Menu

Objek Wisata Pontianak

Objek Wisata Pontianak – Jika saya menyebutkan kota khatulistiwa tentunya anda akan langsung kepikiran Kota Pontianak di kalimantan. Yups…kota yang dilewati oleh garis pembelah bumi ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Selain itu, kota ini juga memiliki udara yang sejuk dan juga suasana yang menenangkan. Sebenarnya, Kota Pontianak juga tidak jauh berbeda dengan kota tempat wisata indonesia lainnya yang juga memiliki rutinitas padat yang terus berjalan selama 24 jam.

Selain itu, Kota Pontianak juga memiliki beberapa objek wisata yang sangat menyenangkan. Semua objek wisata yang ada di kota ini merupakan kawasan wisata alam yang indah dan juga menyejukkan. Jika anda ingin berkunjung ke Objek Wisata Pontianak, sebaiknya anda simak ulasan mengenai tempat wisata paling menarik di Pontianak berikut ini.

Objek Wisata Pontianak

1. Pantai Pasir Panjang

pantai pasir panjang singkawang, wisata pontianak

pantai pasir panjang singkawang, wisata pontianak.sumber gambar : google.co.id

Pantai ini berada sekitar 17 Km dari kota Singkawang. Pantai Pasir Panjang memiliki pasri yang halus dan juga laut yang sangat jernih sehingga anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan nyaman. Anda bisa melakukan aktifitas lainnya seperti beramain voli pantai, memancing, dan juga berenang. Namun, untuk masuk ke dalam pantai ini maka anda harus membayar Rp 10.000, di tepian pantai ini juga terdapat banyak sekali jajanan yang bisa anda nikmati.

2.Tugu Khatulistiwa,Icon Objek Wisata Pontianak

tugu khatulistiwa, objek wisata pontianak

tugu khatulistiwa, objek wisata pontianak.sumber gambar : google.co.id

Karena letaknya yang dilalui garis khatulistiwa maka pemerintah setempat membangun sebuah tugu yang diberi nama Tugu Khatulistiwa. Untuk sampai ke tugu ini maka anda harus menempuh jarak kurang lebih 3 km dari pusat kota. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai garis khatulistiwa atau garis imajinasi yang ada di dalam museum di kawasan tugu ini. Untuk masuk ke dalam tugu ini tidak dipungut biaya sama sekali sehingga anda bisa berwisata dengan bebas sambil belajar.

3.Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas,objek wisata pontianak

Taman Alun-Alun Kapuas,objek wisata pontianak.sumber gambar : google.co.id

Sesuai namanya, taman ini berada di tepian sungai Kapuas. Taman yang memiliki luas 3 hektar ini sering digunakan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga ataupun sekedar melepas penat setelah menjalani berbagai macam rutinitas yang sangat padat. Taman alun-alun Kapuas memiliki air mancur di bagian tengahnya sehingga terlihat indah. Anda juga bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner yang ada di sepanjang taman ini.

4. Sinka Island Park,Taman Rekreasi Wisata Pontianak

Sinka Island Park, objek wisata pontianak

Sinka Island Park, objek wisata pontianak.sumber gambar : google.co.id

Taman rekreasi ini berada di Teluk Ma’jantuh. Didalamnya terdapat berbagai macam wahana hiburan yang bisa anda kunjungi seperti kebun binatang, pantai, hingga kebun binatang. Untuk masuk ke setiap wahana maka anda akan dikenakan biaya yang berbeda. Taman rekereasi ini juga memiliki pantai yang bersih dengan pasir yang halus dan bersih.

5. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami ,objek wisata Pontianak

Masjid Jami ,objek wisata Pontianak.sumber gambar : google.co.id

Masjid ini memiliki struktur bangunan yang menyerupai rumah panggung. Selain itu, masjid ini juga memiliki beberapa tiang penyangga. Dibagian sisi kiri pintu masjid ini juga terdapat pasar yang sering digunakan untuk berjualan ikan yang masih segar.  Masjid ini memiliki daya tampung 1500 orang jamaah, sehingga anda bisa beribadah dengan tenang di Masjid Jami Pontianak ini.

6. Kebun Binatang Pontianak

kebun binatang,wisata pontianak

kebun binatang,wisata pontianak

Kebun Binatang Wisata Pontianak ini berlokasi di Jalan Adisucipto, jaman modern telah mempunya satwa lebih dari 50 jenis, diantaranya yaitu kakatua,burunghantu, elang laut, kasuari, tekukur ,bangau dan lain lain . Di samping itu berisi pula orang utan, bermacam macam jenis landak,buaya . angsa ,primata, musang,, beruang,  dan lain sebagainya. Fauna fauna itu bersumber dari sumbangan warga serta hewan sitaan yang dipelihara tanpa seizin pemerintah kota.

7. Rumah Betang

rumah betang , wisata pontianak

rumah betang , wisata pontianak. sumber gambar : google.co.id

Rumah tradisonal suku Dayak itu didirikan di jalan Sutoyo, Pontianak bagian Selatan dan bisa dikunjungi tiap harinya.Festival Gawai Dayak selalu diadakan tiap tahun disini  . lokasi ini dapat juga dipakai untuk tempat pertunjukan budaya yang meliputi seminar budaya lokal dan lain sebagainya..

Selain wisata pontianak anda bisa mengunjungi wisata di kalimantan seperti wisata di balikpapan .Sekian Informasi Kami Mengenai objek wisata pontianak semoga bermanfaat.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *