Menu

Tempat Wisata di NGAWI

Wisata Ngawi di Jawa Timur: Dari Kebun Teh Hingga Waduk

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam tinggi. Salah satu di antara sekian banyak kota wisata indonesia adalah Ngawi. Walaupun jarang terdengar, kota ini juga memiliki pilihan Wisata Ngawi yang menarik, lho.

5 Tempat Wisata di Ngawi

  1. Air Terjun Srambang
Air Terjun Srambang, Wisata Ngawi

Air Terjun Srambang, Wisata Ngawi

Berada di lereng Gunung Lawu, dan secara administratif terletak di kecamatan Jogowogo tepatnya di desa Girimulyo, air terjun Srambang dapat Anda tempuh dari pusat kota Ngawi sejauh 40 km. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 25 m dan memiliki sebuah kolam air terjun dengan kedalaman 1 m, yang menjadikan air terjun Srambang sangat cocok untuk dijadikan tempat berendam atau sekedar bermain air yang aman. Salah satu hal menarik dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan pinus, sehingga Anda juga akan dimanjakan oleh pemandangan hijau hutan yang indah ditambah segarnya air terjun Srambang itu sendiri. Selain itu, untuk mencapai lokasi air terjun, dibutuhkan usaha yang lebih namun dipastikan usaha Anda tidak akan sia-sia, kok.

  1. Kebun Teh Jamus

Jika Bogor memiliki perkebunan teh terkenal yang disebut Wisata Gunung Mas, Ngawi memiliki Kebun Teh Jamus. Perkebunan teh yang luas ini juga berada di lereng Gunung Lawu, seperti air terjun Srambang. Kebun Teh Jamus dapat Anda jumpai di kecamatan Sine, tepatnya di desa Girikerto. Di sini, Anda dapat menjumpai perkebunan teh yang luas dan hijau dengan pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk. Selain perkebunan teh yang menyegarkan, di sini Anda juga bisa menjumpai sebuah mata air alami yang dinamai mata air Lanang. Mata air ini cukup unik karena menurut kepercayaan warga sekitar, mata air Lanang dapat menyembuhkan berbagai penyakit serta konon katanya dapat membuat penggunanya menjadi awet muda. Anda ingin mencoba?

Kebun Teh Jamus, Wisata di Ngawi

Kebun Teh Jamus, Wisata di Ngawi

  1. Pemandian Tawun
Pemandian Tawun,Tempat wisata ngawi

Pemandian Tawun,Tempat wisata ngawi

Nah, ini dia adalah salah satu alternatif wisata Ngawi yang murah. Pemandian Tawun dapat Anda jumpai di kecamatan Kasreman, tepatnya di desa yang memiliki nama sama dengan pemandian ini, Tawun. Untuk mencapai Pemandian Tawun ini, Anda harus menempuh perjalanan dari pusat kota Ngawi sejauh 7 km ke arah timur. Di sini, Anda dapat menjumpai sebuah pemandian yang airnya bersumber dari mata air panas alami. Selain digunakan sebagai wisata pemandian, sumber mata air tadi juga digunakan sebagai irigasi untuk persawahan oleh masyarakat sekitar. Pemandian Tawun bisa menjadi destinasi wisata yang merelaksasi dan menenangkan Anda yang ingin bersantai.

  1. Gunung Liliran
Gunung Liliran

Gunung Liliran

Ngawi ternyata memiliki gunung, lho. Selain sebagai destinasi wisata alam, Gunung Liliran juga menjadi sebuah wisata religi yang ada di Ngawi. Gunung Liliran dapat Anda jumpai di kecamatan Sine, tepatnya di desa Ketanggung yang berjarak sekitar 47 km dari pusat kota Ngawi. Gunung ini subur ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rindang sehingga menciptakan pemandangan alam yang indah dan masih asri. Selain itu, saat Anda sudah mencapai bagian bukit atau puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan yang bahkan lebih indah lagi seperti kawasan sawah yang membentang luas serta sungai-sungai yang mengaliri Gunung Liliran.

  1. Waduk Pondok
Waduk Pondok,wisata ngawi

Waduk Pondok,wisata ngawi

Destinasi wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang hobi memancing. Waduk Pondok yang dibangun pada tahun 1993 ini terletak di kecamatan Bringin, tepatnya di desa Dero. Selain memancing dari pinggir waduk, Anda juga bisa memancing dari tengah-tengah waduk dengan menyewa perahu kayu. Namun jika Anda tidak hobi memancing, jangan khawatir! Anda masih bisa menikmati pemandangan waduk dengan hamparan air yang luas serta panorama perbukitan yang melingkupi lokasi Waduk Pondok.

Nah, itu dia beberapa referensi Wisata Ngawi yang dapat Anda jadikan alternatif saat berkunjung ke kota di Jawa Timur ini Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Ngawi, ya! (baca juga wisata gunung bromo)


Pencarian terkait:

gunung liliranPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *