Menu

12 Tempat Liburan Favorit di Indonesia

12 Tempat Liburan Favorit di Indonesia

Mau Berlibur Kemana ? Tanya ini Pastinya akan muncul di saat Liburan Panjang Tiba. Liburan Hadir di Saat Natal dan Tahun Baru tibu.Sudahkan Anda tentukan tempat berlibur bersama keluaga tahun ini ? Tentu Liburan akan lebih berkesan apabila kita mempersiapkan jauh hari sebelumnya. Tempat Liburan Favorit ini bisa menjadi pedoman liburan akhir tahun bersama keluarga.. SELAMAT BERLIBUR 

 12. PESONA NGARAI SIANOK

NGARAI SIANOK, Destinasi Wisata di Indonesia

NGARAI SIANOK, Tempat liburan di indonesia dengan panorama Spektakuler

Ngarai atau biasa dinamakan lembah yang sangat menawan disertai pohon rindang nan hijau membentang luas di atas bukit yang terjal,Ngarai Sianok mempunyai kedalaman 100 METER dan terbentang di sepanjang 15 KM dengan estimasi lebar 200 METER. Ngarai Sianok ini adalah bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko) yang membentuk dinding yang curam bahkan tegak lurus, Ngarai Sianok ini berada di perbatasan kota Bukittinggi dengan Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumbar. Di dasar ngarai ini dialiri Batang Sianok dengan air yang sangat jemih, Nah, kita bisa mengarungi sungai atau Batang Sianok ini dengan kano atau kayak.

Tempat Lain yang wajib dikunjungi di Ngarai Sianok Yakni Lubang Jepang yang berlokasi kira kira 40 METER di bawah permukaan tanah.Penduduk setempat mendirikan lobang ini pada tahun 1942 sampai 1945.Semua dilakukan secara paksa pada masa jajahan jepang. di dalam Lobang ini ada 21 lorong kecil yang mempunyai fungsi khusus.Ada ,dapur, , tempat pengintaian, tempat penyergapan,penjara, pintu pelarian,ruang sidang, lorong penyimpanan amunisi dan ruang penyiksaan.Tertantang Berkunjung  kesini !

Kembali Ke Atas

11. PULAU WEH

pulau weh.Destinasi wisata di indonesia

pulau weh.tempat liburan di Indonesia nan menawan.

Serambi Mekkah itulah sebutan yang disandang provinsi paling barat wilayah di Indonesia ini.Aceh mempunyai pesona wisata yang pantas diperhitungkan selain destinasi wisata religi.Di Kawasan Aceh ini anda bisa mendapai tempat yang sangat menarik yakni Masjid Raya Baiturahman, Kapal Apung PLTD yang terbentang di tengah wilayah perkampungan di saat tsunami terjadi,Kapal yang berada di atas rumah diperingati sebagai tugu peringatan peristiwa tsunami dan satu lagi tempat menarik yakni Museum Tsunami.dan banyak spot menarik lainnya.Jika anda suka wisata kuliner anda bisa mencoba kawasan Ulee Kareng

Nah bila anda mau berwisata bahari, anda bisa menyebrang ke Pulau sabang yang bisa terkenal dengan sebutan pulau Weh.disini populer dengan tugu titik NOL KILOMETER Indonesia. Keindahan Pantainya juga tak terbantahkan.dengan terumbu karang dan keindahan wisata bawah laut, Pulau ini layaknya surga bagi peselam dan pecinta scuba diving.

Kembali Ke Atas

10. ANCOL DAN KOTA TUA JAKARTA

ancol dan kota tua Destinasi Wisata di Indonesia

ancol dan kota tua Destinasi Wisata di Indonesia

ANCOL

Sebagai kota metropolitan sekaligus ibu kota negara, pastilah Jakarta memiliki daya tarik tersendiri sebagai tujuan utama kunjungan setiap warga Indonesia, Menjadi salah satu kota impian untuk disinggahi meski hanya sejenak, Nah, ada satu kawasan wisata yang menjadi ikon Jakarta sejak dulu yaitu Ancol. Kalau kita masuk di sini, kita akan menjumpai berbagai macam rekreasi seperti Taman Pantai Ancol, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudra, Atlantis, Pasar Seni, Seaworld, Gondola dan beberapa yang menarik lainnya. Biasanya Taman Pantai Ancol yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan tiba karena lebih ekonomis.cukup bayar tiket masuk kawasan Ancol dan parkir kendaraan saja. Ada yang lebih seru, Dunia Fantasi atau lebih dikenal Dufan. Disini kita bisa menikmati berbagai macam wahana permainan dari yang biasa hingga yang membutuhkan nyali besar seperti wahana terbaru yang di juluki “Hysteria”. Baca Juga (Tempat Wisata di Jakarta)

KOTA TUA

Satu lagi tempat yang layak dikunjungi saat berada di Jakarta adalah kawasan Kota Tua. Pusat kota ini didirikan sejak abad 16 oleh VOC dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen dan diberi nama Batavia. Jalan-jalan di kawasan ini seakan kita dibawa pada masa kejayaan Batavia tempo dulu saat menyusuri bangunan lawas yang masih berdiri gagah hingga saat ini. Banyak bangunan tua bersejarah yang bisa dikunjungi seperti Masjid Luar Batang, kawasan pelabuhan Sunda Kelapa, Museun Maritim, Menara Syahbandar, Pasar Ikan, Jembatan Tank Kota Intan, Grootegracht, Museum Wayang, Gereja Sion, Lapangan Fatahillah, Museum Sejarah Jakarta (Bekas Balai Kota Batavia), Stasiun Kota, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Standard Chartered Bank, Cafe Batavia, Toko Merah, Pecinan Glodok, Petak Sembilan dan masih banyak lagi, Saat pagi atau sore hari di kita bisa menghabiskan waktu di seputaran halaman Museum Sejarah Jakarta dengan berfoto-ria atau berkeliling dengan menyewa sepeda ontel yang banyak kita jumpai di situ.

Kembali Ke Atas

9. WISATA UBUD

Wisata ubud

Wisata ubud

Siapa yang tidak kenal Bali? Meski belum pemah menginjakkan kaki di Pulau Dewata ini pun pasti kita tahu, Bali memang sudah begitu terkenal sebagai destinasi wisata yang eksotis. Salah satu yang wajib dikunjungi saat tandang ke Bali adalah wilayah Ubud. Ubud berada di daerah Kab, Gianyar. Suasana yang begitu tentram, dipenuhi hijaunya tetumbuhan membentuk harmonisasi keindahan alarm Ubud yang terletak di antara sawah, hutan, jurang dan pegunungan. Denyut nadi masyarakat Ubud tidak dapat dilepaskan dari kesenian. Disini banyak terdapat galeri seni, juga arena pertunjukan musik dan tarian tradisional yang di gelar hampir setiap maiam secara bergantian di segala penjuru desa. Ubud dikenal oleh wisatawan barat sudah sejak tahun 1930-an. Dimana saat itu pelukis Jerrman: Walter Spies dan pelukis Belanda: Rudolf Bonnet menetap di Ubud dimana sekarang karya-karya mereka bisa dilihat ‘di Museum Puri Lukisan Ubud. Kawasan wisata Ubud sangat beragam, dari wisata wana hingga wisata tirta. Selain pusat kesenian dengan banyaknya galeri seni yang ada, beberapa spot wisata yang menarik dikunjungi seperti Museum Rudana, Museum Puri Lukisan, Puri Agung Ubud, Wanara Wana (lebih dikenal dengan nama Monkey Forrest), dan arung jeram di Tukad (sungai) Ayung. Baca Juga Wisata Ubud

Kembali Ke Atas

8.TAMAN NASIONAL KOMODO

pulau komodo.Destinasi Wisata di Indonesia

pulau komodo.Destinasi Wisata di Indonesia

Taman nasional ini menjadi salah satu kebanggan Indonesia bahkan masuk dalam nominasi New 7 Wonders of Nature untuk kategori National Park. Tentu tempat ini bisa menjadi alternative dalam oaiar liburan kita. Tahun 1986, UNESCO secara resmi menetapkan Taman Nasional Komodo ini sebagai world heritage site. Taman Nasional ini membentang seluas 1,817 meter persegi yang mencakup wilayah darat dan laut. Terdiri dari tiga pulau besaryaitu pulau Komodo, Rinca dan Padar ;erta beberapa pulau kecil lainnya, Pulau Komodo terletak di antara Sumbawa dan Flores. Di pulau Komodo kita dapat melihat binatang langka yaitu komodo (Varanus komodoensis) a:au juga sering disebut sebagai naga raksasa, Komodo ni bisa dibilang sangat istimewa karena diduga merupakan <eturunan langsung dari hewan purba sejenis kadal yang lebih besar (Megalania presca) yang berasal dari pulau Jawa atau Australia yang hidup 30.000 tahun lalu. Ukuran tubuh komodo oisa lebih dari tiga meter sedang beratnya antara 70-160 Kg. Kawasan ini selain terkenal dengan binatang purbanya, juga dikenal keindahan alam bawah lautnya sehingga cocok buat wisatawan yang hobi diving.

Kembali Ke Atas

7.BATU SECRET ZOO

batu secret zoo,Destinasi Wisata di Indonesia

batu secret zoo,Destinasi Wisata di Indonesia

Siapa bilang wahana keluarga seperti kebun binatang atau kalau orang dulu menyingkatnya jadi bonbin adalah wahana yang ketinggalan jaman alias kuno? Hal ini tidak akan Anda jumpai saat berkunjung ke Secret Zoo yang terletak di kawasan Oro-Oro Ombo, Kota Batu Malang, Sebuah taman satwa dikemas secara modem yang memamerkan berbagai satwa yang mungkin jarang dilihat di Indonesia, Disini kita bisa menikmati hewan-hewan tersebut dengan cara yang cukup extrim yaitu dapat dilihat sambil makan di resto yang nyaman, Secret Zoo masih satu kompleks dengan Museum Satwa dan Pohon Inn. Di Museum Satwa kita bisa melihat berbagai macam satwa yang sudah diawetkan dalam diorama berstandar internasional. Sedang Pohon Inn adalah hotel yang berbentuk sebuah pohon raksasa. Benar-benar jauh dari kesan bonbin yang konvensional.

Kembali Ke Atas

6. BOROBUDUR

wisata indonesia candi borobudur

wisata indonesia candi borobudur

Siapa yang tak kenal Candi Borobudur? Peninggalan sejarah yang luar biasa berupa candi Budha ini terletak di Magelang, JawaTengah. Sekitar 100 km sebelah barat daya Semarang dan 40 km sebelah barat laut kota Yogyakarta. Candi Budha terbesar di Indonesia ini didirikan sekitar tahun 800-an Masehl oleh para penganut agama Budha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Struktur dasar bangunan candi ini adalah punden berundak yang terdiri dari 10 tingkat. Tinggi candi ini 42 m sebelum direnovasi dan setelah direnovasi tingginya 34,5 m karena tingkat paling bawah dijadikan penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujursangkar, tiga tingkat berikutnya berbentuk lingkaran dan tingkat paling atas berupa stupa Budha menghadap ke barat, Jika dilihat dari atas denah Borobudur membentuk Mandala, yaitu lambing alam semesta dalam kosmologi Budha. Di setiap tingkatan candi ini memiliki relief-relief sangat indah yang menunjukkan betapa mahir pembuatnya. Relief ini bercerita tentang kisah Ramayana. Kita akan bisa membaca secara runtut cerita dalam relief ini jika kita berjalan searah jarum jam (menuju arah kiri dari pintu masuk candi). Candi Borobudur salah satu dari 7 keajaiban dunia.baca juga tempat wisata di yogyakarta.

Kembali Ke Atas

bukit bengarai dan konservasi magrove

bukit bengarai dan konservasi magrove

 5. BUKIT BENGKIRAI

Tidak ada salahnya jika sesekali kita mengajak keluarga untuk menikmati wisata di alam terbuka bahkan bisa dibilang ditengah- tengah hutan, Pasti akan menjadi pengalaman yang takterlupakan. Salah satu tujuan yang pas adalah di Kawasan Wisata Bukit Bengkirai yang terietak di jalan raya Soekamo Hatta Km 38 antara Balikpapan-Samarinda wilayah kabupaten Kutai Kertanegara. Kawasan ini merupakan hutan alami yang masih asli. Berjalan di atas jembatan bisajadi hal biasa, tapi berjalan di atasjembatan setinggi 25-30 meter dari permukaan tanah yang menghubungkan dari pohon ke pohon menjadi hal yang luar biasa. Canopy Bridge merupakan jembatan yang menghubungkan lima pohon bengkirai dengan panjang keseluruhan 64 meter, Dari atas jembatan kita dapat melihat formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae sebagai ciri dari Hutan Hujan Tropis yang cukup indah dan membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung. Beberapa fasilitas yang ada di kawasan ini diantaranya rumah panjang adat Dayak, beberapa cottages dan restoran, sarana adventure jungle untuk mengamati flora dan fauna. Juga terdapat camping ground, tennis court, dan masih banyak lagi yang akan menjadikan liburan keluarga kita semakin menyenangkan.

Kembali Ke Atas

4. KONSERVASI MANGROVE & BEKANTAN

Memang apa yang menarik dengan kawasan ini? Sepertinya banyak deh hutan mangrove atau hutan bakau di tempat lain di Indonesia ini, kenapa mesti yang ada di Tarakan, Kalimantan Timur? Kawasan hutan mangrove memang ada di beberapa daerah di Indonesia. Tapi kalau kawasan konservasi mangrove yang berada di tengah kota hanya ada disini. Ya, kawasan ini hanya beberapa menit dari Grand Tarakan Mall serta bersebelahan dengan deretan pertokoan yang ramai. Apalagi ditambah dengan adanya bekantan (Nasalis Larvatus), monyet berhidung besaryang menjadi maskot Dunia Fantasi (Dufan) Jakarta ini hidup bebas^ disini. Ini yang menarffcl Kawasan konservasi ini dulunya hanya seluas 9 hektar namun seiring bertambahnya waktu dan usaha pelestariannya saat ini berkembang hingga 21 hektar. Menyusuri hutan mangrove, berjalan di atasjembatan dari kayu ulin, melihat bekantan atau orang lokal biasa menyebutnya “Monyet Belanda” hidup bebas bisa menjadi pengalaman menarik, Selain itu kita bisa menemukan beberapa hewan lain yang hidup bebas di sini seperti bangau, berang-berang, monyet abu-abu, kepiting warna-warni hingga 12 warna dan burung Raja Udang.

Kembali Ke Atas

3. SULAWESI UTARA

Taman Laut Bunaken, Tempat Wisata Di Manado

Taman Laut Bunaken, Tempat Wisata Di Manado. sumber gambar : manadonow.com

Pernahkah Anda menikmati lezatnya bubur Manado? Bubur Manado atau disebut juga Tinutuan menjadi ciri khas kota Manado, Sampai-sampai kota ini dijuluki Kota Tinutuan. Manado yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Utara ini menyimpan sejuta pesona sehingga layak untuk dijadikan tujuan wisata. Salah satu spot wisata yang terkenal bahkan hingga mancanegara adalah Taman Nasionai Bunaken, Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia sehingga menjadi sorganya para penggemar scuba diving. Ada sekitar 20 titik penyelaman yang tersebar di taman ini, namun yang paling sering dikunjungi sekitar 12 ti%yang berada di sekitar pulau Bunaken, Kearah Bitung ada Taman nasionai Tangkoko habitat monyet kecil Tarsius dan spot bawah laut Pulau Lembeh. Nah ada lagi tempat yang unik di ketinggian sebuah bukit yang disebut Bukit Kasih, Bukit kasih terletak di Kab. Minahasa tepatnya di Kec. Kawangkoan. Dinamakan Bukit Kasih karena dipuncak bukit terdapat tempat-tempat ibadah saling berdekatan, simbol bahwa semua agama dapat hidup berdampingan dalam damai. Untuk menuju puncak kita harus melewati 2.435 anak tangga.kunjungi juga wisata di manado

Kembali Ke Atas

2. TRANS STUDIO MAKASSAR

trans studio makassar, tempat wisata makassar

trans studio makassar, tempat wisata makassar. sumber gambar : google.co.id

Makassar tidak cuma dikenal dengan  atau benteng Fort Rotterdam atau pantai Losari saja, masih sangat banyak tempat tempat menawan di kota ini. Salah satunya adalah tempat permainan yang sangat populer yaitu Trans Studio Theme Park. bertempat di wilayah seluas 2,7 hektar berbatasan dengan selat Makassar, wahana permainan dalam ruagnan ini menjadi yang paling besar di Indonesia. Disini anda bisa bersenang senang dengan 21 wahana permainan yang menantang adrenalin anda yang terbagi menjadi 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. Empat kawasan tersebut adalah Studio Central, yaitu kawasan bernuansa Fiollywood, Disini kita bisa melihat dan merasakan arsitektur-arsitektur Hollywood tahun 60-an, Benar- benar seperti berada ditengah-tengah pusat negeri hiburan. Lost City, kawasan yang penuh petualangan dan tantangan. Berbagai permainan dan atraksi yang menantang, memacu adrenalin ada di kawasan ini. Cartoon City, dunia kartun yang penuh warna- warni. Memuaskan imajinasi kita bertemu dengan karakter-karakter favorit kita. Kawasan yang juga penuh canda tawa ini sangat layak diabadikan dalam bidikan kamera. Sementara kawasan yang keempat adalah Magic Comer. Trans Studio Theme Park satu -satunya tempat penuh keajaiban, petualangan yang menggembirakan dan menakjubkan. kunjungi juga wisata makassar

Kembali Ke Atas

1. TANA TORAJA

Tana Toraja, Makassar. Destinasi Wisata Indonesia

Tana Toraja, Makassar. Destinasi Wisata Indonesia

Tana Toraja ,sebuah dataran tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan Bagian Utara ini mempunyai daya tarik khusus, Beberapa upacara adat yang khas, tari tarian yang mempesona, kerbau belang (Tedong Bonga) dan manik manik yang bersatu dalam deretan tongkonan, dan Rumah Khas Tana Toraja.

Suatu Kombinasi yang serasi wisata budaya dan wisata alam yang mengitari dengan iklim yang sejuk, sawah yang beraturan dan kabut tipis yang menawan.

Toraja juga populer sebagai penghasil biji kopi berkualitas tinggi.Dan, saat kita berwisata ke sini jangan ketinggalan menuju ke perkampungan adat seperti Ke’te’ Kesu’.Kampung ini ialah kompleks miniatur warisan budaya Toraja. Di sini masih terpelihara kampung yang sangat kuno dengan rentetan rumah tongkonan dan lumbung – lumbungnya, Sawah yang hijau menghampar luas, menhir-menhir batu yang dijadikan jejak upacara pemakaman sampai kompleks kuburan di tebing dan goa batu.

Kembali Ke Atas

Sudah ada rencana untuk menentukan tempat liburan di indonesia versi anda ?


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *