Menu

Referesi Tempat Wisata Kudus, Kota Rokok di Jawa Tengah

Referesi Tempat Wisata Kudus, Kota Rokok di Jawa Tengah

Kudus merupakan sebuah kota paling kecil yang ada di Jawa Tengah. Walaupun begitu, kota ini berkembang berkat adanya pabrik rokok PT. Djarum yang melegenda. Selain rokok, kota ini menyimpan potensi wisata Kudus yang seru. Ini dia daftarnya.

5 Tempat Wisata di Kudus

  1. Makam Sunan Muria
makam sunan muria - wisata kudus

makam sunan muria – wisata kudus

Walisongo atau Sembilan Wali adalah tokoh Islam di Indonesia yang sangat terkenal. Salah satu wali, yaitu Syeh R. Umar Sa’id atau yang biasa dipanggil Sunan Muria dimakamkan di tanah Kudus. Makamnya hingga kini terletak di desa Colo, kecamatan Dawe, tepatnya sekitar 18 km dari pusat kota Kudus. Makam Sunan Muria berlokasi di sebuah bukit dan berada satu komlek dengan Masjid Sunan Muria. Hingga kini Makam Sunan Muria masih menjadi obyek wisata religi bagi umat muslim yang ingin melakukan ziarah ke makam salah satu walisongo. Di sekitar komplek makam, ada juga sejumlah toko cinderamata serta beragam jajanan.

  1. Air Terjun Montel
Air Terjun Montel - wisata kudus

Air Terjun Montel – wisata kudus

Kudus pun juga memiliki obyek wisata alam, salah satunya adalah Air Terjun Montel. Masih berada satu kawasan dengan Makam Sunan Muria, air terjun ini dapat Anda jumpai dekat dengan makam salah satu walisongo tersebut, tepatnya hanya sekitar 30 menit berjalan kaki. Anda juga dapat menggunakan jasa ojek yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi air terjun dari Makam Sunan Muria. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 25 meter dan memiliki sebuah kolam air terjun yang cukup luas. Sejumlah bebatuan besar yang berada di sekitar lokasi air terjun menambah kecantikan Air Terjun Montel. Anda bisa menikmati obyek wisata alam ini dengan duduk-duduk di sekitar air terjun, atau dengan berendam atau bermain air di dalam kolam air terjun.

  1. Obyek Wisata Colo
Obyek Wisata Colo - wisata kudus

Obyek Wisata Colo – wisata kudus

Salah satu tempat wisata Kudus lainnya adalah Obyek Wisata Colo. Di sini, Anda dapat menjumpai pemandangan alam yang indah dari lereng Gunung Muria. Selain itu, panorama daerah perbukitan yang ada di pegunungan Muria semakin menambah cantik obyek wisata Colo. Obyek wisata alam ini berada di ketinggian mencapai 1,602 meter di atas permukaan laut, sehingga dapat menyuguhkan suasana serta udara yang sejuk dan alami. Untuk menikmati obyek wisata Colo, Anda dapat berkemah di bumi perkemahan Kajar yang berada di kawasan hutan pinus. Kawasan hutan pinus ini sendiri terletak di jarak 3 km dari Colo sebelah selatan. Selain bumi perkemahan, Kajar juga menjadi ajang untuk kegiatan lintas alam, hiking atau pendakian gunung.

  1. Rahtawu
Rahtawu - wisata kudus

Rahtawu – wisata kudus

Jika Anda ingin liburan yang berfokus pada budaya, Anda bisa datang ke Desa Rahtawu. Desa Rahtawu adalah sebuah tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Muria. Desa ini sendiri terletak di ketinggian hingga 1,627 mdpl sehingga Anda dapat menikmati udara segar khas pedesaan selama berada di sini. Menambah sejuk suasana, Anda juga dapat melihat pemandangan pegunungan Muria dari sini. Di sini, Anda bisa merasakan kehidupan masyarakat setempat sekaligus mempelajari budaya dan sejarah masyarakat lokal di Kudus. Anda juga wajib mencoba mandi-mandi di sungai desa yang airnya masih jernih, lengkap dengan batu-batu kali berukuran besar. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai beberapa bangunan pertapaan di sini.

  1. Museum Kretek
Museum Kretek - tempat wisata di kudus

Museum Kretek – tempat wisata di kudus

Kudus adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang berkembang karena munculnya pabrik rokok dari merek terkenal, PT Djarum. Sejarah kota ini yang berkembang berkat pabrik rokok diabadikan dalam sebuah museum, yaitu Museum Kretek. Museum ini berada di kecamatan Jati, tepatnya di desa Getas Pejaten atau sekitar 3 km dari pusat kota Kudus. Museum ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1986 dan memiliki berbagai koleksi peninggalan berupa foto-foto sejarah rokok di Kudus, serta ada juga diorama berbagai adegan proses pembuatan rokok.

Nah, itu dia beberapa referensi untuk wisata Kudus yang dapat Anda coba. Jangan lupa untuk melihat-lihat pabrik rokok baik yang besar maupun yang masih industri kecil, ya!


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *