Menu

Bernostalgia di Tempat Wisata Malam di Jakarta

Bernostalgia di Tempat Wisata di Jakarta

Berjalan jalan ke Tempat Wisata di Jakarta rasanya tidak lengkap jika melewatkan pelesir ke lanskap kota tua di Jakarta Barat. Museum Fatahillah menjadi salah satu ikon wisata kota tua Jakarta. Mulai sekadar kongko sampai belajar sejarah, semuanya nyaman dilakukan di sana.

SEPEDA onthel warna-warni yang berjejer di beberapa sudut Taman Fatahillah seolah membawa kita kembali ke masa lalu. Sepeda itu direntalkan pemiliknya. Dengan merogoh kocek Rp 20 ribu-Rp 30 ribu, Anda bisa berkeliling sekitar kota tua. Sepeda disewakan lengkap dengan topi khas meneer dan noni Belanda.

Banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi untuk menikmati masa lalu Jakarta. Yang utama tentu harus masuk ke Museum Fatahillah. Di museum yang sebelumnya berfungsi sebagai balai kota itu, kita bisa belajar banyak tentang sejarah Tempat wisata di Jakarta.

Berbagai koleksi dipamerkan di museum tersebut. Mulai replika peninggalan prasejarah sampai pra-kemerdekaan Indonesia. Berbagai sudut ruangan menambah khazanah pengetahuan Anda tentang Jakarta. Ada guide di Museum Fatahillah yang siap memandu Anda, menjelaskan seisi museum.

Museum Fatahillah

NOSTALGIA: Pengunjung bisa menyewa sepeda dan berkeliling di jalanan sekitar Taman Fatahillah untuk menikmati suasana kota tua di DKI Jakarta. Sepeda disewakan lengkap dengan topi khas meneer dan noni Belar.sumber gambar : google.co.id

Sayang, museum yang didirikan Gubernur Jenderal Jan Pieterzoen Coen itu sedang direnovasi hingga akhir Desember. Namun, jangan kecewa dulu. Berbagai museum lainnya bisa Anda nikmati. Masih ada Museum Wayang dan Museum Keramik. Cukup murah masuk museum tersebut, cukup membayar tiket Rp 5 ribu.

Berbagai jenis wayang tersaji di Museum Wayang. Bukan hanya itu, boneka khas dari berbagai negara juga menghiasi koleksi museum tersebut. Jika Anda sedang gandrung cerita seri pewayangan di televisi, tampaknya perlu meluangkan waktu ke museum itu untuk me­nambah pengetahuan.

Ada juga Museum Bank Indonesia (BI) dan Bank Mandiri yang bisa dinikmati tidak jauh dari Taman Fatahillah. M. Anwar, guide sekaligus pemilik persewaan sepeda, mengatakan, museum di sekitar Taman Fatahillah ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan. “Kalau weekday, yang datang sering rombongan pelajar,” ujarnya.

Menurut Anwar, wisatawan yang datang pada hari biasa sering hanya kongko-kongko di sekitar Taman Fatahillah. Aktivitasnya mulai sekadar bersepeda onthel, selfie dengan latar belakang gedung- gedung tua, sampai menikmati jajanan khas Betawi.

meski bukan hari libur, para penjual makanan khas Betawi mudah ditemui di sekitar Taman Fatahillah. Mereka berjualan mulai dari pintu masuk taman sampai depan Museum Wayang. Ada penjual kerak telor, bir pletok, hingga dodol betawi.

Untuk ukuran tempat wisata, harga makanan yang dijual pedagang kaki lima itu tidak terlalu mahal. Sejumlah kafe juga siap menanti Anda di Taman Fatahillah. Yang’ gemar kopi bisa datang ke Historia Café yang memiliki specialty coffee, Tanamerah.

Untuk berwisata ke kota tua, banyak trans­portasi yang bisa digunakan. Mulai dari Trans Jakarta sampai angkot. Begitu pula soal penginapan. Banyak hotel bujet hingga guest house di sekitar kota tua dan Glodok. Harganya bervariasi, mulai Rp 250 ribu hingga Rp 600 ribu.

Jarak Taman Fatahillah dengan pusat per­belanjaan Glodok memang tidak terlalu jauh. Bahkan, jika ingin hemat dan menikmati pemandangan bangunan lawas di kota tua, Anda bisa tracking dari kawasan Glodok sampai Taman Fatahillah.

Jika Anda datang ke Jakarta untuk berbelanja, mungkin menginap di sekitar Pasar Tanah Abang bisa menjadi alternatif. Di sana banyak guest house murah, bersih, dan menyediakan fasilitas seperti hotel berbintang.

Hotel-hotel murah itu tersebar di Jalan Kebon Kacang, persis di samping Pasar Metro Tanah Abang. Jarak dari Tanah Abang ke Kota Tua juga tidak terlalu jauh. Bisa ditempuh dengan satu kali angkutan umum.

Sensasi Malam Tempat Wisata di Jakarta

Tempat wisata di jakarta

HANGAT: Suasana malam di Monas.Tempat wisata di jakarta . Sumber gambar : devianart

JIKA ingin merasakan sensasi berbeda di Kota Tua Jakarta, mungkin Anda bisa menikmati wisata malam jakarta. Caranya mengikuti tur yang diselenggarakan komunitas atau penyelenggara wisata indonesia.

Salah satu yang banyak direkomendasikan orang ialah Jakarta Heritage Trails. Kegiatan itu diselenggarakan Komunitas Historia. Banyak pilihan wisata yang disediakan komunitas tersebut. Mulai wisata malam di kota tua, China Town Journey, Jejak Arab di Batavia, sampai menelusuri jejak si Pitung di Marunda.

Wisata malam kota tua biasanya dise­lenggarakan dengan minimum peserta 10 orang. Oleh karena itu, jika berwisata sendiri, Anda harus menghubungi panitia penyelenggara untuk bisa bergabung dengan rombongan lain.

Durasi wisata malam jakarta di kota tua sekitar empat jam, pukul 19.00-23.00. Dengan ditemani guide, peserta akan diajak keliling dengan bersepeda onthel maupun jalan kaki. Spotnya Taman Fatahillah, Jembatan Kota Intan, atau bisa juga sampai ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Komunitas tersebut juga pernah menyelenggarakan tur Night At the Museum. Blusukan dari museum ke museum di sekitar kota tua.

Customer Service Jakarta Heritage Trails Hanisa mengatakan, kegiatan itu sering diselenggarakan untukmemenuhi permintaan gathering perusahaan atau study tour mahasiswa. “Tapi, keluarga bisa juga. Kalau jumlahnya sedikit, nanti bisa kita gabung dengan peserta lain,” ujarnya.

Mengenai spot yang didatangi, perempuan yang akrab disapa Nisa itu mengatakan, pihaknya menyesuaikan dengan permintaan. “Maka, harganya berbeda-beda. Standarnya sih sekitar Rp 250 ribu per pax,” ujarnya.

Tertarik merasakan sensasi berbeda menikmati sejarah Jakarta? Anda bisa memantau website Jakarta Heritage Trails di www. heritagetrails. co. Selain wisata kota tua, city tour di Jakarta bisa Anda nikmati dengan menumpang bus tingkat Wisata Keliling Ibu Kota.

Bus itu disediakan Pemprov DKI Jakarta. Kalau di Surabaya, konsepnya seperti bus heritage milik House of Sampoerna. Be­danya, menumpang bus Wisata Keliling Ibu Kota tidak dipungut biaya. Ada sejumlah selter untuk bisa menumpang bus yang beroperasi mulai pukul 09.00 hingga pukul 19.00 itu.

Apa yang bisa dilakukan di tempat wisata malam di jakarta ?

City Tour Jakarta,Tempat wisata di jakarta

City Tour Jakarta,Tempat wisata di jakarta.sumber gambar : jawa pos

Berbagai Pilihan Tempat wisata di Jakarta

1. Kepulauan Seribu

wisata pulau pramuka, kepualuan seribu

wisata pulau pramuka, kepualuan seribu. sumber gambar : google.co.id

Banyak pantai berpasir putih dan peninggalan Belanda.

2. Kebun Binatang Ragunan

kebun binantang ragunan

kebun binantang ragunan

Selain murah, koleksi binatang terbanyak di Indonesia.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah,Tempat Wisata di Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah,Tempat Wisata di Jakarta.sumber gambar : google.co.id

Miniatur budaya, wisata edukasi, dan hiburan keluarga.

4.Taman Impian Jaya Ancol

Ratusan wahana bermain yang digemari anak-anak.

5. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia,Tempat wisata di jakarta

Museum Nasional Indonesia,Tempat wisata di jakarta

Terbesar di Asia Tenggara, ribuan koleksi benda purbakala.

6.  Planetarium

Planetarium,Tempat Wisata di jakarta

Planetarium,Tempat Wisata di jakarta.sumber gambar : google.co.id

Wisata edukasi menambah wawasan dunia angkasa.

7. Kidzania

Tersedia 71 paviliun yang setiap paviliun mewakili profesi

Sumber berita : Jawa Pos

Menarik bukan Tempat wisata di jakarta ? (Kunjung juga wisata kepulauan seribu)


Pencarian terkait:

tempat wisata di jepang,wisata malam jakartaPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *