Menu

Indahnya Berkunjung di 6 Tempat Wisata di Banjarnegara

Berlibur ke Jawa Tengah: Serunya Wisata Banjarnegara

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten yang terdaftar di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang bertetangga dengan Wonosobo dan Pekalongan ini cukup menarik untuk dikunjungi. Sebagai panduan, ini dia ulasan tempat wisata Banjarnegara untuk Anda.

6 Tempat Favorit Wisata Banjarnegara

  1. Arung Jeram Sungai Serayu
Wisata Banjarnegara,Arung Jeram Sungai Serayu

Wisata Banjarnegara,Arung Jeram Sungai Serayu

Jika Anda penggemar petualangan alam, Banjarnegara memiliki salah satu obyek wisata yang tepat untuk Anda. Arung Jeram Sungai Serayu ini meliputi daerah perbukitan hingga dataran rendah yang ada di tepi sungai Serayu. Anda bisa mengarungi derasnya aliran sungai Serayu yang sangat menantang sekaligus menyaksikan keindahan alam khas perbukitan.

  1. Kawah Sikidang Dieng
Wisata Banjarnegara Kawah Sikidang Dieng

Wisata Banjarnegara Kawah Sikidang Dieng

Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu obyek wisata alam yang juga terbentang mencapai kabupaten Banjarnegara. Salah satu obyek wisata yang terdapat pada daerah pegunungan tersebut adalah Kawah Sikidang ini. Kawah Sikidang Dieng menjadi salah satu destinasi favorit bagi pengunjung yang ingin menyaksikan fenomena alam yang indah. Kawah Sikidang Dieng merupakan sebuah kawah vulkanik yang memiliki lubang kepundan dan dapat Anda saksikan dari bibir kawah. Karena merupakan kawah gunung, lokasi Kawah Sikidang Dieng ini memiliki udara yang cukup hangat dengan bau belerang yang khas dan cukup menyengat dari sana.

  1. Kawah Candradimuka
Wisata banjarnegara, Kawah Candradimuka

Wisata banjarnegara, Kawah Candradimuka

Selain Kawah Sikidang, Banjarnegara masih memiliki obyek wisata kawah lainnya, yaitu Kawah Candradimuka. Kawah ini sebenarnya bukanlah sebuah kawah dari gunung berapi, namun kawah ini sebetulnya adalah lokasi pemunculan Solfatara yang berasal dari rekahan tanah. Pada lokasi Kawah Candradimuka ini terdapat dua buah lubang rekahan yang hingga kini masih aktif dalam mengeluarkan Solfatara. Selain itu, terdapat sebuah kepercayaan yang menyelubungi kawah ini bahwa terdapat sebuah sumber air yang memiliki kekuatan magis. Sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke sini untuk memanfaatkan sumber air magis ini.

  1. Curug Sirawe
Wisata Banjarnegara,Curug Sirawe

Wisata Banjarnegara,Curug Sirawe

Curug yang berarti air terjun ini berada tidak begitu jauh dari kawasan wisata Dieng. Air terjun indah ini dapat Anda temukan di desa Kepakisan, tepatnya di dusun Bitingan yang berada di arah barat dari Dieng. Air terjun ini menumpahkan air dari ketinggian hingga 80 meter. Lokasi Curug Sirawe yang berada di daerah pegunungan alami dan hijau ini semakin mempercantik keindahan air terjunnya sendiri. Salah satu hal unik yang dapat Anda saksikan di sini adalah bahwa air terjun ini menjadi tempat bertemunya air panas dan air dingin yang kemudian menyatu di air terjun ini. Anda dapat mencapai Curug Sirawe dengan menggunakan sepeda motor atau dengan trekking lewat bukit Sipandu.

  1. Curug Pitu
Wisata Banjarnegara,Curug Pitu

Wisata Banjarnegara,Curug Pitu

Nah, selain Curug Sirawe, Banjarnegara masih memiliki air terjun lain yang tak kalah menarik, yaitu Curug Pitu. Pastikan obyek wisata air terjun ini masuk dalam daftar wisata Banjarnegara Anda karena Anda dapat menyaksikan hal unik juga di sini. Air terjun yang terletak di dekat pusat Salak Pondoh ini konon memiliki keindahan alam yang sangat cantik dan memikat, lengkap dengan keunikannya yang memiliki tujuh buah air terjun yang tersusun secara bertingkat. Untuk menikmati keindahan air terjun di sini, Anda bisa bermain air pada beberapa tingkat air terjun atau berkemah di sekitar Curug Pitu yang telah tersedia.

  1. Wisata Candi di Banjarnegara
Wisata Candi di Banjarnegara

Wisata Candi di Banjarnegara

Banjarnegara memiliki beberapa buah candi bersejarah yang terletak di daerah dataran tinggi Dieng. Beberapa di antaranya adalah Candi Gatotkaca, Candi Arjuna, Candi Bima dan Candi Dwarawati. Jika diperhatikan, keempat candi ini sangat unik karena dinamakan dari nama pertokohan wayang. Candi Gatotkaca terletak di arah barat dari komplek Candi Arjuna yang berada di kaki bukit Pangonan, serta berada di jarak sekitar 1 km saja dari komplek Candi Bima. Candi Gatotkaca ini menghadap ke arah barat dan memiliki ornamen dari kala makara serta bangunan candinya berdiri tanpa rahang bawah. Candi Arjuna terletak sederet dengan beberapa candi lain di Dieng, seperti Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Puntadewa serta berhadapan dengan Candi Semar. Sementara Candi Bima merupakan sebuah bangunan candi yang bagian atapnya menyerupai bentuk shikara, atau seperti bentuk mangkuk yang sedang ditangkupkan. Candi Bima diperkirakan dibangun setelah Candi Srikandi. Sedangkan Candi Dwarawati lokasinya berada di bukit Perahu dan letaknya berada di paling utara dibandingkan candi-candi lain. Bangunan Candi Dwarawati memiliki ukuran 5,3 m x 5,3 m.

Selain terkenal dengan berbagai pilihan Wisata Banjarnegara di atas, kabupaten ini juga patut Anda coba sajian kulinernya yang khas. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dan sharing di media sosial Anda, ya! (Baca Juga Wisata dieng Wonosobo)


Pencarian terkait:

wisata di banjarnegaraPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *