Menu

Tempat Wisata di Sumatera Barat: Dari Alam Hingga Sejarah dan Budaya

Tempat Wisata di Sumatera Barat: Dari Alam Hingga Sejarah dan Budaya

Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang terkenal berkat kota Padang, kota Bukittinggi serta kekayaan alamnya yang hijau dan memiliki ciri khas tersendiri. Wisata kuliner di Sumatera Barat juga menjadi daya tarik tersendiri. Nah, ini dia beberapa referensi tempat wisata di Sumatera Barat yang dapat menjadi pilihan wisata indonesia Anda.

5 Tempat Wisata di Sumatera Barat

  1. Danau Maninjau
tempat wisata di sumatera barat, danau maninjau

tempat wisata di sumatera barat, danau maninjau

tempat wisata sumatera barat, danau maninjau

tempat wisata sumatera barat, danau maninjau

Selain Danau Toba, Sumatera juga memiliki obyek wisata danau yang tak kalah cantik yang berada di Sumatera Barat, yaitu Danau Maninjau. Anda dapat menjumpai lokasi danau ini yang berjarak sekitar 36 km dari pusat kota Bukittinggi. Untuk mencapai lokasi danau, Anda dapat menempuh perjalanan melewati jalan yang berkelok-kelok dan dikenal dengan Kelok 44 (Kelok Ampek-Ampek). Danau Maninjau sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata, seperti fasilitas memancing, berenang, sepeda air, serta fasilitas penginapan seperti homestay dan hotel. Danau Maninjau akan menyuguhkan Anda pemandangan alam yang indan dan dapat menenangkan diri sejenak. Selain itu, sebuah desa yang terletak di samping Danau Maninjau, Desa Maninjau, adalah desa kelahiran dari sastrawan terkenal asal Indonesia, Buya Hamka.

  1. Danau Atas Bawah
Wisata Sumatera Barat,Danau Atas Bawah

Wisata Sumatera Barat,Danau Atas Bawah

tempat wisata di sumatera barat, danau maninjau

tempat wisata di sumatera barat, danau maninjau

Sumatera Barat masih memiliki obyek wisata danau lainnya selain Danau Maninjau, yaitu Danau Atas Bawah. Danau ini juga dikenal dengan Danau Kembar karena terdiri dari dua danau, yaitu Danau Di Atas dan Danau Di Bawah. Danau unik ini dapat Anda temukan di kabupaten Solok, tepatnya di dekat kota Alahan Panjang. Dua buah danau yang berdampingan ini hanya memiliki perbedaan pada ketinggian, di mana Danau Di Atas terletak di ketinggian 1,533 mdpl dan Danau Di Bawah memiliki ketinggian hingga 1,63 mdpl. Jika Anda ingin menyaksikan keunikan alam yang indah ini, Anda dapat menempuh perjalanan ke kecamatan Lembayang Jaya, tepatnya di desa Pasar Simpang yang berada di jarak sekitar 56 km dari pusat kota Padang dan sekitar 47 km dari pusat kota Solok.

  1. Jam Gadang
tempat wisata di sumatera barat, jam gadang

tempat wisata di sumatera barat, jam gadang

jam gadang, tempat wisata di sumatera barat,tempat wisata sumatera barat

jam gadang, tempat wisata di sumatera barat

Layaknya Big Ben di London, Sumatera Barat tepatnya kota Bukittinggi juga memiliki sebuah ikon kota yang serupa. Jam Gadang ini sudah menjadi landmark atau ikon dari kota Bukittinggi. Jam Gadang merupakan sebuah bangunan menara yang berdiri dengan megah di tengah kota Bukittinggi. Bangunan menara Jam Gadang ini memiliki ciri khas Minangkabau dengan atapnya yang melenting. Anda dapat menaiki bangunan menara dari Jam Gadang ini dan pada puncak menara, Anda dapat menyaksikan keindahan alam yang sangat memukau dari ketinggian. Anda dapat menyaksikan keindahan Gunung Singgalang, Gunung Merapi, Gunung Sago serta Ngarai Sianok yang mengelilingi kota Bukittinggi dengan indahnya. Selain sebagai obyek wisata, Jam Gadang ini juga benar-benar dipergunakan sebagai jam bagi penduduk kota Bukittinggi. Salah satu hal menarik dari Jam Gadang ini adalah angka 4 yang dituliskan dengan IIII, bukannya IV seperti angka romawi pada umumnya.

  1. Ngarai Sianok
NGARAI SIANOK, Destinasi Wisata di Indonesia

NGARAI SIANOK, Tempat Wisata di Sumatera Barat

Jika sudah pernah mengunjungi Jam Gadang sebelumnya, salah satu tempat wisata di Sumatera Barat ini dapat Anda lihat dari ketinggian puncak menaranya. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang curam dan memiliki kedalaman mencapai 100 m serta membentang sepanjang 15 km dan lebar mencapai 200 m. Ngarai Sianok ini terbentang memanjang serta berkelok dari Ngarai Koto Gadang, melewati Ngarai Sianok Enam Suku, hingga berakhir di daerah Palupuh dan Agam. Ngarai Sianok juga merupakan obyek wisata yang memabanggakan karena pernah dianugerahi Padang Tourism Award (PTA) pada tahun 2007 dan menjadi Obyek Wisata Terbaik di Provinsi Sumatera Barat karena dapat cepat pulih dari kerusakan akibat gempa yang melanda pada tahun 2007 silam.

  1. Istana Pagaruyung
Tempat Wisata Sumatera Barat,Istana PagaruyungTempat Wisata Sumatera Barat,Istana Pagaruyung

Tempat Wisata Sumatera Barat,Istana Pagaruyung

Obyek wisata yang ini termasuk dalam obyek wisata sejarah di mana bangunan istana ini dibangun oleh keluarga dari kerajaan Pagaruyung yang ada di Batusangkar. Selain itu, bangunan istana ini dapat dikagumi keindahannya dengan ciri khas Minangkabaunya yang kental. Di dalam istana, Anda dapat menjumpai berbagai barang peninggalan dari kerajaan yang hingga kini masih dirawat dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat menghirup udara segar, lengkap dengan pemandangan alam yang mengelilingi bangunan istana. Bangunan Istana Pagaruyung meliputi 72 buah tonggak, 11 buah gonjong dan 3 lantai. Baik eksterior maupun interior dari bangunan istana ini dihiasi oleh ukiran yang masing-masingnya memiliki nilai sejarah serta budaya Minangkabau yang tinggi.

Selain beberapa tempat wisata di Sumatera Barat tadi, masih ada banyak sekali tempat-tempat wisata lain baik alam maupun sejarah dan budaya yang berada di Sumatera Barat. Jangan lupa sempatkan waktu untuk merasakan berbagai sajian kuliner khas di tempat wisata di sumatera barat ini (baca juga info wisata sumatera barat di tempat wisata di padang)


Pencarian terkait:

yhsm-plushome_001,tempat wisata di sumbar 2015Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *