Menu

Objek Wisata Gunung Kidul

Keindahan di Balik kegersangan Objek Wisata Gunung Kidul

Jogjakarta bukan hanya Malioboro. Bukan sekadar Pantai Parangtritis. Gunungkidul merupakan keindahan lainnya yang tidak pantas dilewatkan ketika berlibur ke Jogjakarta.

REMBULAN telah terbit di Gu­nung kidul. Cerita tentang wilayah di bagian tenggara Jogjakarta itu pun tidak lagi tentang kekeringan. Bukan lagi soal kegersangan. Kein­dahan kini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Gunungkidul.

Objek Wisata Gunung Kidul

indah: pantai krakal memiliki garis pantai yang landai serta hamparan pasir putih, tempat ini mempunyai bentarngan garis pantai terpanjang diantara objek wisata pantai pantai gunung kidul .sumber gambar : google.co.id

Keindahan itu terbentang di pesisir selatan Gunung kidul. Wujud­nya deretan pantai cantik nan menawan. Jumlahnya tidak tang­gung-tanggung, lebih dari sepuluh pantai. Deretan pantai tersebut, antara lain, Baron, Kukup, Sepan­jang, Drini, Krakal, Sadranan, Sundak, Ngrenehan, Ngobaran, dan Indrayanti.

Pantai-pantai itu mayoritas ber­pasir putih yang berpadu padang dengan batu karang yang tegar berdiri menantang ombak. Me­nikmatinya teramat murah. Cukup satu tiket seharga Rp 10.000. Menunju tempat-tempat indah itu pun bukan perkara yang sulit. Sebab, jalur transportasi mudah diakses dari mana-mana.

Dari Surabaya misalnya. Tak ku­rang dari lima kereta api singgah di Kota Gudeg, julukan Jogjakarta, dari Surabaya. Lalu lalang bus 24 jam. Penerbangan pesawat tidak kurang dari 17 kali, mulai pagi hingga malam. Begitu pula jika menuju Jogjakarta dari Jakarta. Penerbangan dari ibu kota mencapai 18 kali.

Untuk penginapan, jelas tidak bakal ada masalah. Jogjakarta menyediakan ratusan tempat menginap. Mulai yang murah meriah hingga yang mewah. Bah­kan, menginap di hotel pun bisa dengan kisaran harga hanya Rp 250 ribu per malam.

Lalu, akses ke Objek Wisata Gunung kidul? Memang tidak tersedia angkutan umum untuk mencapai pantai- pantai indah itu. Tapi, Jogjakarta menawarkan banyak persewaan kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat.

Uang sewanya pun tidak terlalu berat. Tarif sewa motor umumnya Rp 60 ribu per hari, sedangkan mobil mulai Rp 350 ribu plus sopir. Kendaraan itu bakal diantar ke bandara, terminal, atau stasiun. Bergantung pada kesepakatan.

Dari Jogjakarta, Objek Wisata Gunung kidul bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam hingga 2 jam. Waktu tempuh itu tentu tidak terlalu lama. Sebab, jalanan Gunung kidul cukup lengang.Jika sudah mendekati pantai, lukisan alam yang memesona berupa sawah dan ladang berundak dengan pem­batas tatanan batu menjadi suguhan. Tidak jarang, batu besar teronggok di areal persawahan dan ladang. Itu jelas bakal sulit ditemukan di area persawahan pada umumnya. Indah bukan?

Ketika roda sudah mendekat ke pantai, Baron bisa menjadi jujukan pertama. Baron berpasir hitam dan diapit dua karang besar. Di sisi karang bagian barat, airnya cukup tenang. Pengunjung bisa berenang dengan nyaman. Di Baron, kita juga bisa menikmati dari dekat aktivitas para nelayan dalam mengumpulkan hasil tangkapan.

Pantai baron,Wisata Pantai di Jogja

LEBIH DULU: Pantai Baron bisa menjadi jujukan pertama objek wisata Gunung kidul. Tempat ini berpasir hitam dan diapit dua karang besar.sumber gambar : google.co.id

Dari Baron, kita kemudian bisa menjelajah satu per satu keindahan pantai Gunung kidul. Misalnya, ke Kukup yang berlantai pasir putih dan berhias dua batu karang yang berjarak dari pasir. Salah satu karangnya yang dilengkapi gazebo bisa dicapai dengan melintasi jem­batan yang tergelar di atas air laut.

Setelah itu, terserah mau memilih singgah ke mana lagi. Yang jelas, pantai-pantai lainnya sayang untuk dilewatkan. Pantai Indra­yanti contohnya.Pantainya memang tidak panjang, hanya sekitar 200 meter. Tapi, di Indrayanti bisa dinikmati pasir putih yang lembut dan sedikit kasar. Di Indrayanti kita juga bisa berteduh dan mengabadikan diri di bebatuan yang menjulang perkasa. Di Indra­yanti pula pengunjung bisa mencari ikan-ikan kecil yang merapat ke bibir pantai.

Nikmatilah semua keindahan pantai wisata di indonesia itu hingga senja. Kalau belum puas, Baron dan Kukup menyediakan penginapan yang harganya bersaha­bat dengan kantong. Dengan menginap di sana, tentu esoknya bisa menikmati kemb ali keindahan pantai-pantai tersebut.

Keindahan Gunungkidul tidak berakhir di pantai. Di balik kegersangannya, Gunungkidul juga memiliki Gua Pindul dan Embung Nglanggeran. Gua Pindul mena­warkan pengalaman menyusuri dalamnya aliran sungai bawah tanah dengan pelampung.

Di salah satu titiknya, kita bisa menikmati pancaran cahaya yang menyusup masuk ke dalam gua. Di titik itu pula kita bisa berhenti sejenak untuk bermain dan melompat ke dalam airnya yang segar.

Menjelang senja, bergeserlah ke Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran merupakan danau kecil di puncak bukit. Dari embung tersebut, kita bisa menyaksikan matahari tenggelam dengan lebih syahdu. Sekali lagi, nikmati ke­indahannya hingga senja. Selepas senja merupakan waktunya kembali ke Jogjakarta.

Sebelum benar-benar mening­galkan Gunungkidul, singgahlah di Bukit Bintang. Lokasinya setelah Patuk, Gunungkidul, dan sebelum Piyungan, Sleman.

Singgahlah: mungkin untuk makan malam atau sekadar mencicipi jagung bakar. Tapi, satu yang pasti, dari bukti itu kita akan menikmati gemer­lap “bintang-bintang” yang terpancar dari lampu Kota Jogjakarta. Romantis bukan?

Titik Keindahan Objek wisata gunung kidul

1. EMBUNG NGLARENGGAN

Embung Nglarenggan, Objek Wisata Gunung Kidul

Embung Nglarenggan, Objek Wisata Gunung Kidul.sumber gambar : google.co.id

di tempat ini ada telaga yang berada di puncak bukit.Menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset.

2. PANTAI DRINI

Pantai Drini, Objek Wisata Gunung Kidul

Pantai Drini, Objek Wisata Gunung Kidul.sumber gambar : google.co.id

Punya keistimewaan karena dibelah oleh pulau karang. Pasirnya yang putih sangat memikat.

3. PANTAI SEPANJANG

Pantai Sepanjang,Objek wisata gunung kidul

Pantai Sepanjang,Objek wisata gunung kidul.sumber gambar : google.co.id

Banyak yang menyebut Pantai Kuta dari Gunungkidul karena katakteristiknya sama dengan pantai yang ada di Bali tersebut. Garis pantainya panjang dengan dipadu hamparan pasir putih.

4. PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti,Wisata Pantai Gunung Kidul

Pantai Indrayanti,Objek Wisata Gunung Kidul.sumber gambar : google.co.id

Pasir putihnya memikat para wisatawan untuk datang. Pantai ini juga mempunyai terumbu karang.

5.PANTAI NGOBARAN

Pantai Ngobaran,Objek Wisata Gunung Kidul

Pantai Ngobaran,Objek Wisata Gunung Kidul.sumber gambar: google.co.id

Ombaknya ramah menjadikannya berbeda dengan pantai lain di Gunungkidul. Di tempat ini, pengunjung juga bisa menyaksikan rumput laut.Banyak yang menyebut Pantai Kuta dari Objek Wisata Gunung kidul karena katakteristiknya sama dengan pantai yang ada di Bali tersebut. Garis pantainya panjang dengan dipadu hamparan pasir putih.

Menuju Titik Keindahan Objek Wisata Gunung Kidul

Pintu masuknya adalah Jogjakarta. Baik itu melalui Bandara Adisutjipto, Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, maupun Stasiun Lempuyangan. Dari tempat-tempat tersebut Anda bisa menyewa mobil dan motor. Perjalanan dari Jogjakarta ke pantai Gunungkidul butuh waktu 1,5 sampai 2 jam.

objek wisata gunung kidul

objek wisata gunung kidul.sumber gambar : jawa pos

Kalau tidak mau melewat­kan situasi Kota Jogjakarta, menginaplah di Jogjakarta. Tersedia ratusan pengina­pan dengan harga mulai kisaran 250rb semalam.

Sekian informasi kami mengenai objek wisata gunung kidul semoga bermanfaat bagi anda yang hendak berlibur akhir tahun di jogja (baca juga tempat wisata di yogyakarta)


Pencarian terkait:

tempat wisata gunung kidul,objek wisata di gunung kidul,pariwisata gunung kidul,tempat wisata gunungkidulPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *