Menu

Pesona Pulau Wakatobi

MENYELAMI PESONA PULAU WAKATOBI

Wakatobi merupakan kependekan dari empat pulau utama,Yaitu Wangi-wangi (WA), Kaledupa (KA),Tomia (TO), dan Binongko (BI) . Identitasnya tergambar melalui sebuah tujuan : Surga alam bawah laut di jantung segitiga karang dunia

Wakatobi mempunyai 940 lebih jenis ikan dan 700 lebih variasi terumbu karang, melampaui total terumbu karang yang berada di Laut Karibia yang terdata Cuma 50 jenis, dan Laut Merah yang terdata Cuma 300 jenis. Lokasi ini tidak hanya cantik pada kondisi alamnya, tetapi juga nilai budayanya yang agung.yuk kita kupas mengenai pulau wakatobi yang menjadi salah satu wisata di indonesia yang tak boleh terlewatkan.

Pulau WaKaToBi

1.Pulau WANGI-WANGI: DESA WAHA

pulau wangi wangi, salah satu pulau wakatobi

pulau wangi wangi, salah satu pulau wakatobi

bawah laut pulau wakatobi

bawah laut pulau wakatobi

Desa Waha adalah desa wisata yang memakan waktu sekitar 20 menit dari jantung kota. Desa ini adalah hasil kerjasama dari Coremap, lembaga luar negeri yang bekerja sama dengan menteri laut dan ikan untuk melestarikan terumbu karang.panduan tempatnya di pondok wisata yang berlokasi di samping masjid di desa waha. Tempat ini menggunakan konsep ekowisata , jadi semua pemasukan ditujukan sebagai pengembangan desa. Ada pondok berisi info makhluk hidup yang ada di bawah laut. Pantai bersih dan terawat dengan baik .Wisatawan dapat melakukan aktifitas snorkling ataupun diving yang terdapat alat perlengakapan selam, fotografi di bawah laut, dan juga tour guide pantai.

PANTAI MOLI SAHATU DAN PATUNO

Posisi keduanya sangat dekat, Cuma terbatasi oleh karang yang menghadap ke laut. Wisatawan bisa menelusuri pantai moli sahatu dan patuno dalam sekali jalan. Terdapat “Air mata seribu” di pantai Moli yang konon berguna sebagai obat awet muda. Yang membuat jadi unik yaitu mata air itu keluar dari pasir pesisir yang berlokasi di karang sehingga bercampur dengan air di lautan, tetapi dengan suhu air yang lebih rendah.

Lalu Pantai Patuno sendiri berlokasi di patuno resort yang dipunyai oleh bupati wakatobi, Insinyur . Hugua. Lokasi ini hadir denga nuansi yang lebih mewah. Disamping difasilitasi rekreasi laut dan menyelam, ada juga resto yang mengahadap ke bungalow, convensi hall, dan dermaga. Tak ada tiket masuk bagai pengunjung. Tetapi ada pos keamanan di sebelah pintu masuk

DESA WISATA LIYA

Lokasi ini berlokasi di ujung selatan Pulau Wangi-Wangi dengan memakan waktu perjalanan Kira kira 60 menit dari pusat kota. Ketika dekat dengan lokasi tempat wisata, akses jalan akan sangat sempit dengan lebar kira kira satu meter.ada situs yang memiliki sejarah yaitu benteng liya dan masjid tua liya.ada juga goa lobu dan hutan mangrove yang berlokasi tak jauh. Di desa ini ada pertunjukan seni yaitu taru posepa dan tamburu.

2. KALEDUPA: MESJID AGUNG BENTE

masjid agung bente, Pulau Wakatobi

masjid agung bente, Pulau Wakatobi.sumber gambar : majalah backpackin

Mesjid Agung Bente didirikan pada tahun kura-kura berdasarkan pada anatomi hewan kura – kura yang terdapat dari 1 kepala, 4 tangan dan badan yang terbentuk melingkat dan mempunyai satu ekor, lalu tahun yang dimaksud adalah tahun 1401. Yang mendirikan adalah syekh abdul wahid yang menggunakan lokasi puncak bukit yang dikelilingi benteng , 9 germbak yang mengarah menuju desa sekitar tepat di desa ollo selatan.

PULAU HOGA

Pulau hoga adalah lokasi penelitan yang dari wallacea yang berbasis di negara britania. Sejak tahun ’95 mahasiswa dan relawan berkumpul di pulau ini dalam penelitian satwa laut.Pulau hoga masih belum terjamah dan sangat alami. Maka jangan kaget kalau hewan hewan melata muncul di sekitar motel.

3. TOMIA : PUNCAK KAHINAGA

Hamparan rumput hijau nan segar menutupi bukit dari auratnya, sementari berbagai pepohonan tumbuk terpisar satu dengan yang lain. Membuat sebagau motif yang magis dan romantis. Ada fosil hiewan laut dan kerang yang telah mengering diantara padang rumput. Pertanda kalau dulu adalah lautan.kawasan ini adalah puncak tertinggi tomia yang berlokasi di desa kahianga.jika ada di puncak tertinggi tomia, wisatawan seolah terbawa melawang di negri khayangan, yang mana angin yang bertiup kencang. Bukit kahinaga menyapa langsung menghadap menuju pulau lantea, yang mana telah membuat kolaborasi megah antara darat dan lautan

Mari Mabuk

Sea Fans

Sea Fans. Pulau Wakatobi

Lokasi menyelam ini berlokasi di kedalaman 15-80 kaki, dari namanya , banyak diver yang terbuai oleh pemandangan menakjunkan bawah laut, layaknya kehadiran sea fans sampai koral heads yang banyak terhiasi oleh coral berwarna cerah. Pesona lain yang tak kalah menakjubkan yaitu, leaf fish, ribbon eels, scorpion fish dan masih banyak lainnya .

4.BINOKO : DESA WALI

Desa Wali adalah desa wisata yang menjadi target probram model desa konservasi balai taman waktobi. Desa ini sangat berpotensi karena mempunyai beragam pantai pasir putih , seperti pantai mbara, pantai fengka , pantai oro , pantai buku dan masih banyak yang lainnya. Pengunjung bisa melakukan aktifikas seperti snorkling dan menyelam di sekitar karang ,tepinya bisa untuk menyaksikan varisasi karang yang lunak dan keras.banyak juga tempat bersejarah tentang asal dari keberadaan rakyat wali di pulau binoko. Dimana salah satunya yaitu makam wa ode goa.ada juga topa mata yang terdapat kelalawar yang bergantung disana di atas benteng konco patua wali, wisatawan bisa juga menonton nuansa pesisir disini. Jangan terlewatkan juga Goa La sikori yang berada di dekat hutan sara lapunga.

Pulau Wakatobi menakjubkan bukan ? jadi tunggu apa lagi . Segera lakukan perjalanan ke pulau wakatobi yang indah ini (baca juga wisata bawah air yang fantastis lainnya di wisata kepulauan seribu)


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *