ‘asem’ (yang dalam bahasa Jawa berarti pohon asam), dan ‘arang-arang’ (yang dalam bahasa Jawa berarti berjajar jarang), menjadi Semarang, yaitu pohon asam yang berderet jarang. Walaupun cuacanya seringkali panas, Semarang juga memiliki caranya sendiri untuk tetap menghibur Anda di bawah sinar terik matahari. Ada banyak sekali obyek wisata di Semarang yang dapat Anda eksplor. Dari banyaknya obyek wisata di Semarang, salah satu yang menarik adalah wisata Bandungan.

wisata bandungan

wisata bandungan

Banyak sekali obyek wisata yang dapat Anda temukan di Semarang, seperti Lawang Sewu, bangunan mistis yang keberadaannya sangat populer di Indonesia. Ada juga Tugu Muda yang menjadi saksi bisu dari perjuangan rakyat Semarang melawan penjajah Belanda. Namun mungkin Anda belum pernah mendengar obyek wisata yang satu ini, Bandungan. Namanya mirip seperti sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kotanya. Namun bukan, yang satu ini adanya di Jawa Tengah, dan merupakan sebuah kawasan pegunungan yang ada di Semarang. Bandungan tepatnya berada di sebelah selatan pusat kota Semarang, dan berada di kaki gunung Ungaran atau termasuk area Semarang atas. Bandungan ini menjadi menarik karena merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di kaki gunung, sehingga sangat seru untuk berwisata dengan pemandangan alam serta udara yang sejuk.

Bandungan ini merupakan sebuah kecamatan yang terdaftar pada kabupaten Semarang. Awalnya, Bandungan adalah sebuah sentra jual beli berbagai jenis sayur dan buah yang berasal dari petani asli di Semarang, dan ditujukan untuk memasok sebagian besar wilayah di Semarang. Letak Bandungan yang berada di dataran tinggi menjadikannya ideal sebagai kawasan untuk budi daya sayur mayur serta buah-buahan. Bandungan pun kemudian memiliki sebuah pasar sayur dan buah yang sukses menarik perhatian wisatawan yang singgah di Semarang. Hal ini karena sayur dan buah yang dijual di Bandungan terjamin kesegaran dan kualitasnya. Selain pasar Bandungan, pemerintah setempat kemudian membangun potensi alam lain yang dimiliki wisata Bandungan untuk dijadikan destinasi wisata baru di Semarang.

Selain berburu sayur dan buah segar yang harganya relatif murah, di Bandungan juga Anda dapat melakukan aktivitas wisata sejarah dan budaya. Kecamatan Bandungan memiliki sebuah komplek candi, yaitu Candi Gedung Songo, yang bisa Anda capai hanya dengan berjalan kaki sebentar dari pasar Bandungan. Candi Gunung Songo ini sendiri unik karena memiliki jumlah bangunan mencapai sembilan, namun letaknya berjauhan alias tidak berkumpul dalam satu area komplek candi. Untuk menikmati kecantikan candi berlatar alam, Anda bisa sambil menunggang kuda sewaan.

wisata bandungan - candi songo

wisata bandungan – candi songo

Selain Candi Gunung Songo, wisata Bandungan masih memiliki atraksi seru, yaitu Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti merupakan sebuah obyek wisata outbond di mana Anda dapat menikmati berbagai permainan seru yang memicu adrenalin. Beberapa permainan yang disediakan di Umbul Sidomukti di antaranya adalah flying fox, meniti jembatan tali di antara dua bukit berjurang terjal, kolam renang bertingkat di lereng bukit, dan masih banyak permainan lainnya. Sangat unik jika Anda berkunjung ke sini karena sambil memicu adrenalin, Anda akan ditenangkan oleh pemandangan indah alam gunung Unggaran yang cantik.

wisata bandungan - umbul sidomukti

wisata bandungan – umbul sidomukti

Selain Umbul Sidomukti, Anda masih bisa menjumpai banyak obyek wisata seru di Tarakan seperti taman bunga, air terjun, hingga bangunan mewah yang sangat cantik. Bangunan cantik ini bernama La Kana Chapel, dan asyiknya, bangunan yang menghadap langsung ke panorama pegunungan ini dapat disewa khusus untuk acara pernikahan Anda. Akan jadi pernikahan yang sangat menarik bukan, menikah di atas bukit?


Pencarian terkait:

wisata bandunganPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *