Menu

Tempat Wisata Di Pekanbaru

Tempat Wisata Di Pekanbaru

Pekanbaru merupakan ibukota Provinsi Riau dan  kota terbesar ketiga di pulau Sumatera, setelah Medan di Utara ataupun Palembang di Sumatera Selatan. Sebuah kota besar nan bersih, Pekanbaru  lebih dikenal sebagai kota bisnis untuk ekspor minyak mentah, minyak sawit, dan pulp dan kertas. Hal ini terpapar dari barat ke timur di tepi sungai Siak, yang berfungsi sebagai transportasi sungai.

Di masa lalu, kota ini perdagangan dan distribusi hub utama untuk komoditas dan barang yang mencakup kopi dan batubara yang diproduksi di dataran tinggi Minangkabau di Sumatera Barat, yang akan dibawa ke pelabuhan perdagangan sibuk di sepanjang Selat Malaka.

Istana Sultan Siak juga terletak di mulut sungai Siak oleh Selat Malaka di kota Siak Sri Indrapura, sekitar 130 km. barat laut dari Pekanbaru.

Di Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Riau adalah salah satu dengan provinsi tetangga atas Kepulauan Riau, terletak di selatan Singapura dan Malaysia. Bersama-sama mereka membentuk bagian dari yang lebih besar kerajaan Johor-Riau. Hari ini, Pekanbaru merupakan ibukota bagian yang terletak di pulau yang lebih besar dari Sumatera saja, yang dikenal sebagai provinsi Riau, sedangkan kota Tanjung Pinang di pulau Bintan adalah ibukota Provinsi Kepulauan Riau, yang meliputi antara lain, Batam , Bintan, Karimun dan pulau-pulau Natuna.

Sekitar Pekanbaru Anda akan menemukan deretan perkebunan kelapa sawit, dan sejumlah pengeboran minyak di Dumai dan Rumbai. Kota ini juga memiliki sejumlah program Gof terawat dan membanggakan Sports Center besar.

Karena sejarahnya, Pekanbaru adalah kota kosmopolitan dihuni oleh sejumlah kelompok etnis, termasuk Melayu, Minangkabau dan populasi Cina yang cukup besar.

Tempat Wisata Menarik Di Pekanbaru

Ada sejumlah tempat wisata di pekanbaru yang bisa anda kunjungi . Luangkan waktu untuk melihat  Museum Nila Utama di Jalan Sudirman, yang berkaitan dengan sejarah Riau

Museum Nila Utama, Tempat Wisata Di Pekanbaru

Museum Nila Utama, Tempat Wisata Di Pekanbaru. sumber gambar : google.com

Terletak di sebelah museum di Jalan Sudirman adalah Balai Adat Melayu Riau, atau gedung Riau-Melayu yang rumah seni dan warisan budaya.

Idrus Tintin Arts Hall adalah tengara kota dengan arsitektur Melayu modern. Acara yang diadakan di gedung ini secara rutin

Untuk melihat rutinitas kehidupan masyarakat Tionghoa di Riau, Anda bisa menelusuri Cina Melayu Quarters di Jalan Dr Leimena dan Jalan Karet.

Pekanbaru juga memiliki sejumlah taman rekreasi, di antaranya Waterpark Labersa di Labersa Parit Indah, yang memiliki taman air, lapangan golf dan hotel bintang 5.

Tempat lainnya adalah Taman Puteri Kaca Mayang, Taman di Jalan Sudirman terletak tepat di seberang kantor kotamadya, yang menawarkan  rekreasi keluarga menyenangkan untuk memancing dan kegiatan outbound.

Untuk belanja, Pekanbaru memiliki sejumlah mal, Hotel Swiss-Belinn Pekanbaru terletak di mal SKA. Pasar Bawah adalah pasar yang menarik yang menjual barang-barang antik, keramik, lampu tua, dan banyak pernak pernik lainnya.

Tempat Wisata Alam di Pekanbaru

Terletak beberapa 122 km dari Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau,Terdapan tempat wisata alam  candi Muara Takus yang dibangun di tepi sungai Kampar Kanan. Muara Takus memiliki bangunan bata terbesar di Sumatera .

Kompleks ini dikelilingi oleh dinding 74 juta x 74 m, dengan benteng tanah lain 1.5km x 1,5 km di sekitar ini, membentang ke tepi sungai Kampar Kanan. Dalam dinding ditemukan Candi Tua, Candi Bungsu, Mahligai stupa dan Palangka. Di kompleks ini juga ditemukan gundukan yang diyakini menjadi tempat untuk kremasi.

candi muara takus, tempat wisata di pekanbaru

candi muara takus, tempat wisata di pekanbaru. sumber gambar : google.co.id

Air Terjun Guruh Gemurai berlokasi di wilayah yang berbatasa di Sumatera Barat dengan Riau yang terletak di kawasan hutan lindung, pastinya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik  Kabupaten Kuantan Singingi ,Pekanbaru Propinsi Riau. Nama Air Terjun Guruh Gemurai didapat melalui bahasa daerah warga setempat. Yang mana definisi kata Guruh atau Gemuruh yang maksudnya bunyi air terjun , kemudian Gemurai yang artinya percikan air yang berserakan. Jadi makna dari Air Terjun Guruh Gemurai yakni air terjun yang bunyi percikannya bergemuruh.

air terjun guruh gemurai,salah satu tempat wisata di pekanbaru

air terjun guruh gemurai,salah satu tempat wisata di pekanbaru. sumber gambar : google.com

Air terjun ini memiliki dua aliran dimana salah satunya mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Di lokasi bawah terdapan sebuah kolam yang bisa digunakan oleh pengujung untuk aktiftas mandi ataupun berenang. terdapat beberapa lokasi yang bisa dipakai oleh para pengunjung untuk sekedar refreshing untuk melepas kepenatan. Sembari melepas lelah, wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan alam pedesaan dan aliran sungai Kuantan yang luar biasa menarik. Pastinya pemandangan tempat wisata di pekanbaru yang seperti ini sangat jarang bisa anda temui di kota dan sayang disayangkan bila anda melewatkannya.

sungai kampar riau, tempat wisata di pekanbaru

sungai kampar riau, tempat wisata di pekanbaru. sumber gambar : google.co.id

Mari berselancar di Sungai Kampar Riau adalah sungai panjang yang mengalir turun dari pegunungan Bukit Barisan yang membentuk tulang belakang dari Pulau Sumatera sepanjang pantai baratnya. Sungai ini kemudian liku melalui provinsi Riau, akhirnya mengalr di Selat Malaka, di pantai timur Sumatera. Seiring jalannya yang panjang sungai itu sendiri terbagi menjadi dua cabang besar yang dikenal sebagai Kampar Kanan (cabang kanan dari Kampar) dan Kampar Kiri (cabang kiri). Mereka kemudian berkumpul di Langgar di Kabupaten Pelalawan di muara Kampar ini. Di sini mereka bergabung dengan banyak sungai lain yang menyebabkan Kampar untuk menyalurkan keluar ke muara sungai lebar. Pada setiap pasang, gelombang tinggi dari laut mengalir masuk dan bertemu arus hilir Kampar. Sangat paput dicoba tempat wisata di pekanbaru ini bagi anda hobi berselancar.

Sekian ulasan dari tempat wisata di Pekanbaru yang adalah ibukota dari provinsi Riau yang bisa kami hidangkan untuk Anda yang ingin menelusuri referensi untuk berlibur ke kota Pekanbaru.


Pencarian terkait:

tempat wisata di pekanbaru,tempat wisata di riau,info wisata,wisata pekanbaru,tempat wisata pekanbaru,wisata pekan baru,pantai pekanbaru,tempat wisata pekan baruPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *