Menu

Tempat Wisata di Cirebon yang Menawan

Mau Tau Tempat Wisata Cirebon yang Wajib Dikunjungi ? Yukk Dapatkan Info Menariknya di sini.

Jika anda sering mudik ke kawasan Pulau Jawa tentunya anda melewati Jalur Pantura yang berada di kawasan Wisata Cirebon. Selain sebagai jalur alternatif mudik, ternyata Cirebon juga memiliki berbagai macam kerajinan, salah satunya yang sudah sangat terkenal adalah Batik. Bisa dibilang jika Cirebon merupakan sentra batik terbesar di Pulau Jawa. Selain kota jakarta yang terkenal dengan Wisata Pulau Seribu nya, ternyata kota Cirebon juga memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sangat luar biasa.

Kota Cirebon masih berada di kawasan Jawa Barat sehingga wajar saja jika udara di kota ini cukup sejuk. Banyak sekali potensi tempat wisata alam yang terdapat di Cirebon yang bisa anda kunjungi pada waktu akhir pekan ataupun pada saat libur panjang. Kali ini saya akan memberikan tempat wisata yang sangat menarik di kota Cirebon, silakan disimak ya.

Wisata Cirebon

1. Situ Sedong

Situ Sedong,Tempat Wisata Cirebon

Situ Sedong,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Situ Sedong merupakan sebuah waduk yang berada di Kecamatan Sedong. Selain itu, objek wisata ini seringkali dikunjungi banyak orang khususnya ketika akhir pekan. Anda bisa bersantai di pinggiran waduk ini. Selain itu, anda juga bisa mengelilingi Situ Sedong menggunakna bebek air. Pemandangan di Situ Sedong juga sangat indah, apalagi dilengkapi dengan berbagai pepohonan yang rindang sehingga membuat suasana menjadi lebih teduh dan adem.

2. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang,Tempat Wisata Cirebon

Desa Wisata Cikalahang,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Desa ini memiliki banyak sekali pepohonan hijau yang menjulang. Selain itu, pemandangan di sepanjang jalan desa ini juga sangat indah. Anda bisa bermain bebek air di sepanjang danu yang ada di dalam desa wisata ini. Jika perut anda sudah terasa lapar maka anda tidak perlu khawatir, karena di desa ini terdapat banyak sekali restaurant atau rumah makan yang menyajikan menu makanan yang sangat lezat.

3. Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan,Tempat Wisata Cirebon

Banyu Panas Palimanan,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Objek wisata berikutnya yang bisa anda kunjungi adalah Banyu Panas Palimanan. Objek wisata ini merupakan pemandian air panas yang airnya berasal dari sumber air panas alami. Kandungan belerang yang terdapat pada air panas ini dapat menghilangkan berbagai macam penyakit kulit. Untuk sampai ke pemandian ini maka anda harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari kota Cirebon. Selain itu, di sekitar pemandian air panas ini terdapat gazebo yang bisa anda gunakan untuk beristirahat dan bersantai.

4. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution,Tempat Wisata Cirebon

Taman Ade Irma Suryani Nasution,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Taman ini merupakan taman rekreasi terbesar di kota Cirebon. Taman wisata ini memang seringkali dikunjungi banyak wisatawan karena di dalamnya terdapat kebun binatang mini dan juga taman bermain anak. Selain itu, anda juga bisa menikmati keindahan pantai yang berada di kawasan taman rekreasi ini. Objek wisata ini bisa anda kunjungi bersama keluarga tercinta pada akhir pekan ataupun pada masa liburan sekolah.

5. Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin,Tempat Wisata Cirebon

Wanawisata Ciwaringin,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Jika Anda sedang berwisata di kota Cirebon, jangan lupa untuk mampir ke hutan wisata yang alamnya sangat indah dan dihiasi oleh banyak pepohonan kayu putih. Di mana lagi kalau bukan di Wanawisata Ciwaringin. Selain sebagai tempat wisata hutan, bagi Anda penggemar motor cross juga disediakan arenannya di tempat ini. Lokasinya terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, dan berjarak 17 kilometer dari Kota Sumber. Bukan hanya pemandangan hutan yang hijau, tetapi Anda juga bisa menikmati indahnya air di danau Ciranca. So, bagi Anda yang suka berpetualang dan menikmati keindahan alam, Wanawisata Ciwaringin ini sangat pas dan cocok untuk Anda kunjungi.

6. Keraton Kasepuhan Cirebon 

Keraton Kasepuhan Cirebon,Tempat Wisata Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Setelah lelah berpetualang di hutan wisata Ciwaringin, Anda mungkin bisa beristirahat dan menikmati keindahan desain interior dari Keraton Kasepuhan. Keraton ini adalah keraton termegah, terbaik, dan paling terawat di kota Cirebon. Arsitektur di setiap sudut bangunan bersejarah ini pun memiliki makna-makna tersendiri. Halaman depan bangunannya dikelilingi tembok bata merah yang sangat khas dan terdapat pendopo di dalamnya. Dahulu, Keraton Kasepuhan Cierbon ini adalah kerajaan Islam tempat bertahtanya para pendiri Cirebon. Dan di sinilah letak pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berada. Keraton ini dilengkapi dengan museum yang berisikan benda-benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Koleksi yang paling unik di tempa tetersebut adalah kereta kencana Sunan Gunung Jati yang dikeluarkan tiap 1 Syawal untuk dimandikan.

7. Keraton Kanoman 

Keraton Kanoman,Tempat Wisata Cirebon

Keraton Kanoman,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : tempo.co.id

Selain Keraton Kasepuhan, di Cirebon juga ada Keraton Kanoman. Keraton ini merupakan Kesultanan Cirebon yang berdiri pada tahun 1678. Kesultanan Cirebon ini terdiri dari Keraton Kasepuhan sebagai pemimpin dan Keraton Kanoman sebagai wakilnya. Keraton Kanoman ini didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya. Tradisi-tradisi seperti Grebeg Syawal pun masih rutin dilakukan seminggu setelah Idul Fitri.

8. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa.sumber gambar : google.co.id

Nah, jika Anda mampir ke Keraton Kanoman, jangan lupa mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang letaknya masih dalam komplek Keraton Kanoman. Diceritakan bahwa dahulu, untuk membangun masjid ini dibutuhkan sekitar lima ratus orang yang didatangkan dari Majapahit, Demak dan dari wilayah Cirebon sendiri. Yang Khas dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini adalah atapnya yang memiliki kemuncak atap layaknya masjid-masjid lain yang ada di Pulau Jawa.  Masjid ini terdiri dari ruangan, yaitu beranda dan ruang utama.

9. Gua Sunyaragi Cirebon

Gua Sunyaragi Cirebon,Tempat Wisata Cirebon

Gua Sunyaragi Cirebon,Tempat Wisata Cirebon.sumber gambar : google.co.id

Selain itu, ada juga wisata bernuansa klasik lainnya di Gua Sunyaragi. Sebuah gua yang terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Gua Sunyaragi merupakan sebuah bangunan yang mirip dengan candi. Disebut juga dengan nama Taman Air Sinyaragi atau Tamansari Sunyaragi. Gua ini menjadi salah satu cagar budaya yang ada di Cirebon dengan luar 15 hektar. Konstruksinya sebenarnya seperti sebuah taman air, maka dari itu tempat ini juga disebut dengan taman air Gua Sunyaragi.

Selain kota cirebon anda bisa mengunjung tempat wisata di bogor ataupun tempat wisata di tangerang bila anda berkunjung di Salah satu tempat wisata di Indonesia yang berada di Jawa Barat ini.Itulah beberapa informasi yang paling menarik di kota Wisata Cirebon semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda seputar dunia wisata.


Pencarian terkait:

wisata cirebon,tempat wisata di cirebon,wisata di cirebon,tempat wisata cirebon,objek wisata cirebon,objek wisata di cirebon,pantai di cirebon,gambar sunyaragi cirebon,wisata adeirma suryani dicirebon,content,tempat lukisan di cirebon,spot foto di kota cirebon,penginapan ciwaringin,gambar kota cirebon,wisata yang bagus dicirebonPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *