Menu

Berbagai Pilihan Wisata Ambarawa, Si Kota Rawa-Rawa

Berbagai Pilihan Tempat Wisata di Ambarawa, Si Kota Rawa-Rawa

Anda akan mengunjungi Jawa Tengah dekat-dekat ini? Wah, kebetulan! Untuk menambah wawasan serta pengalaman wisata Anda, mengapa tidak berkunjung ke kota Ambarawa? Kota dari sebuah museum kereta api yang terkenal ini menawarkan beberapa pilihan tempat wisata di Ambarawa yang menarik. Ini dia ulasannya.

5 Tempat Wisata di Ambarawa Terpopuler

  1. Kampoeng Rawa
Kampoeng Rawa - Wisata Ambarawa

Kampoeng Rawa – Wisata Ambarawa

Salah satu tempat wisata yang ada di Ambarawa ini masih tergolong baru. Obyek wisata Kampoeng Rawa adalah sebuah komplek dari sejumlah pondok rumah makan. Anda bisa dapat dengan mudah menjumpai obyek wisata ini karena lokasinya yang terletak di tepi jalan lingkar Ambarawa. Selain itu, Anda juga dapat mudah menjumpainya karena ciri khas bangunannya yang beratap joglo serta lokasinya berada di tengah kawasan sawah serta rawa. Hal yang unik dari Kampoeng Rawa ini adalah konsepnya yang terapung serta dibangun di atas semacam rakit yang terbuat dari drum plastik bekas. Sambil menyantap makanan yang lezat di sini, Anda juga akan ditemani oleh pemandangan hamparan perbukitan yang melingkupi kawasan rawa tempat Kampoeng Rawa berada serta danau Rawa Pening dari kejauhan.

  1. Rawa Pening
Rawa Pening - wisata ambarawa

Rawa Pening – wisata ambarawa

Nah, Anda bisa menikmati pemandangan indah Rawa Pening dari Kampoeng Rawa tadi. Rawa Pening sepertinya sangat erat kaitannya dengan kota Ambarawa, dan memang benar, karena ternyata Ambarawa sendiri berasal dari kata amba yang berarti luas serta rawa. Jadi, Ambarawa memiliki arti kawasan rawa yang luas. Keberadaan Rawa Pening ini sendiri selalu dikaitkan juga dengan sejarah Ambarawa di masa lalu. Jika Anda menginginkan liburan yang berbeda dari biasanya, Anda bisa mengunjungi salah satu rawa yang ada di Ambarawa ini. Untuk menikmati obyek wisata rawa ini, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling. Di sini, Anda bisa menjumpai banyak tumbuhan enceng gondok yang kemudian dimanfaatkan menjadi bahan dasar cinderamata.

  1. Museum Palagan Ambarawa
Museum Palagan Ambarawa

Museum Palagan Ambarawa

Museum ini adalah salah satu tempat wisata Ambarawa yang terkenal di sini. Museum Palagan Ambarawa adalah salah satu pilihan untuk wisata budaya favorit wisatawan di Ambarawa. Tempat berdirinya museum ini sekarang adalah saksi bisu dari pertempuran besar yang dulu terjadi saat masa penjajahan Jepang, tepatnya pada tahun 1945. Di museum atau yang juga disebut Monumen Palagan ini, Anda bisa menjumpai sejumlah benda bersejarah peninggalan dari Indonesia di masa lalu. Kebanyakan di antaranya adalah alat transportasi berbentuk kereta api. Unik, ya? Anda bisa menjumpai museum ini di Jl. Mgr. Sugiyopranoto.

  1. Gua Maria
Gua Maria - wisata ambarawa

Gua Maria – wisata ambarawa

Nah, tempat wisata di Ambarawa yang satu ini cukup unik. Mengapa? Karena Gua Maria adalah sebuah gereja atau tempat ibadah bagi umat Nasrani yang dibangun di dalam gua. Gua Maria merupakan salah satu pilihan wisata religi sekaligus wisata sejarah di Ambarawa karena dapat menceritakan sejarah agama Kristen di masa lalu. Di sini, Anda bisa memasuki gereja di dalam gua yang memiliki beberapa ruang serta beberapa patung buatan dari batu. Selain itu, ada juga sebuah taman yang indah dan sayang jika Anda lewatkan. Oh iya, di sini Anda juga akan disuguhi oleh pemandangan alam yang menyejukkan.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa
museum ambarawa wisata terbaik di jawa tengah

museum ambarawa wisata terbaik di jawa tengah

Hampir sama seperti Museum Palagan Ambarawa yang sebagian besar koleksinya adalah kereta api, Museum Kereta Api Ambarawa ini memiliki koleksi khusus alat transportasi berbentuk kereta api. Di sini, Anda bisa melihat berbagai koleksi kereta api kuno atau yang biasa disebut lokomotif secara langsung. Selain sejumlah koleksi kereta api kuno atau lokomotif, Anda juga bisa melihat beberapa benda bersejarah peninggalan dari masa lalu lainnya khususnya dari masa penjajahan Belanda. Beberapa benda bersejarah di antaranya adalah mesin ketik, mesin hitung, pesawat telepon, pesawat telegram, dan masih banyak benda lainnya. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi museum ini di Jl. Setasiun no. 1.

Semoga informasi tentang tempat wisata Ambarawa di atas dapat bermanfaat untuk Anda, ya! Selamat berlibur ke Ambarawa!


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *