Menu

Daftar 5 Tempat Wisata di Kendari, dari Benteng hingga Taman Laut

Daftar 5 Tempat Wisata di Kendari, dari Benteng hingga Taman Laut

Kendari, sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara memiliki segudang obyek wisata, mulai dari sejarah hingga alam. Penasaran apa saja potensi wisata di Kendari? Ini dia ulasannya.

  1. Air Terjun Moremo
Air Terjun Moremo - wisata kendari

Air Terjun Moremo – wisata kendari

Kendari memiliki sebuah air terjun cantik yang berada di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, tepatnya 60 km jaraknya dari pusat kota Kendari. Air terjun ini adalah jenis air terjun bertingkat atau cascade. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dengan suasana sekitar yang masih alami dan menyegarkan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata refreshing. Selain itu, tempat beradanya Air Terjun Moremo ini, hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, terkenal sebagai penghasil baru marmer terbesar di Indonesia, bahkan di dunia, wow! Air terjun yang bertingkat ini dapat Anda daki tanpa harus takut, karena batuan kapur yang tidak akan licin.

  1. Benteng Istana Buton
Benteng Istana Buton - wisata kendari

Benteng Istana Buton – wisata kendari

Selain sebagai penghasil marmer terbesar di dunia, Kendari juga memiliki benteng terluas yang ada di dunia dan sudah diakui oleh Guiness Book of Record di tahun 2006 lalu. Wow lagi! Walaupun begitu, ternyata tidak banyak yang mengetahui tentang benteng ini. Benteng Istana Buton dapat Anda jumpai di kabupaten Bau Bau. Terdapat sekitar 52 meriam yang berada di masing-masing 16 pos yang tersebar untuk menjaga benteng ini, dengan 12 buah pintu masuk untuk menuju Benteng Istana Buton. Tak heran jika benteng ini dinobatkan sebagai benteng terluas di dunia. Uniknya, benteng ini secara swadaya dirawat dan dijaga oleh masyarakat sekitar di kelurahan Melai. Hal ini dilakukan karena masyarakat sekitar masih merasa sebagai keturunan orang Istana Buton, sehingga merasa bertanggung jawab untuk menjaga benteng mereka.

  1. Pantai Nambo
Pantai Nambo - wisata kendari

Pantai Nambo – wisata kendari

Dari wisata sejarah, kita beralih ke wisata alam. Kendari memiliki Pantai Nambo, sebuah pantai cantik khas Sulawesi. Pantai ini adalah salah satu alternatif wisata di Kendari yang menjadi pantai paling terkenal dan favorit di sana. Hal ini mungkin dikarenakan lokasi pantai yang tidak terlalu jauh dari kota, yaitu hanya sekitar 12 km dari pusat kota Kendari. Pantai ini sangat cantik dengan air lautnya yang jernih dan memiliki gradasi warna dari biru ke hijau, hamparan pasir putih yang halus, serta ombak pantai yang relatif tenang. Selain itu, ada juga pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar pinggir pantai yang menambah kelengkapan Pantai Nambo.

  1. Taman Laut Wakatobi
Taman Laut Wakatobi - wisata kendari

Taman Laut Wakatobi – wisata kendari

Jangan sangka Kendari tidak memiliki taman laut seperti kota-kota tetangganya di Sulawesi. Ada! Taman Laut Wakatobi. Selain Taman Laut Bunaken, taman laut yang satu ini tidak kalah terkenalnya karena dapat menjadi alternatif lain selain Bunaken. Tak heran jika Anda akan menjumpai pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Pantai ini sendiri memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Keindahan bawah lautnya? Ah, jangan ditanya. Sangat indah! Keindahannya akan menyihir Anda untuk terkesima saat berkunjung ke bawah laut Wakatobi. Selain Bunaken, Taman Laut Wakatobi konon katanya menjadi taman laut paling indah di dunia dengan koleksi terumbu karang serta ikan-ikan langka yang lengkap.

  1. Taman Hutan Raya Murhum
Taman Hutan Raya Murhum

Taman Hutan Raya Murhum

Tahura Murhum adalah salah satu dari total 16 kawasan hutan yang ada di Sulawesi Tenggara yang dijadikan daerah konservasi alam. Sulawesi sangat kaya akan daerah alamnya, bukan? Tahura Marhum ini berada di atas lahan seluas 8,146 hektar dan berada di ketinggian dari 25-500 mdpl. Di sini, Anda dapat menjumpai daerah perbukitan hingga pengunungan. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan berbagai jenis flora dan fauna. Ada pohon kayu besi, pandan tikar, kayu puta, bolo-bolo putih, eha, dan masih banyak yang lainnya untuk flora, serta ada kuskus, anoa, musang Sulawesi, rangkong, elang laut, dan lain sebagainya untuk fauna.

Itu dia informasi tentang potensi wisata di Kendari yang oke. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!


Pencarian terkait:

tempat hunting di kendari,Air terjun moremo,tempat hunting dikendariPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *