Menu

Secuil pesona wisata maluku utara

Secuil pesona tempat wisata di maluku utara

Provinsi Tertua di indonesia ini dibagi menjadi 2, yaitu Maluku dan Maluku Utara. Pulau-pulau maluku telah terkenal untuk karena keindahan alam dan potongan kekayaan alamnya.

Salah satu destinasi wisata unggulan di Maluku Utara adalah Jailolo, ibu kota Kabupaten Halmahera Barat Silakan kunjungi tempat elok itu. Tapi, awas jatuh cinta kepadanya.

ENAM tahun belakangan, setiap Mei, Pemda Halmahera Barat menggelar event wisata bertajuk Festival Teluk Jailolo. Saat ini perhelatan tersebut sudah dimasukkan dalam kalender Kementerian Pariwisata.

Festival itu berkali-kali meraih kesuksesan karena mampu mengangkat komunitas budaya dan tradisi unik yang ada di Halmahera Barat Bukan itu saja, di puncak acara selalu digelar aksi tarian teatrikal Sasadu on the Sea yangdibawakan ratusan pelajar se-Halmahera Barat di panggung berukuran raksasa yang dibangun secara permanen di atas laut Tarian teatrikal kolosal tersebut disutradarai Eko Suprianto, maestro tari kontemporer Indonesia.

Tempat Wisata di Maluku Utara

Festifal Jailolo

Festifal Jailolo, Tempat wisata di Maluku Utara

Festifal Jailolo, Tempat wisata di Maluku Utara.sumber gambar : google.co.id

Jailolo juga menawarkan berbagai potensi wisata. Seperti wisata tracking untuk memotret langsung burung langka yang endemis di Halmahera Barat, yakni burung bidadari (Semioptera waUaci). Burung itu ada di hutan lindung di Desa Domato, Jailolo Selatan. Burung tersebut sangat mirip dengaixburung cenderawasih yang terkenal dengan keindahan warna bulunya.

Untuk mencapai “home base” burung itu, Anda harus berjalankaki sejauhkurang lebih 6,5 kilometer dengan waktu tempuh 1,5 jam menuju jantung hutan barat Halmahera. Untuk mencapai lokasi tersebut, dari Kota Jailolo, Anda hams menggunakan mobil atau sepeda motor dengan jarak tempuh 20 kilometer.Agar perburuan bisa maksimal, Anda “wajib” ditemani Demianus, warga desa yang sudah belasan tahun menjadi guide bagi para wisatawan yang in gin melihat langsung “burung surgawi” itu. Demianus yang paling tahukapan, di mana, serta apa yang harus dilakukan para wisatawan agar bisa melihat burung tersebut Dan kemampuan Demianus itu langka Tak banyak orang yang memilila keahlian semacam itu.

Namun, yang paling diandalkan Halmahera Barat adalah wisata bawah air di Teluk Jailolo. Anda akan disuguhi dua pulau karang tak berpenghuni, yakni Pulau Babua dan Pastofiri. Pemandangan bawah air di pulau itu tak kalah indah dengan Raja Ampat Papua Barat yang sudah tersohor itu.Di Teluk Jailolo Anda bisa menyelam di 20 titik yang menyajikan beragam suguhan. Mulai ikan hiu, jenis ikan pelagis, hingga he wan-he wan yang ukurannya lebih kecil.

Kalau ingin mengunjungi Jailolo, Anda harus menempuh perjalanan dengan penerbangan langsung selama 3,5 jam dari Jakarta menuju Temate. Bisa juga dari Makassar atau Manado menuju Ternate.Sesampai di Bandara Baabullah, Temate, wisatawan harus menuju pelabuhan speedboat Dufa-Dufa. Pilihan modanya banyak. Bisa lewat taksi bandara atau motor ojek yang bisa mencapai pelabuhan itu dalam waktu sepuluh menit. Kemudian, Anda harus menumpang speedboat menuju Jailolo selama 40 menit.

Pilihan aktivitas di Jailolo juga beragam. Penggemar divingbisa menuju beberapa pusat pelayanan selam. Misalnya Gilolo Dive Center yang ada di Resort Sabua Gaba di Desa Guaemaadu, Jailolo. Jarak tempat ini hanya 1 kilometer dari pelabuhan.Kalau ingin mendapatkan informasi lebih, Anda bisa mendatangi pusat informasi di loket pada dermaga VTP Pelabuhan Jailolo. Di situ pengunjung bisa mendapatkan banyak pilihan aktivitas dan akomodasi. Misalnya menuju Resort Sabua Gaba atau tinggal di Penginapan Camar serta Hotel D’Hoek yang tarifkamamya takjauh beda. Kalau ingin lebih murah, ada beberapa homestay milik warga yang bisa dicoba.

AKTIVITAS ASYIK: Rasanya rugi kalau tidak menikmati Teluk Jailolo dengan snorkeling dan menyelam menikmati atmosfer bawah laut. Cobalah.

AKTIVITAS ASYIK: Rasanya rugi kalau tidak menikmati Teluk Jailolo dengan snorkeling dan menyelam menikmati atmosfer bawah laut Tempat wisata di maluku utara.Cobalah!

Tempat Wisata di Maluku Utara

Morotai, Mutiara Bibir Pasifik

SELAIN Jailolo, kawasan wlsata di Pulau Morotai juga menjadi salah satu andalan di Tempat Wisata Maluku Utara. Pulau Morotai adalah salah satu kabupaten di Maluku Utara. Luasnya 1.800 kilometer persegi. Ia juga yang merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia.

Nama Morotai sudah terkenal sejak zaman Perang Dunia II. Saat itu Morotai menjadi salah satu basis pertahanan Amerika Serikat ketika berperang melawan Jepang. Ketika itu Morotai juga dijuluki sebagai Mutiara di Bibir Pasifik. Hingga saat ini masih banyak peninggalan Perang Dunia II yang ditemukan di Morotai. Kebanyakan adalah peninggalan senjata serta perlengkapan perang.

Nama Morotai mulai diperhitungkan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia setelah Indonesia menggelar Sail Morotai 2012. Potensi wisata yang cukup apik di situ adalah Pulau Dodola di bagian “depan” Pulau Morotai.

Pulau Dodola terbagi menjadi dua bagian, yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil. Saat air laut sedang surut, dua pulau ini akan tersambung. Hamparan pasir putih yang begitu indah muncul ke permukaan dan menjadi “jembatan” penghubung dua pulau tersebut

Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkeling dan selam. Keindahan bawah lautnya menawan. Terutama pada 13 titikpenyelaman di tempat ini.

Tempat wisata di maluku utara

SISA PERANG: McArthur Island, salah satu pulau di Kepulauan Morotai. Pulau Itu pernah menjadi rumah dinas Jenderal Douglas McArthur dalam Perang Dunia II.

Keindahan bawah laut itu kian terasa misterius dengan “hiasan” beberapa pesawat serta kapal perang. Jangan lupa, Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu pada Perang Dunia II.

Karena Pulau Morotai pemah menjadi pangkalan militer pada Perang Dunia II, tidak heran jika di sekitar pulau itu terdapat banyak peninggalan perang berupa gua persembitnyiari, landasan pesawat, dan kendaraan lapis baja yang masih utuh. Semua itu menjadi saksi bisu betapa hebatnya perang tersebut.

Untuk sampai ke Pulau Dodola dari Morotai, Anda hanya tinggal merogoh kocek buat ongkos speedboat sebesar Rp 60 ribu per orang. Tidak banyak hotel dan penginapan di sekitar Morotai Namun, jika Anda ingin bermalam, ada beberapa hotel dan cottage yang bisa mengakomodasi.

Ada beberapa cara untuk sampai ke Morotai. Bisa lewat jalur udara tiga kali seminggu dengan penerbangan perintis Susi Air dari Ternate ke Galela, lalu dilanjutkan ke Morotai. Lewat jalur laut, ada kapal motor dua kali seminggu dari Kota Ternate. Kalau jalur darat, Anda bisa berangkat dari Ternate melalui Tobelo, kemudian menyeberang lagi.

Tak Komplet tanpa kenikmatan kasbi dicocol dengan gohu

Tempat wisata di maluku utara :kasbi dicocol dengan gohu

Tempat wisata di maluku utara :kasbi dicocol dengan gohu.sumber gambar : google.co.id

SEBAGAI daerah perairan, soal kuliner, Morotai juga tak bisa dilepaskan dari ikan laut Salah satu yang khas adalah gohu, yaitu masakan olahan daging ikan mentah. Masakan ini bisa disebut sashimi- a Maluku IJtara. Ikan yang digunakan biasanya tuna atau cakalang. merasakan sedapnya gohu di sebuah warung tak jauh dari penginapan tempatnya tinggal. Pemilik warung itu temyata seorang warga asli Morotai yang pernah 15 tahun tinggal di kompleks TNI AL Kampung Seratus,Surabaya. Namanya Yuni.

Dia menjelaskan, banyak tempat makan di Morotai yang menawarkan gohu sebagai menu utama. Gohu dimasak dengan perasan air lemon. Selain menghadirkan sensasi segar, lemon membuat daging tak terasa amis. “Selain perasan lemon, ada juga bumbu pendukungyang ditumis menjadi satu seperti kacang tanah, bawang merah, dan daun kemangi,” ujarnya.

Di warung Yuni, gohu siang itu disajikan dengan kasbi atau lonjoran singkong rebus yang dilumuri santan.

Kasbi itulah pengganti nasi. Namun, bagi yang tidak suka singkong, juga tersedia nasi. Selain kasbi, Yuni menyajikan ikan bakar dengan rica dao ohu (sambal tomat mentah).

Selama ini sambal tomat mentah itu memang menjadi pendamping setia ikan bakar yang disajikan di warung-warung di Maluku. Yang tidak suka sambal mentah juga bisa mencocolkan ikan bakar atau gohu dengan sambal kacang.

Makan di warung milik Yuni sistemnya all you can eat, Dengan uang Rp 50 ribu, kita sudah bisa mendapatkan sepiring gohu, satu ikan bakar ukuran sedang, serta dua varian sambal dan kasbi Jika tak habis, Yuni juga siap membungkuskan makan an kita untuk dibawa pelesir ke pantai-pantai di Morotai.

Memang sebagai kawasan pesisir, Morotai tidak hanya menawarican keelokan alam. Berbagai sendi kehidupan pendukungnya pun menjadikanwisatake Morotai begitu komplet Anda bisa melihat indahnya sisi alamiah, merasakan denyut kehidupan warganya, plus mencicipinya.

Menarik Bukan wisata di indonesia  ini, anda bisa berkunjung ke wisata di maluku utara untuk menemani liburan anda (baca juga wisata makassar)


Pencarian terkait:

tempat wisata di maluku utaraPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *