Menu

Tempat Wisata di Flores Kelas Dunia

Tempat wisata di Flores, 10 Besar Tempat paling layak dikunjung di dunia

Awal November lalu , Lonely Planet menempatkan Flores Sebagai satu diantara sepuluh tempat yang paling layak dikunjung wisatawan pada 2015.Memang eksotisme Flores membentang dari sisi barat hingga timur, Ini Sekelumit keindahan di salah satu jantungnya.

KABUPATEN Ende berada di sisi timur bagian selatan Pulau Flores. Ada beberapa tempat wisata di kabupaten tersebut. Paling terkenal adalah Danau Kelimutu dan Rumah Pengasingan Bung Kamo pada 1934-1938. Dua tempat wisata di flores itu sampai sekarang sering dikunjungi wisatawan asing maupun dalam negeri.

Ada Cuilan Masa Lalu di Ende

Tempat wisata di flores

Tempat wisata di flores.sumber gambar : google.co.id

Sebenarnya, ada banyak destinasi wisata di indonesia lain yang juga patut di kunjungi. Misalnya, kampung di Desa Wologai, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende. Kampung tersebut masih lekat dengan adat dan rumah khas Ende. Lalu, masih di kecamatan yang sama, terdapat Desa Wolondopo. Di kampung tersebut terdapat mumi mosalaki (pemimpin adat).

Wologai merupakan kampung kuno di Desa Wologai, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende. Kampung itu merupakan salah satu yang dihuni suku Ende Lio, yang keturunannya berasal dari Gunung Lepembusu.

Di kampung tersebut terdapat banyak rumah adat (sao). Sayang, tidak ada lagi rumah adat asli yang usianya ratusan tahun. Musnahnya rumah adat asli itu disebabkan kebakaran yang terjadi empat kali. Terakhir pada 2012 yang menghanguskan 18 rumah adat. Saat ini renovasi rumah adat tersebut sedang berlangsung.

Rumah-rumah itu berada di area yang luasnya sekitar 200 meter persegi. Di tengah rumah adat, terdapat tumpukan batu yang membentuk singgasana. Semacam altar persembahan khas masyarakat zaman Batu Besar (Megalitikum). Yohannes Resi, sekretaris desa setempat, mengatakan, ada kuburan di tumpukan batu tersebut. “Mereka biasanya mosalaki atau pemimpin adat,” katanya.

Dia lalu menunjukkan pemandangan tumpukan batu yang salah satunya menjulang ke atas. Tempat itu disebut Tubu Kanga, yakni tempat mereka melakukan upacara adat. Luas Tubu Kanga sekitar 50 meter persegi. Tidak luas, tapi cukup menampung seribu orang saat upacara adat berlangsung.

Di sebelah Tubu Kanga terdapat gazebo. Tempat itu menjadi ruang mosalaki bermusyawarah. Tidak semua orang bisa masuk ke tempat tersebut. Upacara adat di kampung itu biasa berlangsung Agustus. Tepatnya saat musim tanam. Lalu, berlanjut sesuai jadwal adat yang sudah ditetapkan.

Banyak peninggalan leluhur yang masih tersimpan di kampung tersebut. Salah satunya kendang dari kulit manusia. Dahulu ada masyarakat adat yang melakukan kesalahan. Warga tersebut kemudian meninggal. Kulitnya digunakan sebagai kendang. “Kendang itu ditabuh ketika upacara adat hendak digelar,” ujar Yohannes.

Tingginya nilai adat di kampung itu mengharuskan wisatawan berhati- hati. Ada aturan tidak tertulis di kampung tersebut. Agar aman, lebih baik wisatawan minta didampingi warga setempat.

Tempat Wisata di Flores

Tunggu Hari Baru di Kelimutu

Tempat wisata di Flores

Danau Tiga Warna Kelimutu.Tempat wisata di Flores.sumber gambar : google.co.id

MASYARAKAT sering menyebutnya Danau Tiga Warna. Destinasi wisata ini terletak 60 kilometer dari pusat Kota Ende. Danau Tiga Warna itu berada di tengah Taman Nasional Kelimutu. Danau tersebut memperlihatkan tiga kawah dengan warna berbeda. Bisa hijau, biru, dan merah kegelapan. Warna itu dalam kurun waktu tertentu bakal berubah ke warna lain.

Masyarakat setempat meyakini, kawah atau danau tersebut tempat bersemayamnya nyawa manusia. Lokasi mereka berada sesuai dengan warna air di kawah itu. Semisal, jiwa yang jahat akan berada di kawah berwarna merah.
Untuk menuju ke puncak, pengunjung harus berjalan kaki 1 kilometer. Medan kemiringannya lebih dari 45 derajat. Sangat curam, namun tergolong aman karena jogging track-nya sudah ada.

Pengunjung yang belum pernah ke Kelimutu sangat dianjurkan meminta pendamping. Selain itu, persiapkan senter atau lampu kecil. Sebab, kabut kerap datang tiba-tiba. Pemandangan jadi gelap dan dingin.
Tip yang perlu dipersiapkan, fisik untuk mencapai bukit. Gunakan pakaian yang tebal agar hangat. Jangan lupa membawa bekal untuk dimakan di puncak Kelimutu. Sebab, tempat itu sungguh asyik untuk menantikan terbitnya matahari penanda hari baru

Tempat wisata di Flores yang bisa menjadi daftar kunjungan anda

Flores, sang Pulau Bunga itu, mendapat kehormatan tak kepalang tanggung. Lonely Planet, situs panduan wisata kelas dunia, mengganjarnya sebagai Top 10 Reglons Best in Travel 2015. Flores adalah satu-satunya tempat di Asia Tenggara yang mendapat penghargaan itu.

Berikut adalah beberapa bunga-bunga pariwisata Flores yang bisa dinikmati dari ujung barat hingga ke timur.

1. Labuan Bajo

Tempat wisata di Flores

Labuan Bajo ,Tempat wisata di Flores.sumber gambar : google.co.id

Kota pelabuhan di barat Flores ini adalah persingga­han menuju Taman Nasional Komodo, tempat hidup ’’naga purba” yang hanya ada di Indonesia.

2. Wae Rebo

Tempat wisata di Flores

Tempat wisata di Flores.sumber gambar : google.co.id

Desa mungil dengan tujuh rumah kerucut satu-satunya di dunia ini menawarkan wisata heritage tak ada duanya. Bertempat di Ruteng, Manggarai Barat, Wae Rebo menjanjikan petualangan pendakian untuk menyaksikan peninggalan budaya yang diakui UNESCO tersebut.

3. Liang Bua

Tempat wisata di flores

Liang Bua,Tempat wisata di flores.sumber gambar : google.co.id

Masih di Ruteng, Liang Bua adalah situs arkeologi penting, la pernah menjadi rumah Homo floresiensis, manusia purba kerdil alias Hobbit dari Flores.

4. Kampung Bena

Tempat wisata di flores

Tempat wisata di flores.sumber gambar : google.co.id

Kampung tradisional di Kabupaten Ngada ini punya ciri khas desa Megalitikum

5. Danau Kelimutu

Tempat wisata di Flores

Danau kelimutu,Tempat wisata di Flores.sumber gambar : google.co.id

Danau tiga warna ini menyimpan keindahan tak terkira, terutama saat dinikmati sembari menunggu matahari terbit.

6. Larantuka

Tempat wisata di flores

Larangtuka,Tempat wisata di flores.sumber gambar : google.co.id

Kota di ujung timur Pulau Flores ini memiliki tradisi religi yang begitu kuat. Setiap Paskah, ribuan peziarah dari berbagai penjuru negeri mendatangi ritual Semana Santa.

sumber : jawapos jumat tanggal 28 nov 2014

Tempat wisata di Flores tidak kalah dengan wisata mancanegara bukan (baca juga wisata indah lainnya di wisata gunung bromo)


Pencarian terkait:

tempat wisata di Flores,wisata flores,yhs-fullyhosted_010,tempat pariwisata di flores,tempat wisata di ende,tempat wisata di ende flores,tempat terindah di flores,tempat wisata ende,tempat wisata kota ende,minta parawisata flores ende lio 2025Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *