Menu

Menikmati Indahnya Tempat Wisata di SRAGEN

Menikmati Indahnya Tempat Wisata di SRAGEN

Sragen adalah sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah, sekaligus berada di daerah perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Mungkin Anda tidak banyak mengetahui tentang Sragen, namun daftar obyek wisata Sragen di bawah ini dapat membantu Anda mengenal kabupaten ini lebih dalam lagi.

TOP 5 Tempat Wisata di Sragen

  1. Sangiran
Tempat Wisata di Sragen,wisata di sragen,objek wisata sragen, wisata sragen, musem purbakala sangiran

Tempat Wisata di Sragen – musem purbakala sangiran

Sangiran adalah sebuah situs purbakala yang menjadi tempat ditemukannya Homo Solensis, yang memiliki arti manusia cerdas yang berasal dari Solo. Walaupun begitu, mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui bahwa Sangiran ini terletak di kabupaten Sragen. Selain itu, ditemukan juga Meganthropus Palaeojavanicus pada tahun 1941 oleh Van Koenigswald di desa Sangiran, sekaligus menjadi penemuan yang mengubah sejarah. Uniknya, menurut para ahli geologi, Sangiran dulunya merupakan hamparan lautan. Namun karena proses geologi serta bencana alam yakni letusan Gunung Merapi, Gunung Lawu serta Gunung Merbabu, akhirnya Sangiran terbentuk menjadi daratan seperti sekarang. Sangiran terdaftar menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Sangiran memiliki sebuah museum (Museum Sangiran) yang memiliki berbagai koleksi fosil manusia serta binatang purba, gudang fosil, laboratorium, ruang slide serta beberapa kios cinderamata khas Sangiran.

  1. Pemandian Air Panas Bayanan
Tempat Wisata di Sragen,wisata di sragen,objek wisata sragen, wisata sragen, Air Panas Bayanan

Objek Wisata di Sragen : Air Panas Bayanan

Obyek wisata alam yang satu ini juga mencakup wisata kesehatan atau health tourism karena khasiat dari air panas yang ada di Bayanan. Air panas Bayanan dipercaya memiliki banyak khasiat, sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit, di antaranya adalah rematik, gatal-gatal pada kulit, dan penyakit lainnya. Sumber air di Bayanan ini dulunya juga disebut sebagai Hyang Tirto Nirmolo. Saking berkhasiatnya, air panas di sini juga dipercaya mampu menurunkan kolestrol dalam darah, meningkatkan vitalitas, memulihkan kebugaran, memelihara sendi serta otot tubuh, hingga membuat awet muda. Entah dari mana kepercayaan ini muncul, namun konon katanya sudah banyak pengunjung yang membuktikannya.

  1. Waduk Kedungombo
Tempat Wisata di Sragen,wisata di sragen,objek wisata sragen, wisata sragen,,Waduk Kedungombo

Wisata di Sragen : Waduk Kedungombo

Obyek wisata Sragen selanjutnya adalah sebuah bendungan raksasa yang memiliki luas lahan mencapai 6,570 hektar. Saking luasnya, Wadung Kedungombo ini mencakup tiga kabupaten, yakni kabupaten Sragen, kabupaten Grobogan, dan kabupaten Boyolali. Waduk ini membendung total lima sungai dengan wilayah perairan 2,830 hektar serta wilayah yang kering 3,740 hektar. Waduk ini rupanya menjadi salah satu obyek wisata andalan yang dimiliki Sragen. Anda bisa mencapai waduk ini dengan menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer dari kota Sragen menuju kecamatan Sumberlawang. Untuk menikmati keindahan waduk ini, Anda bisa menyewa perahu motor untuk menelusuri berbagai pulau kecil yang muncul di tengah-tengah waduk. Selain itu, waduk ini bisa menjadi penyalur hobi memancing Anda, atau penyalur hobi makan Anda karena ada banyak warung makan dengan menu ikan di sini.

  1. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus merupakan salah satu obyek wisata religi dengan adanya makam Pangeran Samudro. Salah satu daya tarik dari Gunung Kemukus ini adalah cerita rakyat yang menyelubungi makan Pangeran Samudro. Terdapat dua versi cerita yang beredar di masyarakat setempat tentang Gunung Kemukus atau makam Pangeran Samudro ini. Salah satu versinya adalah jika ada yang ingin keinginannya terkabul atau ngalap berkah, orang tersebut harus datang ke makam Pangeran Samudro dan melakukan ritual berhubungan intim dengan lawan jenisnya yang bukan suami atau istrinya selama tujuh kali dalam satu lapan atau 35 hari. Percaya?

  1. Desa Wisata Kliwonan
Tempat Wisata di Sragen,wisata di sragen,objek wisata sragen, wisata sragen, Desa Wisata Kliwonan

Tempat Wisata di Sragen : Desa Wisata Kliwonan

Nah, di sini, Anda dapat menyalurkan hobi seni dan budaya Anda dengan mendalami batik khas Sragen. Di sini, Anda dapat menjumpai banyak pengrajin batik yang berasal dari Kliwonan. Anda dapat menyaksikan aksi para pengrajin batik ini saat menuangkan kreasinya di atas beragam jenis kain dengan beragam teknik pengerjaan. Beberapa jenis kain yang biasa digunakan adalah sutera yang kemudian ditenun dengan manual atau menggunakan mesin, primisma atau katun. Sedangkan untuk teknik pengerjaannya, para pengrajin batik biasanya menggunakan teknik printing, cap, tulis atau kombinasi.

Begitulah kira-kira obyek wisata Sragen yang dapat Anda kunjungi. Menarik juga, kan? Kabupaten Sragen ini dapat menjadi salah satu alternatif Anda saat melakukan tur di Jawa Tengah.Selamat Berjalan Jalan ke Tempat wisata di sragen ! (jangan lupa kunjungi juga tempat wisata di yogyakarta)


Pencarian terkait:

wisata sragen,tempat wisata di sragen,wisata di sragen,tempat wisata sragen,obyek wisata sragen,wisata kota sragen,objek wisata di sragen,obyek wisata di sragen,tempat wisata di sragen jawa tengah,objek wisata sragen,tempat wisata daerah sragen,tempat wisata kota sragen,wisata disragen,wisata daerah sragen,wisata sragen jatengPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *