Menu

Wisata Ubud, The Real Culture of Bali

Wisata Ubud, The Real Culture of Bali

Nikmati Alam, Belajar Seni

Bali tidak hanva memiliki pantai yang indah. Pulau Dewata juga memiliki Banyak daya tarik lain yang berupa panorama alam, seni, dan kebudayaan. Itu semua terdapat di Ubud.

UBUD adalah desa di daerah Kabupaten Gianyar, Bali. Berbicara tentang budaya Bali tidak lepas dari Ubud. Berbicara tentang seni Bali tidak lepas dari Ubud. Jika berbicara tentang keindahan alam Bali, pasti muncul juga nama Ubud.

taman wanara wana. wisata ubud

taman wanara wana. kawasan wisata ubud sumber fotowisata.com

Dengan alam yang masih alami serta kehidupan masyarakat Ubud yang masih kental dengan budaya Bali, boleh dibilang daerah itu adalah tempat yang sempurna untuk Anda yang ingin menikmati suasana Bali yang tenang dan keramahan penduduk Bali dengan budaya seni yang beragam. “Ubud adalah the real culture Bali’

Sangat gampang untuk para traveler menuju daerah tersebut. Dari Bandara Ngurah Rai yang sekarang tidak kalah dengan bandara internasional di wilayah Asia, Ubud berjarak sekitar 25 km dengan menempuh waktu satu jam. Jika kita belum rental mobil, transportasi utama hanya taksi bandara.

Yang ingin menikmati liburan spesial, yakni berlibur sambil belajar dengan mendapatkan pengetahuan tentang seni dan budaya Bali, disarankan mencari penginapan di desa yang asri itu. Banyak pilihan untuk mendapatkan hotel atau homestay. Mereka yang berkantong tebal bisa mencari hotel atau vila dengan harga mulai Rp 700 ribu per hari. Sementara itu, para backpackers dapat menginap di homestay di perkampungan. Harganya pun relatif murah, mulai Rp 200 ribu per malam, included sarapan. “Jadi, jangan berpikir di Ubud biaya hidup mahal,” ujar Ali.

Tinggal di homestay, tambah pria asal Samarinda, Kaltim, malah banyak dicari turis asing. Mereka dapat merasakan langsung kebudayaan Bali. Sebab, banyak homestay yang menjadi satu dengan tempat tinggal pemilik. “Karena itu, para turis asing longstay di Ubud. Minimal sepekan,” tuturnya.

Pada saat berada di Ubud, para pelancong dapat menikmati banyak kegiatan dan tujuan wisata. Wisata alam bisa tracking di persawahan berbentuk terasering atau terkenal dengan sistem subak. Pelancong dapat menikmati jalanan Ubud dengan bersepeda. Apalagi MarkPlus yang bekerja sama dengan Museum Puri Lukisan mempunyai paket Cycling Love in Ubud.

Paket tersebut melintasi jalanan yang dilalui Julia Roberts saat memerankan Elizabeth Gilbert,penulis novel Eat, Pray, Love. Para pelancong bisa melih at tempat tinggal Elizabeth di tengah persawahan hingga bertemu dengan Ketut Iiyer, penasihat spiritual Elizabeth Gilbert. “Jadi, paket ini bisa memberi kesan tersendiri bagi wisatawan,” ucap Ali.

Untuk kegiatan seni, para pengunjung dapat belajar secara langsung kepada seniman bali. Mulai seni lukis, pahat, gamelan, sampai membuat wayang. Lokasi yang menyediakan paket belajar terdiri atas beberapa tempat. Salah satunya Museum Puri Lukisan. Paket belajar seni biasanya satu hari dengan waktu tujuh jam. Para murid mendapat fasilitas alat sampai makan siang. “Satu paket paling banyak empat orang dengan satu guru,” kata I Dewa Gede Oka Suparta, pengajar seni pahat.

Untuk menikmati lukisan pun, banyak tempatnya. Di Ubud ada beberapa museum dengan koleksi kelas dunia. Selain Museum Puri Lukisan, ada Rudana, Seni Agung Rai, Mario Blanco, dan Neka.Pada malam, sendratari menjadi hiburan yang menarik. Setiap malam ada delapan grup yang tampil secara bergantian di beberapa tempat. Salah satunya halaman Puri Agung. Baca Juga (wisata ubud)

KEGIATAN SELAMA DI UBUD

  1. Tracking atau bersepeda menikmati alam.
  2. Belajar seni atau menikmati lukisan di museum.
  3. Melihat sendratari di beberapa lokasi pada malam.

LOKASI-LOKASI WISATA DI SEKITAR UBUD

  1. Desa Mas, sebuah desa seni dengan fokus seni ukir patung kayu.
  2. Monkey Forest, hutan yang penuh monyet.
  3. Jalan Ceking, Tegalalang, melihat keindahan sawah terasering.

sumber : jawa pos


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *