Menu

Tempat Wisata Nganjuk yang Menarik dan Mendidik

Tempat Wisata Nganjuk yang Menarik dan Mendidik

Nganjuk merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Nganjuk tepatnya ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Zaman dahulu, Nganjuk dinamakan dengan nama “Anjuk Ladang” dalam bahasa Jawa Kuno diartikan sebagai Tanah Kemenangan. Anda yang sudah pernah pergi ke Surabaya, Yogyakarta maupun Kediri, sangat disarankan untuk mampir sebentar menikmati Wisata Nganjuk yang akan menambah pengetahuan Anda dan menambah pengalaman. Cukup banyak wisata alam dan wisata bersejarah di Nganjuk yang bisa Anda kunjungi untuk Anda serap ilmunya. Selain menjelajahi keindahan alam dan sejarah di Ngajuk, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar ke rumah makan dan menikmati makanan khas dari Nganjuk. Berikut ini tempat wisata dan makanan khas dari Nganjuk:

Tempat Wisata Andalan di Nganjuk

Air terjun Sedudo

Air terjun Sedudo - Tempat Wisata Nganjuk terpopuler

Air terjun Sedudo – Tempat Wisata Nganjuk terpopuler

Percaya atau tidak, konon katanya, air terjun yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini memiliki kekuatan magis, yakni bisa membuat awet muda. Tidak hanya menjadi tempat wisata saja, air terjun Sedudo juga dijadikan sebagai tempat ritual adat istiadat tepatnya tiap malam 1 suro, masyarakat setempat percaya jika mandi kembang di tempat tersebut akan membuat seseorang menjadi awet muda.

Air terjun Roro Kuning

Air terjun Roro Kuning - Wisata Nganjuk

Air terjun Roro Kuning – Wisata Nganjuk

Merupakan sebuah air terjun yang terletak sekitar 27-30 km kearah selatan dari kota Nganjuk dengan ketinggian 600 m dpl serta memiliki tinggi diantara 10-15 m. Air terjun ini mengalir dari 3 sumber mata air yang ada di sekitar Gunung Wilis yang mengalir perlahan-lahan di sela-sela bebatuan padas yang ada di bawah pepohonan hutan pinus. Tidak hanya indah saja, air terjun ini juga kaya akan sejarah. Tidak jauh dari lokasi, terdapat sebuah monument perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, monument ini sengaja dibangun masyrakat untuk mengenang perjuangan Jenderal Sudirman disaat memimpin perang gerilya ketika melawan Belanda di tahun 1949.Menurut legenda, nama Roro Kuning ini diambil dari Ruting dan Roro Kuning, 2 putri raja dari kerajaan Kadiri serta Kerajaan Dhoho yang pada saat itu berkuasa di abad 11-12 M.

Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno - Wisata Nganjuk

Goa Margo Tresno – Wisata Nganjuk

Wisata Nganjuk yang akan membuat Anda merasa takjub akan keindahannya adalah Goa Margo Tresno yang di sekitarnya memiliki panorama pegunungan yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Goa ini terletak di desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk.

Candi Ngetos

Candi Ngetos

Candi Ngetos

Merupakan salah satu Candi Hindu yang ada di Indonesia, Candi Ngetos tepatnya berada di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, kurang lebih sekitar 17 km dari arah selatan kota Nganjuk, Jawa Timur. Candi ini berdiri pada abad 15 disaat kerajaan Majapahit masih Berjaya. Bangunan utama Candi Ngetos terbuat dari batu merah yang kemudian mengakibatkan bangunan ini mudah rusak, sedangkan bagian atapnya dibuat dari kayu.

Prasasti Anjuk Ladang

Prasasti Anjuk Ladang

Prasasti Anjuk Ladang

Merupakan sebuah piagam batu berangka, tepatnya tahun 859
Saka/857Saka yang telah dikeluarkan oleh Raja Sri Isyana yang berasal dari Kerajaan Medang setelah beliau pindah ke timur Pulau Jawa. Tidak hanya terkenal sebagai prasasti Anjuk Ladang saja, namun juga terkenal sebagai Prasasti Candi Lor karena prasasti ini ditemukan tepat direruntuhan Candi Lor yang terletak di Desa Candirejo, Loceret, Nganjuk tidak lebih jauh dari tenggara kota Nganjuk.

Nasi becek, dumbleg dan krupuk upil

Jangan lewatkan wisata kuliner dalam daftar kegiatan wisata Nganjuk yang Anda lakukan. Cobalah berbagai makanan khas dari Nganjuk, diantaranya ada nasi becek merupakan sejenis gulai kambing dengan cita rasa khas karena ditambahkan dengan irisan daun jeruk nipis. Ada juga dumbleg merupakan sejenis dodol yang dibuat khusus dari ketan. Atau krupuk upil yang dimasak tanpa menggunakan minyak goreng melainkan diolah dengan menggunakan pasir.


Pencarian terkait:

wisata nganjukPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *