Menu

Wisata Balikpapan

Tempat Wisata Balikpapan Yang Menakjubkan

Kota Wisata Balikpapan terletak di Kalimantan Timur ini terkenal dengan biaya hidupnya yang paling mahal di Indonesia. Terletak di pantai tenggara Kalimantan Timur yang menghadap Selat Makassar, Selain itu, kota ini juga terkenal dengan hasil minyak bumi  yang melimpah ruah. ulang tahun kota yang jatuh pada tanggal 10 Februari, pada kenyataannya merayakan pengeboran minyak pertama yang dilakukan di wilayah tersebut, yang dikenal sebagai “Mathilda”.

Balikpapan, seperti kota di Pekanbaru di Riau di Sumatera, lebih dikenal untuk minyaknya dan tempat wisata Balikpapan tersebut. Industri minyak dan pertambangan lainnya adalah alasan mengapa hampir semua maskapai penerbangan domestik terbang ke Balikpapan daripada ibukota provinsi Samarinda. Sebab, itu adalah di Balikpapan mana mengumpulkan komunitas bisnis asing minyak Indonesia dan pertambangan. Ekspor dari Balikpapan adalah terutama minyak, gas alam dan batu bara, sementara hasil pertanian mengambil tempat kedua.

Karena itulah, kota Balikpapan juga menjadi salah satu kawasan bisnis paling besar di Indonesia. Namun, ternyata Balikpapan juga menyimpan objek wisata dengan panorama yang mengagumkan sehingga dapat membuat pikiran anda menjadi lebih rileks dan tenang.

Tiga pantai yang paling populer di sini adalah pantai Kemala di batas kota, pantai Manggar, terletak sekitar 17 km. timur dari Balikpapan, dan pantai Segara Sari, sedikit lebih lanjut Timur dari sini. Manggar pantai dilengkapi dengan taman rekreasi, sangat populer dengan seluruh keluarga.

Untuk melihat satwa liar, ada Sungai Wain Hutan Lindung. Meliputi luas hutan sekitar 10.000 hektar dihuni habitat sejumlah hewan langka, seperti disebut Beruang Madu (beruang madu) yang dikenakan matahari endemik ke daerah, orang utan dan bekantan, yang disebut Bekantan. Cadangan sungai Wain, apalagi, rumah sejumlah tanaman langka

Beberapa tempat wisata tersebut bisa menjadi pilihan sebagai tempat beristiarahat setelah menjalani berbagai macam urusan bisnis anda. Namun, untuk anda yang beru pertama kali datang ke Balikpapan dan ingin berlibur, maka anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tempat wisata yang terdapat di kota Balikpapan, silakan disimak ya.

Hutan Lindung Sungai Wein, Wisata Balikpapan Habitat Bagi Satwa langka

Hutan lindung ini memiliki beberapa satwa yang dilindungi . Kawasan konservasi seluas 10.000 hektar di sebelah Utara Balikpapan ini menjadi habitat alami bagi orang utan, beruang madu, dan bekantan.Namun, hewan tersebut memang tidak selalu memperlihatkan dirinya sehingga sangat jarang terlihat oleh mata pengunjung.

hutan lindung sungai wain,wisata balikpapan

hutan lindung sungai wain,wisata balikpapan, sumber gambar : google.co.id

Luas hutan ini mencapai 10.000 hektar dengan banyak pepohonan di dalamnya. Selain hewan, di hutan ini juga terdapat tanaman yang dilindungi seperti kantung semar. Jika Pengunjung mengerjakan aktifitas berjalan menuju sungai menggunakan perahu dipastikan pengunjung bisa menyaksikan binatang  berjalan di sekitar sungai.

sungai wain,wisata balikpapan

sungai wain,wisata balikpapan. sumber gambar : google.co.id

Hutan Wana Wisata

Hutan yang memiliki luas 15 hektar ini seringkali dijadikan tempat wisata keluarga. Namun, untuk mencapai tempat ini sebaiknya menggunakan mobil pribadi, karena tempat ini agak sulit terjangkau jika menggunakan kendaraan umum. Biaya masuknya juga sangat murah, hanya Rp 1.000 per orang dan Rp 3.000 per mobil.

Hutan Wana Wisata, wisata balikpapan

Hutan Wana Wisata, wisata balikpapan

Penangkaran Buaya Teritip

Tempat ini memiliki luas 6 hektar dan memiliki 3000 ekor buaya yang dirawat dengan baik. Selain buaya, di penangkaran ini terdapat hewan jenis lain seperti kura-kura, gajah, dan kera.

Penangkaran Buaya Teritip.wisata balikapan

Penangkaran Buaya Teritip.wisata balikapan

Selain itu, anda juga bisa memberi makan buaya dengan 1 ekor ayam. Hal ini dapat menjadi sensasi tersendiri untuk anda saat memberikan makan buaya.

Pantai Kemala, Wisata Balikpapan yang Eksotis

Lokasi wisata selanjutnya yaitu Pantai Kemala. Pantai yang terletak di Jl. Sudirman ini memiliki keindahan laut yang memukau. Selain itu, hamparan pasir yang halus bisa menjadi tempat bersantai saat berada di pantai ini.

pantai kemala. wisata balikpapan

pantai kemala. wisata balikpapan. sumber gambar : google.co.id

Pantai Kemala juga sering dipenuhi pengunjung pada sore hari karena banyak dari mereka yang ingin melihat matahari terbenam di selat makassar.Pantai ini terkenal dengan sebutan Pantai Kemala Polda dan yang paling mudah dijangkau yang berlokasi di Jalan Sudirman.

Taman Bekapai

Taman Bekapai. wisata balikpapan

Taman Bekapai. wisata balikpapan

Taman ini memiliki tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Pada bagian tengah taman ini terdapat air mancur. Pada malam hari taman ini dihiasi banyak lampu sehingga terlihat lebih indah dan menarik.

Lokasi lain wisata balikpapan yang menarik : Pantai Melawai , Wisata Balikpapan yang eksotis

Anda bisa memilih tempat wisata di Balikpapan yang telah disebutkan di atas sesuai dengan keinginan anda dan keluarga. Saran saya, sebaiknya jangan lupa untuk membawa kamera supaya tidak ketinggalan momen berharga bersama keluarga saat berlibur ke tempat-tempat tersebut yang menjadi destinasi wisata di indonesia. Semoga informasi mengenai tempat paling keren di wisata Balikpapan dapat bermanfaat untuk anda.


Pencarian terkait:

wisata balikpapan,tempat wisata di balikpapan,tujuan wisata di balikpapan,hutan di balikpapan,pantai polda balikpapan,tempat rekrasi wisata kalimantan tengahPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *