Menu

Objek Wisata Kuningan yang Menarik dan Memanjakan

Objek Wisata Kuningan yang Menarik dan Memanjakan

Sudah puas menikmati keindahan alam di Cirebon, maka tak ada salahnya untuk menikmati keindahan alam tempat wisata di indonesia yang berada di sebelah selatan dari Cirebon, yakni Kuningan. Kabupaten Kuningan, terletak di bagian selatan dari Kota Cirebon yang bisa Anda jadikan sebagai objek wisata terbaru setelah menghabiskan waktu liburan singkat di Cirebon. Kabupaten Kuningan memiliki beanyak sekali wisata kuningan yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa objek wisata khas dari Kuningan yang wajib untuk Anda sambangi saat berencana untuk melakukan liburan menyenangkan di Kuningan

Gedung perundingan Linggarjati

Gedung perundingan Linggarjati

Gedung perundingan Linggarjati

Terletak di Desa Linggarjati, tepatnya di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan ada sebuah gedung yang zaman dahulu pernah digunakan sebagai tempat digelarnya perundingan diantara perwakilan pemerintah RI dengan pemerintah Belanda. Perundingan Linggarjati yang digelar pada November 1946. Di dalam bangunan ini, kita akan menemukan banyak peninggalan bersejarah karena perabotan di dalam gedung masih terjaga keasliannya, cukup banyak foto yang terpajang di dinding, tidak terkecuali dengan potret Ketua Delegasi Indonesia, Sutan Sjahrir dan delegasi Belanda, Schermerhorn, P Sanders serta Ivo Samkalden. Gedung ini buka setiap hari kerja, pada pukul 07.00-15.00 WIB dan hari libur (Sabtu-Minggu) pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Cibulan

wisata kuningan - cibulan

wisata kuningan – cibulan

Setelah puas menikmati wisata bersejarah di gedung perundingan Linggarjati, Anda bisa melanjutkan wisata dengan mengunjungi objek wisata Cibulan. Cibulan merupakan objek wisata tertua yang ada di Kabupaten Kuningan. Di tempat wisata ini, terdapat cukup banyak tempat rekreasi, mulai dari Kolam Linggarjati, Kolam Darma Loka serta Kolam Cigugur, di kolam tersebut kita akan menjumpai spesies ikan yang kabarnya merupakan hasil reinkarnasi dari Prajurit Prabu Siliwangi. Ikan yang terkenal dengan nama ikan dewa, ini jumlahnya tidak pernah bertambah atau berkurang sejak zaman dahulu, saat kolam ikan dikuras, ikan dewa akan menghilang dengan sendirinya, namun setelah kolam diisi air, ikan dewa kembali masuk ke dalam ikan dengan jumlah yang sama.

Taman purbakala Cipari

wisata kunigan - Taman purbakala Cipari

wisata kunigan – Taman purbakala Cipari

Salah satu objek wisata kuningan yang patut untuk dikunjungi adalah tamar purbakala Cipari yang terletak di Desa Cigugur, tepatnya di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Situs purbakala ini kabarnya merupakan pemukiman masyarakt di akhir masa Neolitikum, kurang lebih pada tahun 1000-1500 SM. Penemuan pertama yang ditemukan di sini adalah peti kubur batu baru kemudian peneliti menemukan perkakas dapur, gerabah, perunggu serta bekas pondasi dari bangunan. Susunan dari batu purba berada dalam kondisi tegak dan tersebar di area yang terbuka. Di tempat ini juga terdapat Museum Taman Purbakala Cipari.

Tahu kopeci Kuningan

wisata kuningan - tahu kopeci

wisata kuningan – tahu kopeci

Tidak hanya tape ketan saja yang harus Anda bawa pulang disaat Anda berlibur di Kuningan, Anda pun wajib membawa tahu Lamping yang sekilas hampir menyerupai dengan tahu Sumedang. Ada begitu banyak penjual tahu lamping namun yang paling dikenal dan populer adalah toko tahu kopeci. Harga tahu sangatlah terjangkau, cukup sediakan Rp. 500 per tahunya.

Toko buah tangan Teh Diah

Ingin mencari oleh-oleh khas dari Kuningan, maka Anda hanya perlu mengunjungi toko buah tangan Teh Diah yang terletak tidak jauh dari pertigaan Linggarjati tepatnya dari arah Kuningan. Toko Teh Diah menjual berbagai oleh-oleh khas dari Kuningan, seperti tape ketan, aneka keripik, opak bakar, minuman jeruk nipis peras serta rengginang.

baca juga artikel menarik lainnya : tempat wisata di cirebon

Melakukan wisata Kuningan akan menjadi lebih menyenangkan bila Anda telah mengunjungi beberapa objek wisata terkenal yang ada di Kota ini.


Pencarian terkait:

yhs-1,wisata kuningan terbaru,wisata kuningan,tempat wisata baru dikuningan jawa barat,wisata di kuningan,tempat wisata baru dikuningan 2017,tempat wisata di kuningan,wisata kuningan baruPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *