Menu

Tempat Wisata di Bandung Menghadirkan banyak cerita

Bandung adalah ibukota provinsi Jawa Barat dan merupakan kota terbesar ke empat di Indonesia. Terletak pada ketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut, kota ini memiliki udara yang relatif sejuk.Mayoritas penduduk Bandung adalah orang (suku) Sunda

Kota Bandung memiliki daya tarik kuat bagi banyak orang untuk datang berkunjung ke kota ini. Rada setiap hari libur, Bandung ‘diserbu’ orang Jakarta dan orang dari kota lainnya. Pada setiap hari Sabtu atau Minggu lalu lintas di daiam kota dan sekitar Bandung macet, jalan raya dipenuhi kendaraan berplat nomer Jakarta. Tapi siapa peduli dengan kemacetan, yang penting bisa berlibur ke Bandung. Orang Jakarta pergi ke Bandung untuk membeli baju bermerek di factory outlet dengan harga murah atau mencari jajanan di berbagai tempat yang terdapat di Bandung.

Selain ‘kota kembang’, Bandung juga pernah dijuluki sebagai ‘Paris van Java’ karena berbagai taman dan kebun yang terdapat di kota ini, namun kemegahan dari julukan itu lebih banyak berlaku untuk Bandung tempo doeloe. Banyak juga bangunan bergaya Belanda warisan masa lalu yang kurang terawat bercampur aduk dengan bangunan baru. Bandung sekarang adalah seperti kota besar lainnya di Indonesia dengan lalu iintasnya yang ramai, polusi, kemacetan dan pengamen jalanan yang ada dimana- mana.

Kawasan yang terletak di utara Bandung memiliki banyak obyek wisata pegunungan yang menarik untuk dikunjungi seperti Lembang, Maribaya.Tangkuban Prahu dan Ciater. Wisatawan tentu saja dapat mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan dari Bandung tetapi kita juga dapat pergi ke tempat itu dengan berjalan kaki (treking) menyusuri bukit, hutan, lembah, sungai, kebun dan sebagainya dengan panorama yang cukup mengesankan. Kegiatan treking ini banyak dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa yang ada di Bandung. Namun untuk dapat melakukan perjaianan ini Anda memerlukan seorang penunjuk jalan (pemandu).

Tempat Wisata di Bandung

Pada masa kolonial dulu, pemerintah Belanda membangun jalur jalan kereta api yang membagi Bandung menjadi dua; wilayah utara dan selatan. Bagian utama kota Bandung umumnya berada di sebelah selatan rel kereta api. Pada masa itu, bagian selatan Bandung merupakan kawasan rakyat jelata (pribumi) sedangkan kawasan kediaman orang-orang Belanda terletak di utara dengan jalannya yang lebar terdiri dari tiga lajur dihiasi dengan berbagai tamanyang indah, inilah saat ketika Bandung dijuluki sebagai kota kembang atau Paris van Java .

Tempat Wisata di Bandung Utara

tempat wisata ciwidey bandung selatan

tempat wisata ciwidey bandung selatan

Wilayah yang berada di utara Kota Bandung memiliki sejumlah obyek wisata yang sangat menarik. Jika Anda melakukan perjaianan dari pusat kota Bandung lurus ke utara maka kawasan wisata pertama yang dijumpai adalah Kota Lembang. Namun di sekitar Kota Lembang terdapat pula sejumlah obyek wisata menarik lainnya seperti Desa Cihideung dan Maribaya, Anda dapat melakukan perjaianan dengan mencoba rute yang lebih menarik melalui Desa Cihideung, Kota Lembang dan Maribaya.

Jika Anda datang melalui Jalan Setia Budi, saat sampai di depan Terminal Ledeng, kendaraan dapat belok ke kiri melewati Jalan Sersan Bajuri dan terus ke Desa Cihideung, di kawasan ini terdapat sejumlah obyek wisata (lihat peta Lembang) seperti kawasan taman bunga, air terjun Cimahi dan perkebunan teh. Dari sini perjalanan dapat dilanjutkan ke Kota Lembang dimana terdapat Teropong Bintang Boscha, Hotel Grand Lembang dan Pasar Lembang.

Dari lembang ke arah tenggara, Anda akan menuju ke obyek wisata Maribaya. Dari Maribaya perjalanan dapat dilanjutkan keTaman Hutan Raya Juanda dimana Anda dapat menyaksikan Goa Jepang dan Goa Belanda serta Air Terjun Dago. Dari kawasan Taman Juanda, Anda dapat kembali ke pusat kota Bandung melalui melalui Jalan Ir H. Juanda.

Tempat Wisata di Bandung Utara

Tempat Wisata di Bandung Utara

Wisata Lembang Bandung

Sekitar 16 Km ke arah utara dari Bandung, di jalan yang menuju ke Tangkuban Prahu, wisatawan akan melewati kawasan Lembang. Tempat ini dulunya merupakan kawasan peristirahatan namun sekarang telah menjadi kota pasar. Penjual sayur dan buah- buahan berdagang hingga ke pinggir jalan raya. Kebanyakan wisatawan hanya lewat saja di tempat ini untuk menuju ke tempat lain yang lebih menarik di kawasan yang lebih tinggi di utara Bandung. (Baca Juga Tempat Wisata di Lembang)

Di Lembang terdapat sebuah hotel peninggalan kolonial yang cukup besar yaitu Grand Hotel Lembang (Jl. Raya Lembang 272, telp 2786671). Hotel ini merupakan peninggalan Belanda ketika Lembang masih merupakan kawasan peristirahan eksklusif bagi orang-orang Belanda yang tinggal di Bandung. Hotel bergaya lama ini memiliki kolam renang, taman yang cantik dan lapangan tenis dengan tarif Rp 45.000- 128.000.

Maribaya

Obyek wisata Maribaya terletak sekitar 4 Km di tenggara Lembang. Lokasi ini memiliki sumber mata air panas, taman, dan juga air terjun setinggi 25 meter. Maribaya adalah tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh keluarga, khususnya pada liburan akhir minggu. Mata air panas di Maribaya mengandung belerang yang nyaman untuk berenang ataupun berendam.

Di taman yang terdapat di Maribaya ini pengunjung melalui perjalanan (tracking) sepanjang 6 KM kurang lebihnya sekitar dua sampai tiga jam kembali ke Dago di Bandung. Treking melalui jalan kecil melewati lembah sungai yang menghijau hingga sampai ke Bukit Dago, tempat yang bogus untuk menikmati keindahan matahari saat tenggelam di ufuk barat.

Cihideung

Kawasan Desa Cihideung menjadi lokasi budi daya tanaman hias dan bunga yang diperdagangkan. Budi daya tanaman telah menjadi mata pencaharian warga Dcsa ini. Kawasan ini kemudian diberi nama kawasan Taman Bunga Cihideung. Di sepanjang Jalan Sersan Bajuri yang merupakan jalan utama yang melewati Desa Cihideung penduduk membuka kios penjualan bunga.

Hampir di semua tempat yang berada di tepi jalan raya sepanjang 3 Km dijadikan lokasi penjualan bunga. Hampir semua jenis bunga ada disini, mulai dari harga Rp 2000 hingga ratusan ribu rupiah. Begitu pula berbagai jenis tanaman pohon buah.

Anda dapat mampir di sejumlah kafe yang ada di kawasan ini jika ingin menghangatkan perut dengan minuman khas Sunda bajigur atau bandrek. Di sekitar kawasan Taman Bunga Cihideung terdapat kompleks perumahan elite seperti Vila Istana Bunga.

Dari Desa Cihideung perjalanan dapat dilanjutkan terus keutara ke arah yang menuju Lembang. Sepanjang jalan, Anda dapat menikmati aneka perkebunan buah dan sayuran milik penduduk desa. Dari ketinggian lokasi Anda juga dapat memandang hamparan kota Bandung jauh dibawah.

Tangkuban Prahu

Gunung api dengan ketinggian 2076 meter dari permukaan laut ini terletak sekitar 28 Km di utara kota Bandung yang dapat dicapai dalam waktu 30 menit. Selama perjalanan mendaki ke Tangkuban Prahu wisatawan disajikan dengan panorama alam pegunungan termasuk juga pemandangan ke dataran kota Bandung yang terlihat dari ketinggian.

Kendaraan dapat langsung mendaki hingga mendekati Kawah Ratu yang merupakan kawah utama di puncak gunung Tangkuban Prahu, tidak jauh dari kawah utama ini terdapat Kawah Upas. Dari sini pengunjung dapat berjalan kaki mendaki menuju ke stasiun geologi yang terletak di bagian yang lebih tinggi atau berjalan turun menuju ke kawah lain yang lebih kecil bernama Kawah Domas.

Kawah Domas memiliki sumber air panas yang mendidih dan juga geyser yaitu air panas alami yang memancar ke atas. Berjalan-jalan di sekitar kawah ini akan membawa kita terasa lebih dekat kepada alam.(Baca Juga Wisata Tangkuban perahu)

Ciater

Obyek wisata Ciater atau disebut juga Sari Ater terletak sekitar 8 Km di timur laut Tangkuban Prahu pada ketinggian 1,500 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini memiliki udara sejuk yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan cengkeh yang sangat luas. Tempat yang cocok untuk beristirahat. Kawasan perkebunan ini merupakan tempat berjalan-jalan yang sangat menyenangkan sambil menikmati udara segar pegunungan, wisatawan juga dapat menjenguk pabrik teh yang terletak di kawasan ini.

Desa Ciater memiliki sumber mata air panas yang mengandung belerang yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti lumpuh, rematik, syaraf, tulang dan penyakit kulit. Air dari mata air panas ini mengalir ke sungai-sungai yang terdapat di daerah ini sehingga menjadi dingin yang kemudian digunakan oleh petani setempat untuk mengairi sawah mereka sehingga menjadi subur.

Daya tarik utama yang terdapat di Ciater adalah kawasan peristirahatan Sari Ater Hot Spring Resort. Tempat ini memiliki lokasi pemandian air panas yang terbaik di sekitar Bandung dengan luas lahan lebih dari 5 hektar. Disini juga tersedia kolam air panas yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti rematik dan stroke. Setelah selesai berjalan-jalan di perkebunan dengan cuaca yang dingin, apalagi jika hujan turun, maka tidak ada yang lebih menyenangkan selain berendam di kolam air hangat ini.

Situ Lembang

Danau alam Situ Lembang yang terletak di sebelah baral Ciater, meliputi wilayah seluas 78 hektar, sekitar 40 hektar wilayah ini merupakan wilayah air. Di dekat danau ini terdapat hutan alam yang membuat kawasan ini menjadi indah dan juga teduh. Wilayah ini direncanakan untuk menjadi obyek wisata yang akan dikelola oleh Perum Perhutani Unit III Jawa Barat.

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupa kan danau buatan yang menjadi tempat yang populer untuk melakukan olahraga air seperti berenang, ski air dan boating. Danau yang terletak di dekat kota Purwakarta atau 70 Km barat laut Bandung ini memiliki bendungan sepanjang 1200 meter dengan ketinggian 100 meter yang menahan air danau dengan luas permukaan lebih kurang 80 hektar.

Bendungan ini memiliki pembangkit tenaga listrik yang didistribusikan ke Jakarta dan Jawa Barat dan juga menyediakan kebutuhan air untuk sebagian besar areal sawah di Jawa barat.

Komplek bendungan Jatiluhur ini memiliki sarana penginapan bagi pengunjung. Penginapan ini dulunya merupakan tempat tinggal para pekerja asal Perancis ketika ikut membangun bendungan ini. Pengunjung harus membawa kendaraan sendiri untuk menuju dan berkeliling di kawasan yang sangat tenang ini.

Tempat Wisata di Bandung Selatan

Kawasan di selatan kota Bandung memiliki obyek wisata pegunungan yang cukup populer dengan panorama yang tidak kalah indahnya dengan kawasan di utara 8andung. Lokasi wisata yang paling menarik di selatan Bandung adalah Kawah Putih dan Situ Patengan dengan panorama perkebunan teh dengan udaranya yang sejuk. Jika lalu lintas di kawasan utara Bandung selalu ramai maka sebaliknya kawasan Wisata Bandung Selatan lebih sepi, kecuali di daerah di sekitar pintu tol Cileunyi-Padalarang.

Tempat Wisata di Bandung Selatan

Tempat Wisata di Bandung Selatan

Kawah Putih

Untuk menuju ke Kawah Putih Anda harus mengambil jalan yang menuju ke Ciwidey; sebuah kota kecil yang memiliki beberapa restauran bergaya Sunda. Dari Ciwidey jalan akan berbelok-belok menuju persimpangan yang menuju ke Kawah Putih, 6 Km sebelum Rancabali. Kawah Putih adalah kawah gunung api dengan warna airnya yang biru kehijauan. Dari jalan raya, Anda harus belok kiri menempuh jalan yang kurang mulus sejauh 8 Km untuk mencapai lokasi Kawah Putih yang berada di bawah puncak Gunung Patuha (2334m). (baca juga wisata ciwidey)

Air Panas

Tidak jauh dari lokasi wisata Kawah Putih terdapat dua tempat pemandian air hangat yaitu di Cimangu dan Walini. Di kompleks Walini ini terdapat sebuah kolam air panas yang besar dan beberapa buah bungalo yang dikelilingi oleh perbukitan ditutupi oleh perkebunan teh yang menghijau. Namun kolam air panas yang besar ini terasa sangat sempit pada hari Sabtu atau Minggu karena ramai oleh pengunjung.

Situ Patengan

Situ Patengan merupakan lokasi wisata paling menarik di Wisata Bandung Selatan. Lokasi ini berada di Rancabali yang terletak 42 Km dari Bandung. Rancabali merupakan kawasan perkebunan teh yang memiliki panorama indah milik PT Perkebunan Nusantara VIII, Jabar. Kebun teh menghampar luas di perbukitan di kawasan ini.

Fakta di atas diambil dari majalah petunjunk wisata lengkap jawa barat (morissan)

Menarik bukan tempat wisata di bandung ? (baca juga tempat wisata di bogor)


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *