Menu

4 Wisata Majalengka yang Menyenangkan

Berlibur di Jawa Barat: Wisata Majalengka yang Menyenangkan

Sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat ini memiliki luas lahan mencapai 1,200 km persegi. Walaupun relatif berukuran kecil, kabupaten ini memiliki berbagai potensi wisata yang unik dan cukup menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Apa saja kira-kira obyek wisata Majalengka yang seru? Ini dia ringkasannya.

4 Tempat Wisata Seru di Majalengka

  1. Curug Muara Jaya
wisata majalengka ,Curug Muara Jaya

wisata majalengka ,Curug Muara Jaya

Salah satu obyek wisata alam yang dimiliki Majalengka adalah Curug Muara Jaya. Obyek wisata alam ini adalah sebuah air terjun yang berada di kecamatan Argapura, tepatnya di desa Argamukti. Air terjun ini telah dikelola menjadi sebuah obyek wisata sejak tahun 1999 lalu. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun yang memiliki luas lahan mencapai 2 hektar ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari kota Majalengka. Sesampainya di sini, Anda akan disuguhi oleh pemandangan panorama alam khas air terjun yang memiliki tiga undak atau tiga tingkat. Curug Muara Jaya memiliki ketinggian hingga 73 meter, sehingga sangat indah kemegahan air terjunnya. Udara sejuk yang ditawarkan di sini dapat semakin melengkapi liburan Anda untuk refreshing. Oh iya, Curug Muara Jaya juga tiap tahunnya menjadi tempat dari upacara pareresan, sebuah upacara adat yang dilakukan setelah adanya panen raya.

  1. Situ Sangiang
wisata majalengka Situ Sangiang

wisata majalengka Situ Sangiang

Situ atau yang berarti danau ini dapat Anda jumpai di kecamatan Banjaran, tepatnya di desa Sangiang yang menjadi nama dari danau ini. Danau ini dijadikan sebuah obyek wisata alam sejak tahun 1998. Untuk dapat mencapai lokasi danau, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 27 km dari kota Majalengka. Situ Sangiang berada di atas lahan seluas 107 hektar, dan luas situ atau danaunya sendiri adalah 19,7 hektar. Obyek wisata alam ini berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) serta Kelompok Penggerak Pariwisata (KOMPEPAR). Danau ini menarik banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar kota Majalengka. Salah satu daya tariknya adalah panoramanya yang indah dengan hamparan danau yang menjadi habitat dari ikan lele serta ikan mas yang banyak dipercaya sebagai jelamaan dari prajurit Talaga Manggung. Selain itu, lokasi Situ Sangiang ini juga dipercaya sebagai Keraton Telaga Manggung.

  1. Gunung Ciremai
Tempat Wisata di Majalengka Gunung Ciremai

Tempat Wisata di Majalengka Gunung Ciremai

Gunung Ciremai adalah salah satu destinasi wisata Majalengka terfavorit sekaligus menjadi kebanggaan dari kota Majalengka. Gunung Ciremai mencakup tiga kabupaten sekaligus, yakni kabupaten Majalengka sendiri, kabupaten Kuningan dan kabupaten Cirebon. Puncak dari Gunung Ciremai berada di ketinggian hingga 3,078 mdpl. Uniknya, gunung ini memiliki dua buah kawah, yakni kawah barat dengan radius 400 m dan terpotong oleh kawah timur dengan radius 600 m. Gunung Ciremai yang kini sudah termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini juga memiliki sebuah titik letusan bernama Gowa Walet di lereng selatan yang berada pada ketinggian 2,900 mdpl. Keindahan alam pada Gunung Ciremai tidak perlu dipertanyakan lagi. Lihat saja dari banyaknya pendaki gunung yang tertarik untuk mendaki gunung yang satu ini.

  1. Talaga Herang
,Tempat wisata di majalengka,Wisata Majalengka,Talaga Herang

Wisata Majalengka,Talaga Herang

Obyek wisata di Majalengka yang berikutnya adalah sebuah telaga yang terletak di kecamatan Sindangwangi, tepatnya di desa Jerukleueut. Obyek wisata alam ini mencakup hingga tiga desa, yakni desa Jeruk Leueut, desa Padaherang dan desa Talaga Herang. Telaga ini berada di atas lahan seluas 3 hektar dan lokasinya berada di sekitar 25 km dari kota Majalengka. Keindahan telaga ini terletak pada air telaga yang sangat jernih serta sebuah mata air yang berada di tengah-tengah telaga, sehingga pengunjung dapat melihat dasar telaga saking jernihnya. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan telaga dengan menaiki perahu kecil atau becak air. Obyek wisata alam ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti rumah makan, mushola, toilet, tempat parkir serta rute kendaraan umum menuju ke sana.

Selain berkunjung ke beberapa obyek wisata Majalengka di atas, Anda juga bisa berkunjung ke kabupaten tetangganya, seperti tempat wisata di bandung.


Pencarian terkait:

tempat wisata di majalengka,tempat wisata majalengka,wisata majalengka,wisata di majalengka,tempat rekreasi di majalengka,wisata alam majalengka,objek wisata di majalengka,pantai di majalengka,wisata dimajalengka,wisata daerah majalengka,gambar tempat wisata terindah di majalengka,tempat menarik di majalengka,pariwisata indah majalengka,curug dimajalengkaPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *