Menu

Menyelami Keindahan Wisata GUNUNG KELUD

Menyatu dengan Alam: Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah salah satu obyek wisata dengan daya tarik tersendiri di Kediri. Gunung ini dapat Anda jumpai di jarak sekitar 30 kilometer arah timur dari pusat kota Kediri. Wisata Gunung Kelud menjadi sebuah daya tarik utama di Kediri karena kubah lavanya yang menarik dan unik untuk dilihat. Salah satu gunung yang berada di Jawa Timur ini adalah sebuah gunung berapi yang rutin meletus atau erupsi dna memiliki siklus meletus sekitar 15 tahun sekali. Gunung Kelud pernah meletus di tahun 1990, kemudian terlihat aktif lagi pada tahun 2007 yang lalu menciptakan gundukan magma beku yang dikenal sebagai Anak Gunung Kelud, dan akhirnya terjadi erupsi di tahun 2014 silam.

tempat wisata gunung kelud

tempat wisata gunung kelud

Gunung Kelud memiliki empat puncak, yakni Puncak Sumbing, Puncak Kelud, Puncak Gedang dan Puncak Gajah Mungkur. Pada Puncak Gajah Mungkur telah dibangun sebuah gardu pandang yang terbuat dari semen, sehingga Anda dapat menikmati pemandangan gunung dari ketinggian yang tentunya sangat indah dan memukau. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan kubah lava yang semakin indah dengan penerangan dari lampu warna-warni yang dipasang pada setiap malam akhir pekan. Tersedia juga jalur panjat tebing pada Puncak Sumbing, wahana flying fox serta pemandian air panas.

Gunung Kelud terletak di perbatasan antara kabupaten Kediri, kabupaten Blitar dan kabupaten Malang. Secara morfologi, Gunung Kelud termasuk ke dalam tipe stratovulkan dan memiliki karakteristik letusan eksplosif. Gunung ini terbentuk dari proses subduksi lempeng benua Indo dan Australia terhadap lempeng Eurasia. Salah satu daya tarik yang dimiliki gunung ini adalah adanya sebuah danau kawah di mana dapat menghasilkan aliran lahar letusan dalam kondisi letusan. Pada tahun 2007, terjadi letusan freatik di Gunung Kelud yang kemudian menciptakan sumbat lava ke permukaan danau. Danau kawah tersebut kemudian nyaris hilang dengan menyisakan genangan kecil menyerupai kubangan air. Sumbat lava inilah yang menjadi atraksi wisata dari Gunung Kelud sebelum hancur pada erupsi besar Gunung Kelud pada awal tahun 2014 silam.

wisata gunung kelud

wisata gunung kelud

Wisata Gunung Kelud sempat menjadi porak poranda saat dilanda erupsi di tahun 2014 silam. Ledakan gunung pada tahun 2014 lalu ini lebih besar dibanding ledakan di tahun 1990, walaupun tidak berlangsung lebih dari dua hari dan memakan korban jiwa sebanyak 4 orang. Gunung Kelud dilanda erupsi tepatnya di tanggal 10 Februari 2014. Karena terjadi ledakan eksplosif, sempat terjadi hujan kerikil yang dapat dirasakan penduduk kecamatan Ngancar. Dampak abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud ini bahkan mencapai Yogyakarta dengan ketebalan 2 cm, bahkan hingga kabupaten Ciamis serta beberapa daerah lainnya yang ada di Jawa Barat.

Setelah erupsi di tahun 2014 tersebut, wisata Gunung Kelud telah berubah menjadi sebuah hamparan pasir yang luas menyerupai kondisi di Gunung Bromo. Pepohonan yang dulu tumbuh di atas lingkungan gunung kini meranggas dan masih tertutup oleh abu vulkanik. Namun sebenarnya pemandangan di Gunung Kelud yang baru erupsi ini masih indah, hanya mengambil bentuk alam yang berbeda saja. Jika berkunjung ke sini, Anda akan dapat menyaksikan kebesaran Sang Pencipta dalam mengubah kontur alam, terutama jika Anda pernah mengunjungi Gunung Kelud sebelum erupsi.

Wisata Gunung Kelud Terkenal dengan Mysterious Road

wisata gunung kelud kediri

wisata gunung kelud kediri

Satu-satunya wisata Gunung Kelud yang masih dapat Anda nikmati hingga kini adalah Mysterious Road atau Jalan Misterius. Sebuah jalanan yang berada di tenggara lokasi gunung ini dinamakan misterius karena keanehannya. Jalanan ini memiliki kontur yang tampak menanjak, namun jika Anda membawa kendaraan Anda ke sini dan mematikan mesin atau mengganti ke gigi netral, kendaraan Anda akan maju sendiri alias menanjak, bukannya mundur karena kontur jalan yang menanjak. Tidak percaya? Coba buktikan saja sendiri dengan datang ke Wisata Gunung Kelud.


Pencarian terkait:

wisata gunung keludPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *