Menu

Wisata Banda Aceh yang Menarik dan Patut Dikunjungi

Wisata Banda Aceh yang Menarik dan Patut Dikunjungi

Banda Aceh menjadi saksi bisu dari tragedi tsunami yang menimpa warga Aceh sekaligus menjadi momen yang mengurai air mata masyarakat Indonesia pada waktu itu. Namun ternyata, tsunami tersebut tidak serta merta dijadikan memori pahit saja, namun sebagai motivasi bahkan potensi wisata Banda Aceh.

8 Wisata di Banda Aceh yang Patut dikunjungi

1. Museum Tsunami

museum tsunami - wisata banda aceh

museum tsunami – wisata banda aceh

Tragedi tsunami yang menimpa Banda Aceh pada tahun 2004 silam tidak kemudian dijadikan kenangan pahit saja oleh warganya, melainkan sebagai renungan dan motivasi untuk bangkit. Maka dari itu, pemerintah Banda Aceh mengabadikan momen tersebut dalam sebuah museum yang dilengkapi dengan dekorasi serta alat pendukung modern. Jika Anda mengunjungi museum ini, dijamin Anda akan sukses dibawa kembali beberapa tahun silam saat tsunami menerjang Banda Aceh. Di sini, Anda akan menjumpai sebuah lorong panjang di mana Anda dapat mendengar suara gemuruh ombak dan kucuran air, seolah-olah sedang terjadi tsunami. Ada juga beberapa benda yang tersisa dari bencana tsunami, berbagai foto dan video terkait, serta foto dan nama korban meninggal. Selain menjadi museum, tempat ini juga memiliki simulator elektronik gempa bumi, pusat pendidikan dan dijadikan tempat berlindung jika sewaktu-waktu terjadi tsunami.

2. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman - wisata banda aceh

Masjid Raya Baiturrahman – wisata banda aceh

Jika kita kembali lagi pada tragedi naas yang menimpa Aceh pada tahun 2004 lalu, Anda mungkin akan menemukan masjid ini dalam berita. Ya, Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu bangunan yang tetap berdiri kokoh di antara puing-puing bangunan yang luluh lantak akibat tsunami pada saat itu. Masjid ini dibangun di bawah perintah Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Masjid ini sendiri memiliki tubuh bangunan yang bewarna putih dan dipadu dengan kubah masjid yang bewarna hitam. Anda juga dapat menjumpai 7 buah menara yang letaknya mengelilingi bangunan masjid. Selain itu, keanggunan masjid ini dilengkapi dengan sebuah kolam besar yang berada pada bagian depan masjid. Oh iya, keindahan masjid ini juga diakui oleh dunia lewat situs Yahoo! yang menominasikan masjid ini sebagai 10 Masjid Terindah di Dunia, lho!

3. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk - wisata banda aceh

Pantai Lampuuk – wisata banda aceh

Salah satu wisata Banda Aceh yang terkenal adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini menjadi terkenal karena dianggap sebagai Pantai Kuta-nya Banda Aceh. Pantai Lampuuk menawarkan hamparan pantai yang membentang luas hingga 5 km jauhnya. Di sini, Anda tidak akan kehabisan aktivitas untuk dilakukan. Anda bisa berenang, bermain air, bermain pasir, berjemur, berselancar, atau mencoba banana boat yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan tukik atau anak bayi penyu untuk dilepas ke lautan karena Pantai Lampuuk menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan pelestarian penyu. Jika Anda menyusuri Pantai Lampuuk, Anda akan bertemu dengan sebuah tebing karang yang berada di bagian ujung pantai.

4. Pantan Terong

Pantan Terong - tempat wisata banda aceh

Pantan Terong – tempat wisata banda aceh

Bukan, obyek wisata yang satu ini bukan sumber sayur terong atau berbentuk terong. Pantan Terong adalah sebuah bukit yang berdiri megah di atas ketinggian 1,830 meter di atas permukaan laut. Datang ke Pantan Terong akan menjadi sangat cocok untuk Anda yang senang melihat pemandangan alam dari ketinggian, karena dari atas sini, Anda akan sangat leluasa menikmati hamparan alam Aceh. Selain itu, Anda juga dapat menjumpai Danau Laut Tawar dari ketinggian. Oh iya, karena berada di ketinggian yang cukup ekstrim, jangan sampai melupakan jaket tebal atau pakaian hangat Anda saat megunjungi Pantan Terong, ya.

5. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam - wisata banda aceh

Air Terjun Blang Kolam – wisata banda aceh

Air Terjun Blang Kolam dapat Anda temukan di desa Sidomulyo, tepatnya di bagian utara Banda Aceh. Air terjun ini menjadi cukup terkenal selain karena keindahannya, juga karena keunikannya karena memiliki air terjun kembar yang mengalir berdampingan dari ketinggian 75 meter. Untuk menikmati keindahan Air Terjun Blang Kolam, Anda bisa duduk-duduk di sekitar kolam air terjun, berendam di dalamnya, atau bermain air di sekitar kolam air terjun. Jika ingin lebih mendalami keindahannya, Anda bisa berkemah di sekitar lokasi Air Terjun Blang Kolam. Ingin mengunjungi obyek wisata air terjun ini? Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit berkendara dari kota Lhokseumawe.

6. Takengon

takengon - wisata banda aceh

takengon – wisata banda aceh

Silahkan Anda berkunjung ke Takengon dan merasakan Danau Laut Tawar. Berkunjung 4 hari di kawasan ini merupakan kumpulan wisata berkendara sepeda, kenangan masa lalu, masa depan, dan saat ini. Di tempat ini Anda bisa merasakan keindahan negeri di atas awan dan mencicipi kuliner di daerah pembuat kopi nikmat. Alam yang sangat eksotis dan berbeda dengan tempat wisata serupa baik di Indonesia maupun wisata mancanegara.

7. Pantai Iboih

pantai iboih - wisata banda aceh

pantai iboih – wisata banda aceh

Banyak sekali wisatawan internasional lulu hatinya dan segera mengungkapkan cinta kepada ke eksotisan Pantai Iboih. Hutan lindung Iboih mempunyai garis pantai yang menawan ditemani pasir berwarna keemasan dan bebatuan yang tersusun rapi. Dasar laut yang dangkal memantulkan warna hijau kebiruan, sampai sampai menyorotkan kedamaian. Bentuk pesisir nya laksana bibir yang tersenyum menyapa pengelana menyelami kehangatan hutan hujan tropis dan bertahtakan keindahan flora dan fauna Indonesia.

8. Pantai Gapang

Pantai gapang- Wisata Banda Aceh

Pantai gapang- Wisata Banda Aceh

Pantai Gapang berlokasi di Sabang, Pulau Weh, merupakan salah satu alternatif wisata bahari dimana Anda berkunjung ke Banda Aceh. Para wisatawan dunia juga membuat pantai ini ada dalam daftar perjalanan mereka yang berlokasi di Pelabuhan Balohan lalu segera menuju ke sebelah barat pulau ini kira kira 60 menit perjalanan dengan medan naik turun.

Wisata Banda Aceh dapat menjadi salah satu alternatif untuk Anda yang mengingingkan liburan berbeda. Selamat menjajal Banda Aceh!


Pencarian terkait:

wisata banda acehPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *