Menu

Berlibur Menyenangkan Di Jambi Tempat Wisata Kerinci

Berlibur Menyenangkan Di Jambi Tempat Wisata Kerinci

Pada masa pemerintahan Belanda, Kerinci termasuk dalam Karesidenan Jambi (1904-1921)setelah itu berganti menjadi Karesidenan Sumatra Westkust. Kerinci berada tepat di ujung barat dari Provinsi Jambi. Masyarakat Kerinci masih memegang teguh adat matrilineal. Wisata Kerinci termasuk wisata menghibur dan menyenangkan yang bisa kita dapatkan saat berkunjung ke Jambi, kurang lengkap rasanya pergi ke Jambi tanpa mengunjungi Kabupaten Kerinci dan berbagai tempat wisata yang terkenal dan menarik di sana. Berikut ini tempat wisata populer dan terkenal yang wajib kita kunjungi saat berlibur di Kerinci :

4 Tempat Wisata Kerinci Terpopuler

Danau Kerinci

Merupakan danau terbesar di Kabupaten Kerinci yang berada tepat di kaki Gunung Raja. Danau yang memiliki luas kurang lebih 5000 meter persegi serta ketinggian 783 m dari atas permukaan laut. Bila dibandingkan dengan danau lainnya, danau ini lebih mirip seperti kuali, memiliki permukaan datar yang hampir rata dengan tanah tepat di bagian tepiannya. Ada sawa yang membentang lebar yang konon merupakan tempat pemasok beras di Provinsi Jambi. Jika Anda beruntung, saat mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan sekelompok bangau putih yang cantik yang sedang terbang mencari makan di sawah. Danau Kerinci dilengkapi dengan acara tahunan, seperti Festival Danau Kerinci yang menyajikan atraksi kesenian budaya khas Kerinci, seperti tarian, silat, lagu daerah, dan pameran benda pusaka.

Danau-Kerinci-wisata-kerinci

Danau-Kerinci-dan Gunung-Kerinci-wisata-kerinci

Gunung Kerinci

Wisata Kerinci lainnya yang menarik selain Danau Kerinci adalah Gunung Kerinci. Dikenal juga sebagai Gunung Gadang, Kerinchi, Puncak Indrapura, Berapi Kurinchi merupakan gunung tertinggi yang terletak di Sumatra, dan gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia dan puncak paling tinggi yang terletak di Indonesia tepatnya di luar Papua. Gunung ini berada di Provinsi Jambi yang dikelilingi oleh hutan lebat yang dikenal sebagai Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan habitat alami dari harimau Sumatra serta badak Sumatra. Gunung berapi yang masih aktif, bertipe stratovolcano dan terakhir kali meletus di tahun 2009. Untuk pergi ke gunung ini, Anda bisa melalui rute daratan dari Jambi menunju Sungaipenuh melewati Bangko.

Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman-Nasional-Kerinci-Seblat-wisata-kerinci

Taman-Nasional-Kerinci-Seblat-wisata-kerinci

Merupakan taman nasional terbesar yang ada di Sumatera Indonesia dengan luas wilayah sebesar 13,750 km persegi yang membentang ke 4 provinsi, yakni Sumatera Barat, Begkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Taman nasional yang terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang mana memiliki wilayah dataran paling tinggi di Provinsi Sumatera, Gunung Kerinci. Ada cukup banyak flora dan fauna di taman ini, sekitar 4000 spesies tumbuhan, termasuk Rafflesia Arnoldi dan Titan Arum.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Merupakan danau yang terletak di ketinggian 1950 meter dari atas permukaan laut, danau yang terbentuk dari letusan Gunung Tujuh. Air dari danau ini menjadi sumber mata air dari beberapa tempat, seperti Air Terjun Gunung Tujuh, Sungai Batang Sangir dan Air Terjun Telun Berasap. Mitos yang berkembang di masyarakat mengatakan jika danau ini merupakan danau sakti yang diyakini telah lama dijaga oleh 3 makhluk halus yang menyerupai manusia yang selalu dikawal ileh pasukan setia yang menyerupai harimau.

Melakukan perjalanan Wisata Kerinci kurang lengkap jika Anda tidak pergi mengunjungi keindahan Danau Kerinci, Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh dan juga Taman Nasional Kerinci Seblat. Nikmati pemandangan alam yang masih segar dan alami dan lepaskan penat Anda, wisata di Kerinci bisa menjadi destinasi wisata terbaru saat Anda pergi ke Jambi.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *